10 Fakta Wacana Jantung Manusia

 Jantung yakni salah satu organ terpenting yang berada dalam badan insan 10 Fakta Tentang Jantung Manusia
10 Fakta Tentang Jantung Manusia – Jantung yakni salah satu organ terpenting yang berada dalam badan manusia, tidak ada insan yang tidak mempunyai organ yang satu ini, tapi apakah kita mengetahui fakta sebetulnya ihwal Jantung tersebut? Jawabannya tidak semua kita mengetahui secara mendalam ihwal organ penting yang satu ini, padahal Jantung telah ada sejak kita di lahirkan ke dunia ini, oleh lantaran itu, ini beberapa fakta mengenai Jantung insan itu sendiri.

1. Jantung Anda Dapat Berdetak Walaupun Telah Dipisahkan Dari Tubuh Anda

Mungkin Anda pernah melihat sebuah adegan di film dimana sebuah jantung tetap berdetak walaupun ia telah dikoyak keluar dari dada seseorang. Walaupun hal itu terkesan fiktif dan menakjubkan, pada kenyataannya hal itu benar.
Hal ini disebabkan lantaran jantung Anda mempunyai sistem listriknya sendiri yang sanggup menciptakan jantung Anda berdetak, dan selama ia mendapat oksigen ia akan terus berdetak. Kaprikornus walaupuna telah dipisahkan, selama oksigen masih berada di jantung tersbeut, ia sanggup berdetak walaupun akan perlahan-lahan menghilang detakannya.

2. Kaum Muda atau Remaja Juga Dapat Terkena Resiko Serangan Jantung

Menurut penelitian, penyakit serangan jantung kini ini terus meningkat dengan korban berumur 20 hingga 30-an. Hal ini biasa terkait atas obesitas, tekanan darah tinggi dan rokok dalam lingkup umur tersebut. Tetapi salah satu sebabnya juga yakni kurangnya kegiatan seiring dengan perkembangan teknologi.

3. Jantung Anda Tidak Berada di Sisi Kiri Dada Anda

Mungkin Anda sering melihat dan diajarkan bahwa jantung Anda terletak di sisi kiri dada Anda, atau Anda juga memperkirakan begitu lantaran di film-film. Pada dikala seseorang bersumpah kepada sesuatu, ia akan meletakkan tangannya di sebelah kiri dada dimana pertanda ia bersumpah sepenuh hatinya.

Sebenarnya jantung kita lebih terletak di tengah dada kita, akan tetapi ia terletak agak miring ke penggalan kiri dada kita.

4. Jantung Anda yakni Pompa Super Yang Tidak Kenal Lelah

Jantung Anda bukan pemompa biasa, ia yakni sebuah pompa super. Setiap penggalan dari badan Anda membutuhkan oksigen untuk hidup, dan jantung Anda memompa darah yang kaya akan oksigen ke setiap orang dalam badan Anda, setiap menit, setiap hari, sepanjang hidup Anda. Bahkan saking kuatnya ia sanggup menyemprotkan darah 30 kaki jauhnya.
Berdetak sekitar 100 ribu kali setiap hari tergantung atas apa yang sedang Anda lakukan. Coba bayangkan Anda meremas bola tenis 100 ribu kali 1 hari. Mungkin sehabis beberapa dikala Anda akan merasa lelah, tapi jantung Anda tidak. Kesehatan jantung Anda tergantung atas olahraga Anda.

5. Jantung Wanita dan Pria Berbeda

Walaupun secara sekilas jantung laki-laki dan perempuan tidaklah berbeda, bahkan sangat serupa, tetapi ada sebuah perbedaan pada jantung laki-laki dan wanita. Jantung laki-laki umumnya mempunyai berat sekitar 10 ons dengan detak jantung sekitar 70 denyut per menit. Sedangkan pada wanita, beratnya sekitar 8 ons, tetapi uniknya walaupun ukurannya kecil ia berdetak lebih kencang sekitar 78 denyut per menit.
Penelitian di Kanada-pun pertanda bahwa perempuan mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terkena serangan jantung dibandingkan pria.

6. Anda Dapat Terkena Serangan Jantung Tanpa Merasakan “Sakit Dada”

Walaupun tanda-tanda umum yang terlihat terkait atas serangan jantung yakni sakit pada sekitar kawasan dada, menyerupai merasa sesak dan tertekan. Ada banyak kemungkinan lain yang sanggup menjadi tanda-tanda dari serangan jantung menyerupai rasa cape, keringat, pusing, sakit pada leher atau lengan.
Bahkan, orang yang mempunyai penyakit diabetes tidak akan mempunyai tanda-tanda sama sekali, dan pada dikala serangan jantung terjadi, maka serangan jantung ‘bisu’ terjadi.

7. Jantung Anda Tidak Bewarna Merah

Mungkin lantaran Anda sering melihat hati (cinta) yang bewarna merah, Anda menerka jantung Anda bewarna merah. Pada kenyataannya, jantung Anda sama sekali tidak merah, warna dari jantung Anda cukup gelap dan lebih kecoklatan daripada darah yang dipompanya.

Terlebih, lantaran pemrukaan jantung Anda merupakan salah satu tempat penimbunan dan penyimpanan lemak, maka jantung Anda akan terlihat cukup kuning.

8. Jantung Yang Lebih Besar Bukan Berarti Lebih Baik

Walaupun mempunyai jantung yang besar sering dipertimbangkan sebagai suatu kualitas tersendiri, pada kenyataannya itu tidaklah benar. Mempunyai sebuah jantung dengan ukuran yang lebih besar dan lebih berpengaruh sanggup berbahaya. Jantung normal biasanya berukuran sebesar tangan kita pada dikala dikepal.
Hal ini disebabkan lantaran jantung kita didesain untuk bertahan dalam jangka panjang, dimana jantung yang baik akan terlihat lebih efisien dan ramping.

9. Pilek Dapat Melukai Jantung Anda

Sama halnya dengan minum alkohol dan obat-obatan tertentu, flu atau pilek juga sanggup melukai jantung Anda. Hal ini dikenal dengan nama viral cardiomyopathy, dimana jantung Anda akan melemah dan tidak melaksanakan fungsinya dengan baik. Tetapi Anda damai saja, biasanya seiring Anda merasa baikan, jantung Anda juga akan kembali sanggup menjalankan fungsinya dengan baik.

10. Stres atau Emosi Dapat “Mematahkan” Jantung Anda

Ini mungkin salah satu hal yang sudah Anda ketahui, stres dan emosi sanggup mengakibatkan badan Anda merilis sebuah hormon yang sanggup mengakibatkan sebagian besar jantung Anda lumpuh. Hal ini dikenal dengan istilah takotsubo’s cardiomyopathy atau broken heart syndrome. Biasanya terjadi pada perempuan post-menopause.
Salah satu hal yang sanggup mengakibatkan hal ini yakni rasa stress berat lantaran hilangnya orang tersayang, uang atau ketakutan yang berlebih. Walaupun biasanya hanya terjadi sementara, tetapi hal ini tetap sanggup membahayakan.