6 CONTOH Dongeng Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

6 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya – Teks kisah fantasi atau teks kisah fiksi yaitu sebuah karya tulis yang dibangun dan disusun menurut alur kisah normal menyerupai kebanyakan kisah pada umumnya. Yang membedakan teks kisah fantasi bersifat fiksi atau hanya khayalan belaka dan mustahil terjadi di dunia nyata. Umumnya teks kisah fiksi ini akan berbentuk kisah pendek fantasi yang didalamnya memuat alur kisah yang terkesan memperlihatkan khayalan semata.

Contoh kisah fantasi beserta strukturnya intinya telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi yang menegaskan bahwa struktur kisah fantasi intinya mempunyai kesamaan dengan kisah pendek (cerpen) pada umumnya. Teks kisah fantasi ini sesungguhnya juga sanggup dikategorikan kedalam teks kisah pendek atau cerpen. Adapun struktur teks kisah fantasi yaitu sebagai berikut:

  1. Orientasi : Tahap perkenalan alur, latar, penokohan dan sebagainya.
  2. Konflik : Tahap dimana mulai terjadi konflik atau awal mula permasalahan. Konflik sendiri sanggup dibagi menjadi awal konflik hingga titik puncak (puncak konflik).
  3. Resolusi : Resolusi merupakan tahapan dimana mulai ada titik terperinci sebagai jalan penyeesaian dari sebuah konflik.
  4. Ending : Ending yaitu hasil selesai dari sebuah resolusi. Ending sendiri sanggup dibagi menjadi happy ending (akhir bahagia) dan sad ending (akhir tidak bahagia).

Contoh kisah fiksi yang menggunakan gaya penulisan fantasi intinya sanggup kita temukan dengan gampang dalam kehidupan sehari hari. Contoh kisah fiksi tersebut sanggup berupa buku, novel hingga film menyerupai halnya novel eragon, harry potter, narnia dan lain sebagainya yang memuat kesan sihir, makhluk asing dan lain sebagainya yang notabennya sangat bertentangan dengan kehidupan nyata. Meskipun hampir sama menyerupai pola kisah pendek (cerpen) atau karangan lainnya, namun pola kisah fantasi sendiri mempunyai ciri ciri khusus.

Adapun ciri ciri kisah fantasi yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki inspirasi kisah yang tidak dibatasi oleh realita atau kenyataan dunia (bersifat fiksi).
  2. Didalam kisah terdapat keganjilan menyerupai sihir, makhluk ajaib, maupun sesuatu yang misterius.
  3. Penggunaan latar sanggup menembus ruang dan waktu.
  4. Tokoh yang mempunyai keunikan tersendiri menyerupai mempunyai kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.
  5. Karena kisah fantasi menggunakan khayalan maka kisah ini termasuk dalam kategori pola kisah fiksi.
Contoh kisah fantasi yang sangat terkenal dan terkenal yaitu kisah cerita berbasis novel menyerupai eragon, trilogi harry potter, twilight, the hunger game, dan lain sebagainya. Cerita fiksi tersebut sanggup menjadi terkenal dan terkenal lantaran didalamnya memuat alur kisah fantasi yang sangat menarik. Makara sanggup disimpulkan semakin menarik sebuah kisah fiksi maka akan semakin banyak orang yang membacanya.

Berikut ini yaitu pola kisah fiksi beserta strukturnya yang sanggup saya sampaikan, Pada dasarnya anda daopat menemukan banyak sekali pola cerpen fantasi pada banyak sekali sumber di internet. Namun tidak ada salahnya bila saya juga memperlihatkan pola teks kisah fantasi. Langsung saja kita simak pola teks kisah fiksi dibawah ini.

Baca juga: Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya

Contoh Cerita Final Fantasy XV Kingsglaive

Lucis yaitu sebuah kerajaan sihir yang sangat tenang dibawah naungan dan pertolongan kristal ajaib, dan Nifleheim yaitu sebuah kekaisaran yang mempunyai teknologi mesin yang sangat maju yang telah diciptakan oleh penemu dan ilmuan (magitek). Kedua belah pihak baik Lucis dan Nifleheim telah berperang untuk waktu yang sangat lama. Nifleheim yang mempunyai mesin militer dan perkembangan teknologi yang tidak sanggup dibendung mulai mendominasi negara negara yang dilaluinya. Untuk mempertahankan kerajaannya, Lucis membentengi daerahnya dengan dinding asing yang berasal dari kekuatan kristal asing itu sendiri. Hanya Insomnia sendirilah yang menjadi kota sekaligus benteng pertahanan Lucis yang tidak pernah tertembus oleh serangan Nifleheim. Setelah perang yang berkepanjangan pangeran noctis lucis beserta ayahnya pergi menuju kerajaan tenebrae untuk mencari obat penyembuh kesedihan yang mereka derita.

Puteri luna, abang laki laki dan ibunya sebagai aristokrat tenebrae menyambut kunjungan mereka dengan sangat ramah. Tanpa disadari kedatangan raja regis dan pangeran noctis juga membawa api peperangan menuju tenebrae. Dan dalam waktu sekejap mata, kerajaan tenebrae bermetamorfosis lautan api. Ratu tenebrae tewas lantaran serangan itu untuk melindungi Ravus, pangeran dari kerajaan tenebrae itu sendiri. Bukan tanpa alasan niflheim menyerang tenebrae, hal tersebut disebabkan oleh kunjungan raja regis dan pangeran noctis. Tenebrae sangat berkabung dimasa itu, Ravus nox fleuret, sang pangeran merasa dendam pada kerajaan lucis lantaran kedatangan mereka telah mengakibatkan ibunya meninggal.

Waktu telah usang berselang, untuk mempertahankan kota insomnia, raja regis membentuk tentara militer khusus yang diberi nama “kingsglaive”. Seluruh anggota glaive mempunyai kekuatan sama menyerupai raja regis lantaran memang sumber kekuatan mereka berasal dari cincin lucii yang digunakan oleh raja regis. cincin lucii sendiri yaitu sebuah cincin asing yang mempunyai kekuatan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Hanya keturunan raja saja yang sanggup menggunakan kekuatan cincin ini. Dan hanya mereka yang layaklah yang bisa memanggil penjaga raksasa dan kekuatan terbesar yang bersemayam dalam cincin tersebut. Kehebatan pasukan glaives memang tidak diragukan lagi, hal ini telah mereka buktikan pada pertarungan di tembok perbatasan sebelah timur kerajaan lucis. Dengan menggunakan kekuatan listrik, api, dan kekuatan magis lain dikombinasikan dengan kemampuan untuk teleportasi beserta menghilang pasukan glaives berhasil mendesak nifleheim di garis depan. Namun pada balasannya pasukan glaives tetap kalah lantaran Nifleheim melepaskan seekor monster raksasa yang dijuluki “the deamon” yang berukuran ratusan kaki dan dengan sekejap sanggup meluluh lantahkan medan pertempuran.

12 tahun berlangsung, raja regis berniat untuk menikahkan puteranya yakni pangeran noctis yang ketika ini telah berusia 20 tahun dengan puteri kerajaan tenebrae yakni putri lunafreya nox fleuret yang dijuluki “putri yang seharusnya menjadi mempelai yang dicintai”. Tanpa diduga Niflheim mengirimkan konselornya untuk bernegosiasi semoga insomnia mengalah dengan dalih mengadakan perjanjian damai. Raja regis yang tidak
mempunyai pilihan lantaran niflheim mengancam nyawa dan keselamatan ijab kabul noctis dan luna maka menyetujui usulan tersebut.

Keputusan ini menciptakan pasukan glaives dibubarkan begitu saja. Merasa dikeceawakan oleh rajanya, balasannya banyak pasukan glaives yang bermetamorfosis pemberontak dan merencanakan perebutan kekuasaan untuk menjatuhkan raja regis dan mendapatkan kebebasan demi kampung halaman mereka. Kudeta demi perebutan kekuasaan telah dilakukan. Pertarungan antar glaives pun mulai terjadi dan hanya menyisakan satu orang glaives yakni Nyx ulric yang dijuluki sebagai pendekar sekaligus glaives terbaik oleh sobat temannya. Nyx ulric yang diberikan amanat oleh raja regis sebelum meninggal untuk menjaga puteri lunafreya dan cincin lucii yang dibawanya harus menghadapi rintangan dan musuh yang cukup besar lengan berkuasa yakni jenderal glauca yang memimpin pasukan niflheim dalam penyerangan Insomnia.

Dalam usahanya untuk melarikan diri keluar dari insomnia, Nyx dan Lunafreya sempat tertangkap oleh jenderal glauca yang ternyata yaitu kapten pasukan glaives yakni kapten drautos. Merasa sudah terpojok dan frustasi akhir dua luka tembak yang diterima Nyx sebelumnya maka Nyx mencoba menggunakan cincin lucii yang dibawa oleh putri lunafreya.

Dalam keadaan sekarat, Nyx ulric memanggil arwah raja raja lucis terdahulu. Untuk mendapatkan kekuatan cincin lucii maka Nyx harus mempunyai jiwa rela berkorban untuk masa depan. Karena sejatinya cincin tersebut ada untuk melindungi masa depan. Tawaran yang diberikan oleh raja raja masa kemudian sangatlah sulit, untuk menggunakan kekuatan cincin tersebut harus dibayar dengan nyawa Nyx sendiri. Merasa bahwa masa depan yaitu sesuatu yang utama bagi Nyx balasannya ia mendapatkan usulan tersebut. Nyx yang berhasil mendapatkan kekuatan cincin lucii dan mengorbankan nyawanya sehabis fajar menyingsing balasannya memanggil tembok legenda berupa 6 patung raksasa yang kemudian menjadi hidup dan membantu Nyx bertarung melawan pasukan niflheim.

Pertarungan terus berlangsung hingga akhienya Nyx berhadapan dengan Jenderal Glauca sendiri. Nix terpaksa melawan kapten glaives yang menjadi jahat itu. Dalam beberapa kesempatan mereka bercakap cakap. Akhirnya pertempuran tersebut berhasil terselesaikan dengan tewasnya Jenderal Glauca. Namun dilain sisi Nyx Ulric juga tewas lantaran disaat Nyx menciptakan perjanjian dengan raja Lucis terdahulu ia setuju untuk menukar nyawanya dengan kekuatan luar biasa yang berasal dari cincin Lucii.