Akhlak Mulia Rasulullah Terhadap Non Muslim

Akhlak Mulia Rasulullah Terhadap Non Muslim, pintarbaca.com Toleransi itulah Sikap yang ditunjukkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika berhadapan atau berhubungan dengan kaum non-muslim . sebab kalau umat Islam tidak bisa bersaudara dengan kaum non muslim dalam hal akidah atau keimanan , mereka tetap bisa bersaudara sebagai sesama warga negara, anggota sebuah perkumpulan atau komunitas dan sebagainya .
Berhubungan dengan orang yang berbeda agama dan keyakinan dengan kita adalah hal yang sudah sewajarnya . kita tidak mungkin beraktivitas tanpa berhubungan dengan orang-orang non-muslim . apalagi di dunia yang semakin terbuka ini kehadiran kaum non-muslim ditengah-tengah kita merupakan sunnatullah
Allah tidak melarang umat Islam berhubungan dengan orang-orang non-muslim apalagi dalam soal soal-soal yang bersifat sosial atau bisnis .  prinsip utamanya telah digariskan oleh Allah yaitu ayat yang artinya :

Untukmulah agamamu dan untukkulah Agamaku . Quran surat Al Kafirun ayat 6 .

Ayat di atas menegaskan betapa umat Islam menerima kenyataan bahwa di tengah-tengah mereka terdapat umat yang memiliki agama lain.
Mereka tidak dapat dipaksa untuk menerima Islam sebagai agama dan keyakinan mereka . Bagaimana umat Islam juga tidak jika dipaksa masuk ke dalam agama mereka . masalah agama di samping persoalan Hidayah Allah juga berkaitan cara dengan hati nurani seseorang dalam memutuskan mana agama yang baik untuk di anaknya menurut keyakinan atau hasil analisa pikirannya .
Itulah sebabnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam melarang pasukannya merusak atau merobohkan rumah rumah ibadah umat lain ketika berhasil menaklukkan suatu wilayah . juga melarang membunuh para pemuka agama atau memaksa mereka masuk ke dalam Islam sebab sejak awal Islam telah menyatakan bahwa tidak ada paksaan dalam hal memeluk agama . tidak boleh seorang dipaksa masuk dalam Islam dengan alasan apapun.
Akan tetapi kalau dia telah masuk ke dalam Islam, maka dia harus diselamatkan dengan cara-cara yang baik agar tidak murtad atau keluar dari Islam .
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat menyadari bahwa persoalan keimanan adalah rahasia Allah subhanahu wa ta’ala yang beliau tidak Kuasa ikut campur didalamnya .
Untuk memberi kabar gembira berupa kenikmatan surga yang abadi,Atau kabar takut berubah azab siksaan yang pedih di akhirat . tidak diperintahkan untuk mengetahui isi hati seseorang manusia.  melainkan hanya disuruh menghukumi orang lain secara lahiahnya saja. dan kalau Allah menghendaki niscaya Allah menjadikan mereka satu ummat saja. Tetapi dia memasukkan orang-orang yang dikehendaki-nya kedalam rahmatnya . Al Quran surat Al-syuara 42:8
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam diutus kepada manusia untuk menunjukkan jalan yang lurus -jalan yang benar .
Jalan yang Allah ridhoi – jalan yang pernah ditempuh oleh para nabi dan rasul Allah , para rasul dan orang-orang Saleh yang akan mengantarkan umat manusia pada keselamatan, kedamaian serta kebahagiaan lahir dan batin serta di dunia dan di akhirat .

Akhlak Mulia Rasulullah yang Patut diteladani

Hendaknya akhlak kita kepada saudara-saudara kita yang non muslim meneladani  akhlak mulia Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu :
Selalu mengedepankan toleransi ,
Menerima perbedaan sebagai keniscayaan , tetap bekerja sama dalam masalah-masalah sosial ,
Bersikap lemah lembut kepada mereka
Memakan makanan dan minuman yang dimasak kaum non-muslim sepanjang makanan dan minuman itu halal dan baik .
Memberikan hak-hak kaum muslim sesuai porsinya dan tidak menzalimi.
Termasuk dalam masalah hukum, tidak melarang kaum non-muslim beribadah atau mendekatkan diri kepada Tuhan sebagai anggapan mereka .
Menyampaikan Islam kepada kaum non-muslim dengan cara yang baik dan tidak memaksa mereka masuk ke dalam agama Islam , karena masuk agama Islam harus disertai dengan tulus .
Bersikap tegas dan tidak kompromi dalam masalah Akidah Islam kepada non muslim . @Source : Sehat Holistik ala Rasulullah, Briliantono dkk

Leave a Reply

Your email address will not be published.