Artikel Pendidikan Era Globalisasi

Globalisasi merupakan satu proses kehidupan yang serba luas,tidak terbatas,dan meringkas semua aspek kehidupan,seperti halnya dalam politik,sosial,dan ekonomi yang dapat dinikmati oleh seluruh umat manuasia.

Pengertian Era Globalisasi  

Globalisasi juga berarti suatu tindakan dari proses atau pengambilan kebijakan menjadi suatu yang mendunia,baik dalam lingkupnya maupun aplikasi.

Dan globalisasi juga merupakan proses perkembangan pada masa kini yang memiliki pengaruh dalam mendorong terhadap munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung.pengaruh Globalisasi bisa menghilangkan berbagai rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lainnya.

Dampak dari Globalisasi  

Globalisasi akan memberikan corak budaya baru dan memberikan dampak yang luas terhadap kebebasan budaya setempat serta menguatkan kedominasani budaya barat ke dalam budaya masyarakat di negara berkembang.kebudayaan baru yang berasaskan perkembangan teknologi informasi,telekomunikasi,dan satelit.

Sehingga globalisai dapat merombak dan mengubah nilai dan sistem budaya dari masyarakat negara yang berkembang seperti visi dan misi Globalisasi barat.gelombang kebudayaan baru yang terjadi mealalui pendominasian budaya akan menjadi negara berkembang menjadi semakin bergantung dan terikat pada keputusan yang dibikin oleh penguasa barat.
Artikel pendidikan Era Globalisai
Era Globalisasi  
Era Globalisasi dan perkembangan dari teknologi ini mengaharuskan penduduk dunia untuk bersatu di dalam menentukan masa depan dunia yang lebih baik dan lebih terjamin. Isu Globalisasi yang tengah melanda dan mulai terasa memberi kesan jelek kepada masyarakat di dunia yang menjadi agenda menarik perhatian semua pihak.kesadaran untuk membentuk masyarakat dan memimpin dunia yang bertanggung jawab menjaga kepentingan,keselamatan,dan keamanan dunia membuka perspektif baru dalam pendekatan.  isu Globalisasi,yaitu isu yang mengancam dunia masa kini dan masa depan.[1]

Dalam era globalisasi ini yang dinegara maju masyarakatnya sudah terlatih dalu memasuki era pasca modern,ditanah air indonesia ini ada kesan diabaikannya”pendidikan nasional”dalam konsep negara kebangsaan.padahal negara-negara yang sekarang termasuk dalam jajaran negara maju seperti amerika serikat,perancis,jerman dan jepang adalah negara maju yang mana kemajuannya didukung oleh sisitem pendidikan nasional untuk membangun negara bangsa mereka masing-masing.tingkah laku dan sikap politik dari amerika serikat  yang membuat berbagai macam expansi politik dan ideologi,hakikatnya merupakan perpanjangan dari persepsi dirinya sebagai negara bangsa dan perananya di dunia dalam bahasa yang ada pada pembukaan UUD 1945 ikut serta menciptakan perdamaian di dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan,keadilan sosial,dan perdamaian yang abadi). Sikap dari jerman dan prancis yang hampir selalu berbeda dengan amerika serikat hakikatnya tumbuh dari pandangannya terhadap dirinya sebagai negara bangsa.demikian juga jepang,rusia dan china. 

Pentingnya Pendidikan di Era Globalisasi 

Diakui ketertinggalan amerika serikat dalam teknologi ruang angkasa pada tahun 1957 yang menjadi pemicu pembaharuan pendidikan di amerika serikat,tidak pernah ada istilah menjaikan pendidikan di amerika serikat bertaraf internasional.tetapi hasilnya menjadikan pendidikan amerika serikat mampu mendudkung  percepatan kemajuan amerika serikat di segal bidang kehidupan sehingga kini menjadi satu-satunya negara supepower baik politik,ekonomi,kekuatan angkatan bersenjata,dan iptek.dengan kata lain setiap negara di abad ke-21 ini masih tetap perlu menyelenggarakan pendidikan nasional yang ada hubungannya dengan tuntutan pembangunan negara nasional.

Di era Globalisasi ini percaturan dunia dalam segala bidang,baik ekonomi, politik,iptek,twlah didominasi oleh negara yang maju dalam segala bidangnya,baik kaitannya dengan WTO,atau dengan PBB,sehingga segala keputusan yang hasilnya mempengaruhi hubungan antar negara dipengaruhi oleh  negara-negara nasional yang  telah maju dan  unggul dalam segala bidang kehidupan dan itu dipengaruhi oleh sistem pendidikan nasional nya. [2]

[1] Pendidikan kewarganegaraan membangun warga negara yang demokratis,,aim abdul karim
[2] Ilmu dan aplikasi pendidikan hlm 3