Bagian-Bagian Otak Dan Fungsinya

 Otak merupakan organ pada badan insan yang berfungsi sebagai sentra jaringan saraf yag b Bagian-Bagian Otak Dan Fungsinya
Bagian-Bagian Otak Dan Fungsinya – Otak merupakan organ pada badan insan yang berfungsi sebagai sentra jaringan saraf yag bertugas sebagai sentra koordinasi bagi organ-organ lain dalam melaksanakan aktifitas sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Otak juga merupakan salah satu sistem saraf sentra selain sum-sum tulang belakang dan sistem saraf prefier yang terbuat dari serabut saraf. Bersama mereka mengontrol setiap serpihan dari kehidupan sehari-hari kita, seperti, bernfas, berjlan, berkedip, makan dan banyak hal lainnya.

Saraf menjalar dari otak ke wajah, telinga, mata, hidung, dan sumsum tulang belakang dan dari sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh. Saraf sensorik mengumpulkan informasi dari lingkungan, kemudian mengirimkan informasi tersebut ke sumsum tulang belakang, yang kemudian mempercepat pesan ke otak. Otak kemudian mendapatkan pesan tersebut dan memperlihatkan respon. Neuron motorik memperlihatkan isyarat dari otak ke seluruh tubuh.

Sumsum tulang belakang, yang terbuat dari seikat saraf yang menjalar naik dan turun tulang belakang, mirip dengan superhighway, bertugas mempercepat pesan ke dan dari otak di setiap detiknya.

Otak terbuat dari tiga serpihan utama: otak depan, otak tengah, dan otak belakang.
Otak depan terdiri dari cerebrum, thalamus, dan hypothalamus.
Otak tengah ini terdiri dari tectum dan tegmentum.
Otak belakang terbuat dari otak kecil, pons dan medula.
Seringkali otak tengah, pons, dan medula disebut bahu-membahu sebagai batang otak.

Cerebrum (Otak Besar) 

Cerebrum atau korteks ialah serpihan terbesar dari otak manusia, yang berafiliasi dengan fungsi otak yang lebih tinggi mirip pikiran dan tindakan. Korteks serebraldi bagi menjadi empat bagian, yang disebut “lobus”: lobus frontal, lobus parietal, lobusoksipital, dan lobus temporal.

Apa fungsi masing-masing dari lobus?
  • Lobus frontal-terkait dengan penalaran, perencanaan, serpihan bicara, gerakan, emosi, dan pemecahan masalah. 
  • Lobus parietal-terkait dengan gerakan, persepsi, pengenalan orientasi, dan rangsangan 
  • Lobus oksipital-terkait dengan pemrosesan visual 
  • Lobus temporal-terkait dengan persepsi dan pengenalan rangsangan pendengaran, memori, dan bicara. 
Cerebellum

Cerebellum, atau “otak kecil”, mirip dengan cerebrum, dalam hal ini mempunyai dua belahan otak dan mempunyai permukaan yang sangat terlipat atau korteks. Struktur ini berafiliasi dengan pengaturan dan koordinasi gerakan, postur, dan keseimbangan.

Sistem Limbik

Sistem limbik, yang sering disebut sebagai “otak emosional”, ditemukan terkubur di dalam otak besar. Sistem ini berisi thalamus, hypothalamus, amygdala, dan hippocampus.

Thalamus

Thalamus merupakan sebuah massa besar dari bahan abu-abu terletak mendalam di otak serpihan depan di serpihan paling atas dari diencephalon. Struktur ini mempunyai fungsi sensorik dan motorik. Hampir semua informasi sensorik memasuki struktur ini di mana neuron mengirim informasi tersebut ke korteks atasnya. Akson dari setiap sistem sensorik (kecuali penciuman) melekat di sini sebagai situs estafet terakhir sebelum informasi tersebut mencapai korteks serebral.

Hipotalamus

Hipotalamus merupakan serpihan dari diencephalon, ventral ke talamus.Struktur ini terlibat dalam fungsi homeostasis, emosi, kehausan, kelaparan, iramasirkadian, dan kontrol dari sistem saraf ot
onom. Selain itu, ia mengendalikan hipofisis.

Amigdala

Amigdala merupakan serpihan dari telencephalon, yang terletak di lobus temporal, yang terlibat dalam memori, emosi, dan ketakutan. Amigdala terletak di bawah permukaan serpihan depan, sebelah medial dari lobus temporal di mana menjadikan tonjolan di permukaan disebut uncus (komponen dari sistemlimbik).

Hippocampus

Hippocampus merupakan serpihan dari otak hemisphers di serpihan sebelah medial basal dari lobus temporal. Ini serpihan dari otak yang penting untuk mencar ilmu dan memori, untuk mengubah memori jangka pendek ke memori yang lebih permanen, dan untuk mengingat hubungan spasial.

Batang Otak

Di bawah sistem limbik terdapat batang otak. Struktur ini bertanggung jawab untuk fungsi dasar kehidupan vital mirip pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah. Para ilmuwan menyampaikan bahwa batang otak merupakan serpihan “paling sederhana” dari otak insan sebab otak seluruh binatang, mirip reptil (yang muncul awal pada skala evolusi) ibarat batang otak kita.

Otak Tengah

Otak tengah / mesencephalon terletak di serpihan rostral dari batang otak, yang mencakup tectum dan tegmentum. Otak tengah terlibat dalam fungsi mirip penglihatan, pendengaran, gerak mata, dan gerak tubuh. Bagian anterior mempunyai tangkai otak, yang merupakan bundel besar akson yang bepergian dari korteks serebral melalui batang otak dan serat ini (bersama dengan struktur lainnya) yang penting untuk fungsi motorik.

Pons

Pons-bagian dari metencephalon di otak belakang. Bagian ini terlibat dalam kontrol motor dan analisis sensorik. Misalnya, informasi dari pendengaran pertama memasuki otak di pons. Pons mempunyai serpihan yang penting bagi tingkat kesadaran dan untuk tidur. Beberapa struktur dalam pons terkait dengan otak kecil, sehingga terlibat dalam gerakan dan postur.

Medulla

Struktur ini merupakan serpihan ekor-sebagian besar batang otak, antara ponsdan sumsum tulang belakang. Medulla ini bertanggung jawab untuk menjaga fungsi badan yang vital, mirip pernapasan dan detak jantung.


Itulah Struktur dan serpihan otak kita yang selama ini bekerja mengendalikan segala kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari.