Berdirinya Sekolah Islam Di Amerika Semenjak Tahun 1930-An

SUCI PURNANDES/ 14B / SP

Di Amerika, studi studi Islam pada umumnya memang menekankan pada studi sejarah Islam, bahasa bahasa Islam selain bahasa Arab, Sastra, dan ilmu ilmu sosial, berada dipusat studi Timur Tengah atau Timur dekat. Di UCLA studi Islam dibagi kepada komponen komponen.

·         Pertama, mengenai kepercayaan agama Islam, Termasuk sejarah pemikiran Islam.
·         Kedua, bahasa Arab termasuk teks teks klasik mengenai sejarah, aturan dan lain lain.
·         Ketiga, bahasa bahasa non Arab yang muslim, ibarat Turki, Urdu, Persia, dan sebagainya. Sebagai bahasa yang dianggap telah ikut melahirkan kebudayaan Islam.
·          Keempat, ilmu ilmu sosial, sejarah, bahasa arab, sosiologi dan semacamnya.
Selain itu,  ada kewajiban menguasai secara pasif satu atau dua bahasa eropa. Para Umat Muslim di Amerika yang jumlahnya semakin bertambah juga membutuhkan pendidikan. Meskipun Sekolah Islam telah ada di Amerika semenjak tahun 1930an, jumlahnya masih dibawah 60 pada tahun 1990an, namun lambat laun sekolah sekolah Islam di Amerika telah banyak tumbuh berdamping dengan sekolah lain. Mereka membangun sekolah sekolah muslim yang dahulu hanya merupakan tempat perkumpulan sesama umat muslim lain, atau bahkan hanya sebuah masjid. Sekarang dinegeri Paman Sam itu sudah berdiri sekitar 1.209 masjid. Lebih dari 20 persen masjid Amerika mempunyai sekolah penuh waktu. Sedangkan sekolah sekolah Islam sekarang sudah lebih dari 250 sekolah Islam, tiga akademi tinggi, 400 lembaga, sekitar 200.000 usaha dan lebih  dari 200 penerbitan, jurnal dan surat kabar mingguan. Di AS ada kantor dinas pendidikan yang disebut American Association of School Administrator ( AASA ). Kantor ini melaksanakan lobby untuk menggoalkan kebijakan yang diinginkan. Masyarakat diberitahu issu yang dimunculkan semoga sanggup menelepon pihak penentu kebijakan. Karena banyak yang memunculkan issu dimaksud, bisa jadi pihak pengambil kebijakan memenuhi keinginannya. Lobby kepada orang orang tertentu ternyata lebih baikketimbang dengan cara pengambilan keputusan secara voting. Nampaknya sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia, sebab masyarakat cukup  ”mewakilkan” orang di dewan perwakilan rakyat yang sering tidak memenuhi keinginan yang memberi mandat perwakilan.
Menurut www.suaramedia.com, salah satu sekolah Islam yang tekenal di Amerika ialah Sekolah Noor UI Iman dikampus Brunswick Selatan. Kemudian dibagian New Jersey terdapat sekolah berjulukan Society of Central New Jersey, yang mempunyai sekolah parokial penuh waktu yang mencakup kanak kanak hingga sekolah dasar. Di daerah New Jersey sendiri terdapat 17 sekolah Islam yang telah bekerja penuh waktu layaknya sekolah sekolah di Amerika pada umumnya. Kemudian sekolah Islam juga tengah ulet giatnya membangun tempat pendidikan Muslim di daerah Ibukota Negara ibarat Washington D.C. Untuk mengetahui wacana pendidikn Islam di Washington D.C , kita sanggup melongok ke sebuah sekolag di negara belahan Maryland yang tak jauh dari Virginia dan Washington D.C. Sekolah tersebut ialah AL-Huda School Darus Salam berlokasi di 5301 Edgelwood Road, Colleg Park, Maryland, 20740. Kepala sekolah, Dr. Khalid Obeid, dan anggota Syura, Sayeed Jawed menjelaskan wacana misi, proyek, dan pendanaan. Sedangkan wakil kepala sekolah, Jose Acevedo menjelaskan wacana kurikulum, dan pengembangan kurikulum. Sekolah Al Huda sendiri didirikan tahun 1995 dengan maksud untuk membrikan pendidikan kepada anak didik semoga pedoman Islan yang dipeluk tidak musnah ditelan situasi. Pelajaran susila sangat ditekankan, guna mengantisipasi kebrutaklan anak dewasa ibarat terjadi di AS dalam penembakan terhadap guru atau sobat sekolahnya.
Bahasa Arab diperkenalkan dengan penggunaan eksklusif dalam kehidupan sekolah, metode pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa kedua sama dengan cara yang digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Pada prinsipnya kurikulum yang digunakan ialah standar yang diberlakukan di Kabupaten Montgomery, ditambah dengan bahasa Arab, al-qur’an, dan pelajaran keislaman lainnya. Orangtua murid tidak mutlak harus beragama Islam. Ada murid yang salah satu orang tuanya muslim, tetapi yang lainnya masih belum mendapatkan pedoman Islam sebagai suatu kebenaran. Meski jumlah muridnya tidak banyak, namun hasil yang dicapai memuaskan. Ada seorang anak kelas 6 yang sanggup berdakwah mengajak orangtua nya masuk Islam, dan berangan-angan kakek dan neneknya juga masuk Islam. Sekolah Islam juga tidak identik dengan pewajiban para penerima didiknya untuk memakai Jilbab atau epilog kepala, penulis menemukan sebuah sekolah di Amerika yang berdasarkan warga Amerika secara luas merupakan sekolah paling toleran mengenai peraturan yang diberlakukan. Yang lebih unik ialah bahwa sekolah yang terletak di Pasadena, California itu memilik penerima didik dan tenaga pengajar yang bukan hanya dari kalangan muslim, tetapi juga banyak kalangan non Muslim. Sekedar informasi, bahwa kelebihan sekolah New Horizon School itu ialah mereka merupakan sekolah Islam pertama yang berdiri di Amerika Serikat (AS) Sejak 25 tahun yang lalu. Semua akomodasi sekolah didanai dari orang orang Islam sendiri. Sebagai sekolah swasta, tak ada santunan dana dari pemerintah, sehingga tiap orang renta membayar bantuan untuk SPP sebanyak $3.700. sebab itu honor guru lebih rendah dari pada guru disekolah negri, yaitu $22.00-$24.00 per tahun.
A.    KURIKULUM ISLAM
 Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyambut positif niat kelompok muslim AS yang sedang mengupayakan kurikulum Islam masuk kedalam sistem pendidikan di negara itu. Mereka berharap dengan masuknya kurikulum Islam akan terbangun pemahaman yang lebih baik mengenai Islam dikalangan warga AS. Demikian pernyataan Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel dalam jumpa wartawan sebelum membuka mengenai Islam di AS yang berlangsung di Pusat Kebudayaan AS, dijakarta Selatan pada Rabu malam. Menurut laki-laki yang pernah menjabat sebagai Wakil Asisten Duta Besar AS untuk ASEAN ini, dengan adanya kurikulum mengenai Islam pemahaman warga AS terhadap Islam dan kaum muslim akan semakin baik. Penyebabnya dari banyak sekali prasangka dan pendapat negatif ialah kurangnya pendidikan, sehingga pendidikan merupakan jalan yang elok untuk sanggup mengenal Islam lebih baik. Menurut saya itu akan memperlihatkan efek yang positif,” ujarnya. Saat ini, kaum Muslim di AS tengah berupaya untuk sanggup memasukan kurikulum Islam kedalam kurikulum Islam ke dalam sistem pendidikan di AS. Upaya yang tengah menjadi perbicangan hangat ini bergotong-royong sudah dimulai semenjak beberapa tahun lalu. Menurut ketua penyelenggara seminar tersebut, Christ Mcgrew jikalau Islam masuk ke dalam kurikulum maka warga AS sanggup memperoleh informasi yang bergotong-royong dan bukan ibarat yang selama ini diberitakan oleh media masa di sana.
B.     PELAJARAN KE ISLAMAN DI AS
Ada sebuah organisasi keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan keislaman. Islamic Academy of Muslim Community Center (MCC), ditahun 15200 New Hampshire Avenue, Silver Spring, Maryland 20905 misalnya. MCC didirikan tahun 1976 dan menerima dukungan dari masyarakat cukup bagus. Sebagai organisasi keagamaan, pendidikan, dan LSM sosial, MCC mempunyai visi untuk membuat masyarakat Muslim yang gembira akan hazanah keislaman dan memperlihatkan pola kebaikan prinsip dan nilai nilai Islam. Sekolah Islam MCC pada mulanya hanya menyelenggarakan aktivitas pelajaran keislaman kepada anak anak setiap hari ahad dari pukul 11 : 00 – 13 : 00. Arealnya seluasnya  9,57 hektar yang dibeli tunai. Dengan pengumpulan uang dari para donaratur, pada tahun 1980 mendirikan gedung berlantai dua, dan tahun 1981 gres dimulai sekolah minggu. Tahun 1984 bangunan tahap kedua berlanati tiga yang menggabung dengan bangunan sebelumnya didirikan, dan tahun 1994 akibat membangun masjid senilai $1,2 juta dengan desain dua lantai dan dipersiapkan untuk kemungkinan perluasannya. Daya tampung masjid untuk salat jumat 600 orang, dan untuk salat Id memakai bangunan lainnya  guna menampung jamaah yang jumlahnyamelebihi 1.000 orang. Sejak 1997 dibuka sekolah hanya hingga kelas 6, dan lulusannya melanjutkan ke Al-Huda School.MCC. Perpustakaan yang di miliki terdiri dari buku dengan banyak sekali macam bahasa, paling banyak bahasa Urdu.
C.    SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Sistem pendidikan di amerika bukanlah merupakan sutu sistem yag dikuasai dan dikelola oleh pemerintah federal dan juga tidak oleh pemerintah negara belahan secra lansung. Pelaksanaan dan pengaturan sistem pendidikan dinegara adikuasa ini dijalankan oleh Unified School District (USD) anggaran belanja USD didanai oleh PBB, dana anjaran belanja dari pemerintah negara belahan dan dana dari pemerintah federal sekolah yang berada dibawah pengelolaan USD Hrus memenuhi standar minimum buku sekolah setiap sekolah akan mendapatakn eveluasi bersiklus dari negara bagian. Biasanya USD mengelola SD Sekolah Meneng
ah Pertama Sekolah Menengan Atas dengan pendidikan SD 6 tahun Sekolah Menengah Pertama 2 tahun dan Sekolah Menengan Atas 4 tahun. Anak anak diwajibkan sekolah dari usia 6/7 tahun. Diakumulasikan menjadi 18 tahun. Mulai usia 6/7 tahun, anak anak Amerika sanggup mengikuti sekolah dasar selama 5/6 tahun. Kemudian masuk ke Sekolah Menengah Pertama selama 2/3 tahun, dan Sekolah Menengan Atas selama 4 tahun. Setelah menuntaskan Sekolah Menengan Atas para siswa sanggup bisa meneruskan berguru ke universitas. Belajar di Sekolah tinggi bertujuan untuk meraih gelar B.A sebagai pendidikan tingkat sarjana strata1 jenjang setelahnya dikenal dengan pasca sarjana. Pendidikan tinggi sanggup ditempuh diberbagai forum , Universitas Negeri, Swasta, Sekolah tinggi 2 tahun, sekolah tinggi komunitas, sekolah keahlian, institut teknologi, institut teknik dan sekolah yang terkait dengan gereja. Sebelum memasuki dunia Universitas, seorang calon mahasiswa harus mempersiapkan diri semenjak di Sekolah Menengan Atas dengan persiapan yang tearah dan terpadu. Jenjang berikutnya ialah pendidikan pasca serjana  untuk meraih gelar magister. Gelar M.B.A merupakan gelar yang amat terkenal yang ditempuh selama 2 tahun, tetapi juga ada gelar magister yang ditempuh selama 1 tahun. Gelar ini dipandang sebagai kerikil loncatan untuk menuju jenjang doktoral ( Ph.D ). Tetapi, ada sebagian mahasiswa yang bis mempersiapkan secara eksklusif bagi pendidikan doktoral, bahkan tanpa memperoleh jenjang magister hanya diharapkan waktu selama tiga tahun.
Visi dan misi Pendidikan AS
1.      VISION
New Horizon seeks to develop in each student a positive identy as an American Muslim who is prepared intellectually, socially,emotionally, and physically to succeed in tomorrow’s world. New Horizon students are expected to integrate academic skills, qur’anic principles, and ethical behavior in order to make positive conttributions to the global community. New horizon aims to develop in each student a balanced character enriched with knowledge, inspired to excellence, and committed to the the batterment of family, community, and humanity.
2.      MISSION
New Horizon School is an independent Islamic school founded by the Islamic Center of Soutthern California in 1984. New H orizon School is commited to providing students with an excllent academic education and firm grounding in moral and ethical values. New Horizon School fosters a dedication to God throught virstous in a progressive Islamic environment.
Melihat perkembangan sekolah Islam yang cukup berkembang cukup besar di pesat Amerika ini mengambarkan warga Muslim di AS bisa bertahan meskipun dibawah kekhawatiran yang terus melanda setalah peristiwa 9/11 hampir satu dasawarsa silam. Kemudian dari berkembangnya sekolah sekolah Islam Amerika, terlihat bahwa mereka bisa beradabtasi dan membaur dengan kehidupan sosial yang berkembang di daerah tersebut. Sebagai Negara yang menganut Liberalism dan kebebasan pribadi ibarat Amerika, maka sudah sewajarnya mereka sanggup mendapatkan dengan sepenuh hati warga Muslim mereka. Demikianlah perkembangan pendidikan Islam Amerika Serikat yang memang patut untuk diapresiasikan, usaha para Muslim disana sungguh sangat gigih melawan kekufuran dan kemaksiatan yang merajalela.
DAFTAR PUSTAKA
1.      Abudin,Nata.Prof.DR.M.A. 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
2.      Bradjanagara, Sutedjo. 1956. Sedjarah Pendidikan Amerika. Jogyakarta: Badan Kongres Pendidikan Indonesia
3.      Steeinbri
nk,Karel.A.1986.Pesantren,Madrasah,SekolahPendidikanIslamdalam Kurun Moderen.Jakarta:LP3ES