Pemahaman ekonomi dan sosiologi sebagai disiplin ilmu

PintarBaca.Com – Pada dasarnya fungsi tujuan pendidikan bagi bangsa atau masyarakat sifatnya hampir universal atau umum, tetapi fungsi dan cara mencapainya sangat beragam, bahkan diantara kelompok atau kelas sosial dalam masyarakat sendiri berbeda-beda. Misalnya, tingkat industrialisasi suatu masyarakat akan mempengaruhi isi dan bentuk proses pendidikan Indonesia dalam era industri ucapkan banyak tenaga yang dapat mendukung kelangsungan produksi suatu industri. membahas tujuan ekonomi pendidikan tidak bisa dilepaskan dari hakikat pendidikan dan tujuan pendidikan nasional.
Hakikat pendidikan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 berbunyi mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yng kuat dan berwibawa utuk memberdayakan smua warga negara agr berkembang menjadi manusia yg memiliki kualitas, berkemampuan dan proaktif menjawab terhadap tantangan zaman. begitu jg secara umum tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kemajuan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur , memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yg bermartabat dlm rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan utk berkembangnya potensi peserta didik agr menjadi manusia yg beriman dan bertakwa kpd Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, creative, Mandiri, dan menjadi warga negara yg demokratis srta bertanggung jawab
Dalam ekonomi Manajemen pendidikan ilmu dapat dinyatakan sebagai disiplin apabila memenuhi bangunan lembaga dan berakses kepada konsumen dalam filsafat ontologi menjawab atas pertanyaan apa itu konsep ekonomi, konsep pendidikan, dan konsep ekonomi pendidikan. dalam kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, dlm pelaksanaan, dan dlm pengawasan pendidikan dalam mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu dan bertujuan unk menjamin mutunya pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bermartabat. untuk filsafat epistemologi Bagaimana mekanisme penerapan prinsip prinsip ekonomi dalam dunia pendidikan sedangkan filsafat aksiologi menjawab tentang Mengapa dunia pendidikan perlu menerapkan prinsip-prinsip ekonomi.
Ekonomi Manjemen pendidikan sebagai disiplin ilmu memiliki tujuan sebagai bagian dari organisasi ilmu. ada dua macam tujuan di dalam mengkaji ekonomi pendidikan sebagai disiplin ilmu, yaitu tujuan positif dan tujuan normatif satu tujuan positif yaitu bahwa ekonomi pendidikan berusaha mendeskripsikan, mengelompokkan, menjelaskan, dan memprediksikan fenomena fenomena dunia pendidikan secara ekonomis 2 tujuan Normatif adalah efisiensi, dimana efisiensi pendidikan pada hakikat nya merujuk pada standar pendidikan yang digunakan. Artikel tentang Pemahaman ekonomi dan sosiologi sebagai disiplin ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published.