Inilah 7 Masakan Penurun Gula Darah Dalam Tubuh

– Sahabat Pintar, Menjaga teladan kuliner biar tetap sehat itu sangat penting, terlebih lagi ketika gula darah anda naik, tentunya badan kita akan merasa ketidaknyamanan. Bagaimana cara menurunkan gula darah secara alami? Ternyata ada cukup banyak kuliner penurun gula darah di sekitar kita:


Cara kerja makanan-makanan ini dalam menurunkan gula darah pun berbeda-beda. Ada yang bersifat menurunkan resistensi insulin, meningkatkan jumlah insulin, dan ada yang eksklusif mengurangi kadar gula darah ketika puasa.
Berikut ini yaitu 7 kuliner untuk menurunkan gula darah yang bisa ditemukan dengan gampang di sekitar kita:
1]  Pare

Sayuran pahit ini umumnya dipakai sebagai kuliner dan obat-obatan dalam budaya Asia. Pare sanggup menurunkan gula darah alasannya yaitu rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya.
2] Bawang putih

Bawang putih telah dipakai selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci memperlihatkan bahwa ekstrak bawang putih sanggup menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih meningkatkan jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Tapi efek buruknya, mengonsumsi bawang putih bisa mengakibatkan nafas berbau tak sedap. Makara perlu berhati-hati biar tidak mengganggu kenyamanan berkomunikasi dengan orang lain.
3] Kayu manis

Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu bagus selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Beberapa studi lainnya memperlihatkan bahwa ekstrak kayu bagus baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati memakai kayu bagus dalam takaran besar sanggup berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu bagus jenis apa yang cocok untuk diri kita.
4]  Bayam

Biasanya orang dengan diabetes tipe 2 sering mempunyai tingkat rendah serum magnesium. Bayam kaya magnesium yang sanggup membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh.
5]  Kedelai

Kedelai mempunyai sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi sanggup menawarkan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.
6]  Alpukat
Jika Sahabat Pintar berencana menurunkan kadar gula dalam darah, jangan lupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh yaitu unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa kuliner antara lain menyerupai alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun. Alpukat terbukti bisa menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes.
Kombinasi kuliner berjenis karbohidrat dengan asam lemak tak jenuh tunggal sanggup membantu memperbaiki kadar gula dalam darah serta meningkatkan sensitivitas badan terhadap insulin.
7] Cuka sari apel
Konsumsilah cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air sebelum makan. Manfaatnya sanggup membantu mengurangi lonjakan gula darah sehabis mengonsumi kuliner yang mengandung tepung bagi para penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2. Penelitian
juga sudah menunjukan bahwa minum cuka sari apel yang dicampur air sanggup membantu meningkatkan sensitivitas badan terhadap hormon insulin.
Itulah ketujuh kuliner yang sanggup menurunkan gula darah dalam badan kita, semoga bermanfaat