Inilah Kedahsyatan Doa Sapu Jagad

Bagikan Kawan Sahabat Pintar, Kamu niscaya pernah mendengar doa yang berbunyi “Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina ‘adzabannar”. Ya, ini yaitu doa sapu jagad yang ringkas namun penuh makna. Doa ini berdasarkan para ulama meliputi seluruh seruan manusia. Karena itu dinamakan doa sapu jagad.  Pasalnya seluruh permohonan insan pada hakikatnya tidak lepas dari kebahagiaan dunia dan akhirat.
 
 
Dari Anas bin Malik, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW berkata “Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW yaitu doa sapu jagad yang artinya “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di alam abadi dan lindungilah Kami dari adzab Neraka”.” (HR. Bukhari).
Doa sapu jagad termasuk dari surah Al-baqarah ayat 200 dan ayat 201. Meski banyak dipanjatkan dalam majelis, namun tidak banyak yang tahu apa bersama-sama manfaat dari bacaan doa ini. Padahal dalam aliran Islam, doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW yaitu doa yang mustajab. Doa ini disyari’atkan untuk dibaca di segala kondisi
 
Doa sapu jagad meliputi tiga hal yakni meminta kenikmatan dunia, kenikmatan alam abadi dan terbebas dari api neraka. Bukankah ini yang tujuan hidup manusia, tidak hanya melulu doa untuk di dunia, tapi juga berdoa untuk kehidupannya di alam abadi kelak. Sehingga kalau sering memanjatkan doa ini, Insyaallah dikabulkan Tuhan SWT sebab termasuk doa yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad.
 
Doa sapu jagad juga dipercaya sanggup mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha. Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang menyampaikan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya yaitu menikahi orang yang shaleh dan soleha. Maka dari itu, sering membaca doa ini sehabis shalat sanggup mendekatkan jodoh.
 
Meski pendek dan ringkas, ternyata doa ini juga meliputi dengan nikmat sehat yang diinginkan manusia. Membaca doa ini sehabis shalat, insyaallah sanggup selalu menyehatkan badan lahir dan batin.
 
Doa ini juga sanggup melapangkan hati orang yang menerima musibah. Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa ini dikala menjenguk kerabatnya yang sedang sakit. Dan Tuhan pun menyembuhkannya.
 
Dalam doa ini juga terdapat kata “wa fil âkhirati hasanah”, yang artinya “dan juga kebahagiaan akhirat”. Yang dimaksud dengan hasanah di alam abadi yaitu : terbebas dari rasa takut, di Padang Mahsyar menerima naungan Allah, meraih syafaat dari Rasulullah saw, menerima hisab yang ringan, selamat dalam menyeberangi jembatan antara dua tepi neraka jahannam, selamat dari kebangkrutan pahala, menerima ampunan dan ridha Allah, menikmati nirwana yang infinit dan puncaknya sanggup bertemu dengan Tuhan SWT.
 
Akhirnya, doa “sapu jagat” itu dipungkas dengan “wa qinâ ‘adzbânnâr”  yang artinya “dan hindarkanlah kami adzab api neraka”. Kenapa doa ini diakhiri dengan seruan terhindarnya dari api neraka?” Karena kebaikan di alam abadi – menyerupai masuk nirwana – sanggup jadi diperoleh sehabis mengalami siksa terlebih dahulu. Maka kepingan ketiga dalam doa ini menjadi penting. Semoga!!! Walahu A’lam
Begitu dahsyat dan ampuhnya do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam.
Itulah do’a sapu jagad yang seharusnya kita rutinkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
sumber : infoyunik.com