Inilah Tanda-Tanda Penyakit Dalam Yang Tampak Pada Kulit

Bagikan Kawan Sahabat Pintar apa kabar ? supaya selalu di beri kesehatan Oleh Yang Mahakuasa Swt, Sebagai pecahan tubuh terluar dan terluas ini, kulit menjadi salah satu pecahan tubuh insan yang amat sensitif. Namun tidak semua problem kulit disebabkan oleh makanan, udara, kuman atau jamur. Seringkali perubahan-perubahan di kulit kita juga menawarkan adanya masalah, bahkan penyakit berbahaya di dalam tubuh. Kita patut mewaspadainya


1] Alergi

Alergi kulit ialah salah satu penyakit paling umum. Penyebabnya beragam, ada yang akhir makanan, zat kimia tertentu, bulu hewan atau udara dingin. Ia bersifat kambuhan, dan dapat muncul kembali kalau kita tidak memperhatikan faktor penyebabnya (alergen). Biasanya alergi disebabkan oleh faktor genetik, dan tidak menular. Ciri alergi kulit ialah kulit yang gatal dan memerah, serta terasa di seluruh tubuh dan bukan pada daerah tertentu.

Baca Juga :  Cara Mencegah Munculnya Flek Hitam di Usia 40 Tahun ke Atas

2] Benjolan

Jangan sepelekan benjolan yang muncul di tubuh Anda. Kadang benjolan kecil ibarat jerawat di sekitar mata dapat menjadi mengambarkan awal kanker kulit. Selain itu, benjolan kuning yang mengkilap pada lengan dan kaki merupakan mengambarkan tingginya kadar trigliserida, salah satu tanda-tanda diabetes.
3] Ruam

Ruam atau kemerahan pada kulit tidak selalu berarti alergi kulit. Jika disertai demam, nyeri sendi dan otot, dapat berarti ada infeksi dalam tubuh Anda. Misalnya, ruam berbentuk kupu-kupu di pipi dan hidung dapat menjadi mengambarkan penyakit lupus. Ruam pada kaki pecahan atas dan bawah yang tidak sembuh diolesi salep kulit, dapat merupakan mengambarkan infeksi hepatitis C.
4] Warna kulit berubah
Jika kulit Anda perlahan berubah menguning disertai tanda-tanda sakit lain, waspadalah, itu dapat berarti ada gangguan fungsi hati. Atau kalau di kulit muncul bercak putih kemerahan yang meluas, dapat jadi Anda terjangkit vitiligo,yakni kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri, termasuk sel-sel pigmen kulit.
5] Perubahan tekstur

Jika tingkat kekenyalan kulit kita tampak tidak normal, kita patut waspada. Misalnya tiba-tiba melunak atau mengeras secara tak biasa. Jika ada pecahan kulit yang melunak atau membengkak, itu dapat jadi tanda-tanda penyakit diabetes. Sedangkan kulit yang mengeras mungkin mengambarkan penyakit sclerosis sistemik. Jika tidak ditangani segera, pengerasan ini dapat meluas sampai ke organ dalam mirip paru-paru dan jantung.

Semoga goresan pena ini dapat bemanfaat

Sumber : ummi-online.com