Istilah-Istilah Umum Di Dunia Internet

 dan kita niscaya sudah banyak yang mengenal istilah tersebut Istilah-istilah Umum Di Dunia Internet
Istilah-istilah Umum Di Dunia Internet – Begitu banyak Istilah-istilah di dunia per internet an, dan kita niscaya sudah banyak yang mengenal istilah tersebut, namun sama halnya dengan bacaan Sholat, sebahagian kita hanya tahu bacaannya saja, sedangkan untuk artinya kita banyak yang tidak tahu atau tidak mendalami secara mendalam.
Parahnya lagi pas orang bertanya apa arti istilah DNS, galau kan mau ngejelasinnya gimana, nah buat nambahin ilmu kita biar gak aib pas ditanya, kali ini saya akan menjelaskan apa arti Istilah dalam dunia internet yang kita kenal selama ini:

ADN (Advanced Digital Network) – Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) – Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL sanggup melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

Anonymous FTP – Situs FTP yang sanggup diakses tanpa harus mempunyai login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP ialah dengan mengisikan “Anonymous” pada isian Username dan alamat email sebagai password.

ARPANet – Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada final dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di banyak sekali lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun sanggup diakses sebagai sebuah kesatuan untuk sanggup saling memanfaatkan resource masing-masing.

ASCII – American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk instruksi berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

ASP (Active Server Pages) – ialah spesifikasi untuk membuat halaman Web dinamis memakai ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode-kode HTML dan kemudian mengirimkannya kepada browser.

Backbone – Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.

Bandwidth – Besaran yang memperlihatkan banyaknya data yang sanggup dilewatkan di suatu saluran komunikasi pada network dalam satuan waktu tertentu.

Binary – Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, menyerupai halnya file grafis.

Bit – BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang mempunyai nilai antara 0 atau 1.

Blog – Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate setiap hari. Blog biasanya digunakan secara cuma-Cuma. Tapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan kita ihwal banyak sekali topik yang membuat kita menarik untuk dibaca oleh publik. Kegiatan mengupdate informasi di blog disebut blogging, sedangkan pemilik blog disebut blogger.

bps – Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Broadband – Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.

Browser – ialah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser ialah sebuah aktivitas yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan kemudahan lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, menyerupai Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla, dll.

Byte – Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

CGI – Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software sanggup menjadi sebuah aktivitas CGI apabila software tersebut sanggup menangani input dan output berdasarkan standar CGI.

cgi-bin – Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana aktivitas CGI disimpan.

Chat – chat sanggup diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan berkomunikasi antar sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi sanggup berupa teks, bunyi (chatting voice) memakai perangkat Headset, maupun secara visual (video call) memakai Web Cam (kamera).

DNS – Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang memakai TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan memakai alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melaksanakan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap tempat atau tingkat organisasi mempunyai domain sendiri. Masing-masing mengatakan servis DNS untuk domain yang dikelola. Suatu sistem database yang mengizinkan aplikasi TCP/IP menterjemahkan nama host ke dalam satu IP address. DNS (Domain Name Service) merupakan servis di Internet untuk network yang memakai TCP/IP. Servis ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan memakai nomor (alamat Internet). Komputer di Internet diidentifikasikan dengan angka, yaitu nomor IP. Misalnya, sebuah komputer mempunyai nomor IP {192.168.1.1}. Komputer lebih gampang bekerja dengan angka, sedangkan insan lebih gampang mengingat nama. Komputer dalam rujukan ini sanggup diberi nama {gareng}, misalnya. Singkatnya DNS melaksanakan konversi dari nama ke angka.DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap tempat atau tingkat organisasi mempunyai domain sendiri. Masing-masing mengatakan servis DNS untuk domain yang dikelola. Untuk mengetahui nomor IP dari sebuah mesin (komputer) di Internet sanggup digunakan beberapa program.

DSL – Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, menyerupai halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama memakai kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL memperlihatkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.

Domain – Di dunia internet atau web, domain ialah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.

Download – Istilah untuk kegiatan penyalinan data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Dengan kata lain transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pusat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client). Proses download merupakan kebalikan dari upload.

Downstream – Istilah yang merujuk kepada kecepatan fatwa data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

E-coomerce (electronic commerce) ialah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan pinjaman jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut ialah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain ialah Internet dan electronic data interchange (EDI).

E-mail – Electronic Mail. Pesan yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain melalui local area network (LAN) atau Internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa teks, kini dengan e-mail sanggup berisi gambar, suara, dan bahkan klip video. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya mempunyai format semacam username@host.domain, misalnya: myname@mydomain.com.

FAQ – Kependekan dari Frequently Asked Questions atau “pertanyaan yang sering diajukan? . FAQ merupakan salah satu feature website yang menyajikan daftar balasan atas pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan layanan atau penggunaan informasi yang disajikan oleh website tersebut. Membaca FAQ sangat dianjurkan sebelum Anda menelusuri lebih jauh halaman-halaman sebuah web, sehingga Anda mendapatkan citra umum dari website tersebut.

Firewall – Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bab untuk alasan keamanan.

FTP – File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan
untuk diakses hanya oleh mereka yang mempunyai hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi sanggup diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP.

Gateway – Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini ialah sebuah prosedur yang menyediakan jalan masuk ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.

GPRS – General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS mempunyai kelebihan dalam kecepatannya yang sanggup mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

Hoax – Berita bohong yang menyebar di dunia maya, bisa berbentuk gambar ataupun artikel, kebanyakan untuk menyudutkan seseorang atau suatu golongan.

Home Page/Homepage – Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya ialah halaman default yang di setting untuk sebuah web browser.

Host – Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.

HTML – Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

HTTP – Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.

HTTPD – Adalah melihat World Wide Web.

IMAP – Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. Protokol lainnya yang sering digunakan ialah POP.

Internet – Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet.dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada ketika ini.

Intranet – Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

IP Address – Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

ISDN – Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak menyerupai DSL, ISDN sanggup dikoneksikan dengan lokasi lain menyerupai halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.

ISP – Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet.

Leased Line – Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya memakai saluran ini.

Login – Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).

Mailing List – Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melaksanakan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

MIME – Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

MTA – Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada us
er. Adapun aktivitas untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).

Network – Dalam terminologi komputer dan internet, network ialah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sesungguhnya ialah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

NNTP – Network News Transfer Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) memakai protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan memakai port 119.

Node – Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.

Packet Switching – Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bab mempunyai keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari banyak sekali sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.

PERL – Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering digunakan untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk banyak sekali macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.

PHP – merupakan singkatan dari HyperText Preprocessor, awalnya merupakan singkatan dari Personal HomePage. PHP Merupakan bahasa pemrograman yang biasanya ditulis bersama instruksi HTML. Tidak menyerupai HTML yang eksklusif dikirim ke browser, script PHP di parsing dulu oleh PHP binary dalam komputer server. Elemen HTML dibiarkan tetapi instruksi PHP di sanksi terlebih dahulu dan alhasil dalam bentuk HTML dikirim ke browser pengguna. Kode PHP bisa menjalankan perintah database, membuat gambar, membaca dan menulis file, serta kemampuan lainnya yang tidak mempunyai batas.

POP – Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling terkenal digunakan ialah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan ialah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

PPP – Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

PSTN – Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang memakai kabel.

RFC – Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk membuat sebuah standar dalam internet. Sebuah standar gres diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah tubuh yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, contohnya standar format untuk email ialah RFC 822.

Router – Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan tetapkan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk hingga ke tujuan.

SDSL – Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

SGML – Standard Generalized Markup Language. Nama terkenal dari ISO Standard 8879 (tahun 1986) yang merupakan standar ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik dalam bentuk hypertext.

SMTP – Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan

email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.

Spam – merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik mendapatkan pesan tersebut.

TCP/IP – Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati kemudian lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), kemudian lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus sanggup bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Telnet – Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote host dengan terminal yang berbasis teks, contohnya dengan emulasi VT100.

UDP – User Datagram Protocol. Salah satu protokol untuk keperluan transfer data yang merupakan bab dari TCP/IP. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya ketika paket data tersebut diterima.

Upload – Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download.

Upstream – Istilah yang merujuk kepada kecepatan fatwa data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.

URI – Uniform Resource Identifier. Sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bab yang disebut bagan (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.resource atau skema:alamat.resource. Misalnya, URI http://yahoo.com memperlihatkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat bagan HTTP Walaupun HTTP ialah bagan yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, contohnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.

URL – Uniform Resource Locator. Istilah ini intinya sama dengan URI, tetapi istilah URI lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.

Usenet – Usenet news, atau dikenal juga dengan nama “Net news”, atau “news” saja, merupakan sebuah buletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang sanggup digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja sanggup mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news sanggup dilakukan dengan memakai protokol NNTP atau dengan membaca eksklusif ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada (cara terakhir ini sudah jarang dilakukan).

UUENCODE – Unix to Unix Encoding. Sebuah metode untuk mengkonfersikan file dalam format Biner ke ASCII biar sanggup dikirimkan melalui email.

VoIP – Voice over IP. VoIP ialah suatu prosedur untuk melaksanakan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang memakai teknologi IP).

VPN – Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun kemudian lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan).

WAP – Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan WAP.

Webmail – Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.

Wi-Fi – Wireless Fidelity. Merupakan standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan berdasarkan standar spesifikasi IEEE 802.11.

World Wide Web – Sering disingkat sebagai WWW atau “web” saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan sanggup diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), bunyi (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

XML – Extensible Markup Language. Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web. XML mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan HTML, diantaranya dokumen lebih terstruktur, memungkinkan manipulasi tampilan data tanpa harus berafiliasi dengan webserver, serta pertukaran data antar dokumen.

Okeee… pastinya anda gak akan kelimpungan lagi kalo ada pertanyaan mengenai hal di atas… sekian dan semoga bermanfaat…