Inilah Kalimat yang Dibenci Allah, Namun Sering di Ucapkan Lisan

Pintarbaca.com – Ucapan yang baik dan yang di ridhoi Alloh tentunya adalah ucapan yang ada perintah dari Alloh dan dari Rasululloh SAW, seperti Dzikir, membaca sholawat, bertutur kata dengan lembut yang menyenangkan orang lain, telebih dari itu adalah ucapan-ucapan yang mengandung unsur Dakwah menuju jalan benar yang di ridhoi Alloh.
Seperti halnya mengajak orang lain agar beribadah, atau menasehati orang lain agar meninggalkan maksiat. Hal itu berdasarkan Firman Alloh SWT QS. Ali ‘Imran: 110 yang intinya orang yang berdakwah termasuk golongan sebaik-baiknya ummat manusia, yakni menjadi orang yang mengeluarkan manusia dari kesesatan, ber’amar ma’ruf nahi munkar.
Firman Alloh SWT QS. Ali ‘Imran: 110 :

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kamu Sekalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali ‘Imran: 110)

Ucapan yang paling di Cintai oleh Alloh

Diantara kalimat-kalimat yang sangat di cintai oleh Alloh ketika di ucapkan adalah membaca tasbih, tahmid, takbir, menyeru kebaikan dan memberi peringatan kepada manusia agar menjauhi kemaksiatan, dll.
“Perkataan yang sangat disukai allah ta’ala, ” Tutur Shohabat Abdullah bin mas’ud radhiyallahu ‘Anhu, “adalah Tatkala seseorang hamba mengucapkan :

سبحنك اللهم وبحمدك وتبرك اسمك وتعالى جدك ولا اله غيرك

Artinya :
” (Mahasuci Engkau. Segala puji milik – Engkau semata, Mahasuci Nama – Mu. Maha Luhur Engkau.
Tiada Tuhan yang berhaq di sembah kecuali Engkau). Menurut riwayat lain dari bermacam jalan, Seluruh kalimat yang berisi pujian, pensucian, dan juga pengagungan kepada nama Allah ta’ala menggambarkan kalimat yang sangat Alloh cintai”.
Kalimat diatas terdiri dari kalimat Subhanallah (Mahasuci Allah) , Alhamdulillah (Seluruh puji untuk allah) , Laa ilaha illallah (tiada tuhan yang berhaq disembah kecuali allah) , Allahu akbar (Allah Mahabesar) , dan juga kalimat semakna lainnya.

Ucapan yang paling di Benci oleh Alloh

“Perkataan yang amat dibenci allah, ” lanjut Shohabat Abdullah Ibn mas’ud yang di sebutkan oleh syeikh abu bakar al – thurthusyi al – andalusi dalam al – ma’tsurat, “Ialah dikala seorang laki-laki mengatakan kepada laki-laki lain/orang lain,
‘Bertakwalah kamu kepada allah’, dan juga pria (orang) lain tersebut menimpali, ‘urusi saja dirimu sendiri.”
Kata ” Bertakwalah kepada Alloh ” bisa berarti Kita melarang orang lain berbuat maksiat, atau mengajak orang lain berbuat kebaikan yang bernilai ibadah.
Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin Kita pernah mendapati kalimat itu terlontar dari mulut orang di sekeliling Kita, atau mungkin Kita sendiri juga pernah seperti itu, karena mungkin merasa punya alasan kuat untuk melakukan itu. Ditambah tidak mengerti kalau kalimat tersebut termasuk kalimat yang paling dibenci oleh Allah SWT.
Acap kali kita mengajak berlaku kebaikan kepada teman. baik dalam ajakan yang santai maupun percakapan yang serius mengajak berbuat kebaikan dan menasehati orang sekeliling kita, karena memang mengajak menjalankan kebaikan, saling memberi nasihat merupakan suatu yang sangat di anjurkan oleh Alloh SWT.
Seperti Halnya ketika kita mengajak kepada kawan-kawan kita atau orang-orang yang di sekeliling Kita;
” Ayo Shalat Berjamaah … ”
” Jangan lupa Ngaji.. Ya… ”
” Jangan Pacaran ya, itu Dosa !!”
Dan juga ajakan – ajakan lain yang bernilai dakwah, mengajak kawan untuk berbuat kebaikan dan juga menjauhi kemaksiatan sebagai wujud ketakwaan kepada Alloh SWT.
Namun, Acap kali juga timbal balik yang kita terima terkadang bermuatan negatif, bahkan terkadang juga Sebuah penentangan. Tidak jarang, orang – orang yang diajak itu malah memberi anjuran supaya kita tidak repot – repot ngurusin mereka.
Seperti :
“Sudahlah. Tidak perlu repot-repot, Ceramai Gue kayak ustadz Baru,… Urusi aja diri Eloo sendiri. Jadi orang nggak usah Sok suci. Jangan sok Sholeeh… ”
Bahkan kadang pula ditambahi kalimat-kalimat senada dengan ini ;
“Emangnya Eloo/Kalian Udah Baik ? Sok-sokan Ceramahin Gue…. ”
“Emangny kalian Pasti masuk surge ye… ? Sok Ceramah di depan Gue… ”
Dan sayogiyanya, ucapan-ucapan penentangan yang senada dengan itu tidak menyurutkan semangat kita dalam berdakwah menyeru kebaikan kepada orang lain, karena dakwah merupakan pekerjaan manusia terbaik sebagaimana para Nabi, Para Ulama dan Para wali, Disamping itu Dakwah merupakan kewajiban setiap ummat manusia yang harus selalu di tegakkan.
Sembari terus belajar, berbenah diri, meningkatkan ketakwaan kita, belajar menerima kritik, saran, dan nasihat denga sabar penuh harapan Ridho Alloh SWT.
Dan sampai ucapan-ucapan penentangan ketika di nasehati itu keluar dari lisan kita tatkala ada kawan, guru, orang tua, bahkan adik Kita sendiri yang mau memberi nasihat baik kepada Kita untuk menjadi orang yang lebih baik berdasar atas Keimanan dan Ketaqwaan.
Baca Juga :

One thought on “Inilah Kalimat yang Dibenci Allah, Namun Sering di Ucapkan Lisan

Leave a Reply

Your email address will not be published.