Keadaan Negara India

Maharunnisah/S/EA
Keadaan Negara India
                  India merupakan negara terbesar ketujuh di dunia yang  Terletak di asia selatan dan india yakni rumah dari lebih satu miliar orang. india merupakan  negara yang mempunyai penduduk yang terbesar dan mempunyai bermacam-macam etnik dan budaya dan Merupakan negara demokrasi terbesar. Wilayah india berbatasan dengan enam negara, paling banyak di bab utara  di antaranya dengan myanmar,nepal dan bhutan. 

                  Wilayah india mengelilingi wilayah negara bangladesh pada ketiga sisinya. India juga terlibat perselisihan yang panjang dalam persoalan perbatasan wilayah dengan dua negara tetangga lainnya yaitu pakistan di barat bahari dan cina di utara. Daratan negara ini merupakan  variasi bentang lahan yang menakjubkan, yaitu terdiri dari padang  pasir yang kering, daratan tinggi yang subur dan daratan yang luas. Sebagian besar lahan pegunungan tinggi dan termuda di dunia. Yaitu pegunungan himalaya, membentang di wilayah india  dengan panjang bentangan lebih dari 2.300 km di bab utara , pegunungan himalaya dan perbukitan yang menjadi perbatasan geografis raksasa wilayah negara ini di sebelah utara. Dan bab lahan india ke selatan merupakan semenanjung besar yang merojok masuk ke samudra hindia. Dan di sebelah bahari arab dan di sebelah timur terdapat teluk benggala.
                  Di semenanjung bab selatan umumnya terdiri dari perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 456m- 1.220m,di antaranya pegunungan aravalli,vindhiya, satpura,maikala dan anjata. Di bab timur dan  barat semenanjung ini  terdapat pegunungan ghats barat dan ghats timur, di bab selatan terdapat  bukit nilgiri. Daratan yang tinggi terletak di sudut barat laut  berbatasan dengan lembah gangga dan di sebelah selatan terletak bukit-bukit vhindya(1.219m).
                   Tanaman yang penting di daerah itu yakni gandum dan kapas, dan di bab timur terdapat daratan tinggi  yang banyak mengandung mineral daerah di bab barat dekan yang merupakan plato tanah hitam, banyak di tanami sorgum dan kapas. Di pantai barat merupakan jalur daratan rendah dan jalur lereng tebing yang sempit.  Curah hujan di daerah yang menghadap ke bahari mencapai lebih dari 2500 mm pertahun, tetapi makin ke utara makin kurang semenanjug bagin selatan mendapatkan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.daerah ini di tanami padi, kapas,tebu dan coklat. Dahulu sebagian besar daratan india diliputi hutan, tetapi banyak diantarannya yang sudah bermetamorfosis semak belukar,kIni hanya sekitar seperempat dari seluruh daratanya (sekitar 822.000 km) yang sanggup di golongkan sebagai hutan.
                   Dan pada pokoknya india mengalami dua macam iklim yakni iklim tropis dan subtropis,pergantian animo terjadi sebagai berikut:” animo hambar berlangsung  dari oktober hingga selesai februari, animo panas dari awal  maret hingga pertegahan juni, animo hujan dari pertengahan juni hingga dengan september”.(Gifford clive.1997:29)Curah hujan di pantai barat lebih dari 2.000 mm pertahun.Madras dekan bab selatan  dan bab barat laut  500-1.000 mm pertahun, dan daerah himalaya menerima curah hujan yang sangat besar.
                  Luas areal seluruh hutan india tercatat  sekitar 718.000 km. Hutan terluas terdapat di madhya paradesh( india tengah) yakni sekitar  133.000 km.  Di bab timur dan tenggara  yakni di orissa dan andhra pradesh, masing –masing sekitar  50.000 km. Walaupun yang di namakan hutan yang di sini cukup bervariasi. Hasil hutan terutama kayu, dari tahun ke tahun tidak sama besar. Sejak tahun 1965, produksi kayu pulp india terus mengalami kenaikan yang cukup besar sedangkan kayu papan hanya mengalami kenaikan kecil.bambu, karet, damar,dan rempah-rempah juga penting.
    ”India mempunyai ekonomi yang berada dalam urutan ke-10 dalam konversi mata uang dan ke-4 terbesar dalam PPP”. (Gifford clive.1997:31) Dia mempunyai rekor ekonomi dengan pertumbuhan tercepat sekitar 8% pada 2003. Dikarenakan populasinya yang besar, namun pendapatan per kapita India berdasarkan PPP hanya A$$3.262, berada di urutan ke 125 oleh bank dunia. Cadangan pertukaran absurd India sekitar AS$143 miliar. mumbai merupakan ibu kota finansial negara ini dan juga merupakan rumah dari reserve bank of india dan bursa efek mumbai. Meskipun seperempat dari penduduk India masih hidup di bawah garis kemiskinan, jumlah kelas menegah yang besar telah muncul lantaran cepatnya pertumbuhan dalam industri teknologi informasi.
Ekonomi India dulunya banyak tergantung dari pertanian, namun kini ini hanya menyumbang kurang dari 25% dari PDB.Industri penting lainnya termasuk pertambangan,petroleum,pengasahan berlian, film,tekstil,teknologi informasi, dan kerajianan tangan.kebanyakan daerah industri India berpusat di kota-kota utamanya.Tahun-tahun belakangan ini, India telah muncul sebagai salah satu pemain terbesar dalam” perangkat lunak dan bussines process outsearching , dengan pendapatan sekitar AS$17,2 miliar pada 2004-2005”.
(Gifford clive.1997:34) Dan ada juga banyak industri skala kecil yang meyediakan lapangan kerja yang stabil bagi penduduk di kota kecil dan pedesaan.
Meskipun India hanya mendapatkan sekitar tiga juta pengunjung absurd setiap tahun, pariwisata tetap penting tapi masih sumber pendapatan nasional yang belum berkembang. Pariwisata menyumbangkan 5,3 persen dari PDB India. Partner perdagangan utama India termasuk amerika serikat,jepang, republik rakyat cina, uni emirat arab.
Ekspor utama India termasuk produk pertanian, tekstil, watu berharga dan perhiasan, jasa perangkat lunak dan teknologi, hasil teknik, kimia, dan hasil kulit sedangkan komoditas impornya yakni minyak mentah, mesin, watu berharga, pupuk, kimia. Pada tahun 2004, total ekspor India berjumlah AS$69,18 miliar sedangkan impor sekitar AS$89,33 miliar.
 Hampir tiga seperempat daerah pertanian india di tanami dengan tumbuhan pangan di antaranya seperempat bab padi yang di tanam dan masing-masing memerlukan kondisi tanah dan iklim tertentu, menyerupai suhu rata-rata 24 C dan curah hujan 1.500- 2000 mm sehingga tidak lagi memerlukan pengairan,padi kebanyakan di tanam di daerah- daerah delta di sepanjang pantai timur antara lain di benggala,andhra pradesh, dan tamil nadu, begitu pula di bihar madya pareadesh  dan uttar paradesh Dan ladang gandum  mencakup sepertiga  lahan pertanian india. India sanggup menghasilkan 50 juta ton gandum pertahun, dua pertiga  hasil gandum india diperoleh dari negara-negara abgian madya paradesh. Lahan untuk jowar lebih luas dari pada lahan gandum, tetapi akhirnya jauh lebih rendah.jenis tumbuhan ini banyak di tanam di india tengah dan india selatan yakni di andhra paradesh,mysore, dan madya paradesh, bajra,jagung, ragi, padi juga di tanam di banyak sekali daerah.
Hasil bumi yang di perdagangkan terdiri dari hasil perkebunan besar dan hasil pertanian tradisional. Komoditas utama yakni teh. India sudah mengespor teh sebelum negara ini merdeka dan setelah merdeka daerah penanamanya di perluas, kopi dan karet juga banyak di tanam di india, dan india merupakan salah satu negara penghasil lada terbesar di dunia.  Hasil bumi dari sektor pertanian  tradisional juga banyak meningkat setelah india merdeka,tetapi sementara itu kebutuhan dalam negeri juga meningkat. Sejak tahun 1975 idia menghasilkan 140 juta ton gula pertahun, kapas lebih dari 1 juta ton dan kacang tanah sekitar 7 juta ton. Hampir separuh dari gula itu di hasilkan di uttar pradesh, kapas dan kacang tanah  terutama di daerah antara gujarat dan maharastra di sebelah barat, punjab di utara dan tamil nadu di selatan. Tanaman lain diantaranya kelapa,yute dan mesta.peternakan juga memegang peranan penting dalam perekonomian india.”walaupun orang hindu memuja sapi dan tidak memakan dagingnya.jenis ternak ini memegang peranan penting dalam pertanian, umumnya sapi dan kerbau di mamfaatkan dalam mengolah lahan pertanian”. (Gifford clive.1997:36)
Dan juga tampak pertumbuhan pesat dalam sektor perikanan,terutama dalam bidang perikanan darat. Pada awal tahun 1950 an hasil Ikan tangkapan tercatat sekitar 760.000 ton pertahun, jumlah ini kini telah meningkat menjadi 3,5 juta ton atau hampir  500 persen dan sepertiganya yakni hasil perikanan darat. Pada umumnya ikan yang di jual ke pasar yakni ikan segar, tetapi dengan adannya pabrik pendinginan ikan dan india juga telah menggalakkan budidaya udang Terutama untuk ekspor .
Dan dalam sektor industri india mempunyai dua kelompok industri utama yakni industri tradisional sudah di kembangkan secara lebih berkala di desa-desa, terlebih setelah india merdeka. Produksi terpenting ialah khadi, homogen pakaian yangk di tenun berdasarkan teknik tradisional dan produksi lain dalam bentuk kerja skala kecil ialah mesin jahit, kipas angin,sepeda dan barang-barang kerajinan. Namun bidang industri ini tidak banyak memperlihatkan lapangan kerja tetap, alasannya yakni pekerjaan tersebut banyak dilakukan di dalam unit-unit keluarga di dalam rumah. Dan industri modern menyerupai besi dan baja telah ada semenjak tahun 1911 dengan di bukanya pabrik jamshedpur.
Tiga dekade lalu produksi pabrik ini tercatat sebesar 2,5 juta ton besi dan 1,75 juta ton baja pertahun dan salah satu sasaran repelita india yaitu pengembangan produksi besi dan baja di laksanakan di bhilai,durgapur dan bokaro.dan sektor industri modern lainya juga banyak di kembangkan yaitu industri rekayasa listrik ringan dan berat berkembang pesat salah satunya yakni produksi mesin disel dan mesin jet dan produksi banyak sekali materi kimia juga meningkat tajam menyerupai superfosat contohnya meningkat dari 62.000 ton pada awal 1960 an menjadi 122.000 ton per tahun pada tahun 1970 an. Selain itu industri film india yang biasa di sebut bollywood terus berkembang yang berpusat di mumbay(bombay) setiap tahun industri film india menghasilkan banyak film dan diedarkan di banyak sekali belahan dunia.
Kebanyakan industri-industri  tersebut muncul di dekat-kota yang sebelumnya sudah dikenal sebagai sentra pengepalan banyak sekali komoditas pertanian, menyerupai calcutta, bombay, dan ahmada bad. Belakangan ini kota jamshedpur , yang sebelumnya di kenal sebagai kota industri watu bara dan besi, juga berkembang amat pesat, tempat industri utama kini terletak di bab timur laut, bab barat dan bab selatan india.
Daftar pustaka         
Sumber internet:
Sumber buku:
Clive, Gifford.1997.Ensiclopedia indonesia.Jakarta:Ichtiar gres van hoeve.
Clive, Gifford.1997.Ensiclopedia indonesia seri geografi.Jakarta:Ichtiar gres van hoeve.