Macam-Macam Kelainan Dan Penyakit Pada Tulang Manusia

Macam-macam Kelainan Dan Penyakit Pada Tulang Manusia – Seperti halnya sebuah bangunan yang memerlukan kerangka yang terbuat dari besi untuk sanggup kokoh berdiri, maka insan memerlukan Tulang untuk sanggup kokoh berdiri dan menopang segala kegiatan insan tersebut.
Tulang merupakan penggalan badan yang sangat penting. Fungsi tulang yakni untuk memberi bentuk tubuh. Selain itu, tulang juga berfungsi sebagai alat gerak pasif. Fungsi tulang lainnya yakni untuk melindungi organ vital. Misalnya, tulang tengkorak melindungi otak. Sebagai alat gerak, tulang mempunyai banyak persendian. Misalnya, pada telapak tangan dan lengan tangan.

Ada kalanya tulang mengalami penyakit dan kelainan. Tulang sanggup terkena penyakit berbahaya, menyerupai kanker tulang. Berikut macam-macam penyakit dan kelainan pada tulang:

1. Kelainan pada tulang kaki

Kelainan pada tulang kaki sanggup berupa kaki berbentuk X atau O. Kelainan ini sanggup disebabkan lantaran faktor keturunan. Penyebab lainnya yakni si ibu kurang makan makanan yang mengandung zat kapur dan vitamin D. Kelainan ini sanggup juga disebabkan lantaran si ibu terjatuh ketika hamil.

2. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana tulang menjadi ringkih dan gampang patah. Osteoporosis sanggup dialami pada orang usia lanjut. Osteoporosis sanggup disebabkan oleh adanya gangguan metabolisme pada tulang, yaitu apabila kerja sel yang menghancurkan tulang melebihi kerja sel yang membentuk tulang. Osteoporosis menjadikan tulang menjadi keropos. Gangguan ini sanggup disebabkan oleh penurunan hormon, kurangnya kalsium dan vitamin D.

3. Kanker tulang

Kanker tulang merupakan penyakit akhir adanya pertumbuhan sel abnormal pada tulang. Sel tersebut sanggup tumbuh menjadi jaringan sehingga ukuran kanker menjadi lebih besar. Kanker tulang terdiri dari dua jenis, yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Pada kanker tulang primer, sel kanker berasal dari sel tulang. Pada kanker tulang sekunder, sel kanker berasal dari selain sel tulang.

4. Kelainan tulang punggung

Kelainan tulang punggung merupakan kelainan tulang akhir kebiasaan duduk yang kurang tepat. Kelainan tulang punggung ada 3 jenis, yaitu lordosis, skoliosis dan kifosis.

Lordosis merupakan kelainan dimana tulang belakang melengkung ke depan.
Skoliosis merupakan kelainan dimana tulang belakang melengkung ke samping.
Kifosis merupakan kelainan dimana tulang belakang melengkung ke belakang.

5. Layuh semu

Layuh semu diakibatkan oleh adanya kerusakan pada cakra epifisis akhir dari abses sifilis pada anak masih ada di dalam kandungan. Cakra epifisis merupakan tempat perpanjangan tulang. Kerusakan cakra epifisis sanggup menciptakan tulang menjadi layuh.
Nah, biar kita sanggup terhindar dari penyakit dan kelainan tulang yang telah dipaparkan di atas tadi, maka kita harus sanggup menjaga biar tulang-tulang kita tetap besar lengan berkuasa yakni dengan mengkosumsi Vitamin D, selalu melatih tulang tersebut untuk selalu aktif bekerja serta berperilaku hidup sehat demi mejaga kesehatan yang telah di anugerahkan oleh Yang Mahakuasa SWT… tetap sehat dan tetap semangat…
Terus berkunjung ya, untuk mendapat isu lainnya…