Macam-macam metode pembelajaran dan langkah-langkahnya

Metodologi Pembelajaran dan Macam-macam metode pembelajaran, PintarBaca.Com – Pengertian Metodologi ialah prinsip pengajaran efektif sistematis mengenai cara-cara penyajian informasi dalam kegiatan belajar mengajar dan pendidikan yang dilakukan secara sadar memahaminya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Macam-macam Metode Pembelajaran dan Bentuk Metodologi pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran dan Bentuk-bentuk metodologi pendidikan dalam kegiatan pembelajaran dan pengajaran dalam Diklat sebuah organisasi adalah sebagai berikut :
Metode pengajaran Ceramah
Metode ini dimaksudkan sebagai metode penyajian informasi yang bersifat satu arah dari penceramah kepada peserta.
Metode pengajaran Tanya Jawab
Pada dasarnya metode ini merupakan tindakan lanjut dari metode ceramah. Metode inilah mempunyai maksud ganda, yaitu selain untuk memupuk kabelnya keberanian bagi peserta bukakan pendapat dan juga untuk mengukur tingkat peserta terhadap materi pelatihan sebagai umpan balik.
Metode pembelajaran Diskusi atau Halaqah
Metode pembelajaran ini dipergunakan untuk menampilkan kegiatan bertanya, memberi komentar, memberi pendapat serta memberi argument bagi peserta dalam proses pelatihan.
Metode Pembelajaran Penugasan
Metode ini dipergunakan untuk melatih disiplin peserta dan untuk memperoleh umpan balik tentang pemahaman materi, baik dari hasil latihannya maupun kegiatan menelaah buku. Metode ini dapat berbentuk penugasan membuat resuman sebuah buku atau sebuah kajian dalam ceramah, dan juka membuat laporan hasil pengamatannya, membuat makalah, menyusun usulan proyek, dan lain-lain sebabagainya.
Metode Pembelajaran Bermain Peran
Metode ini dipergunakan untuk membantu peserta menghayati dan mengklasifikasikan teori-teori yang diperolehnya dari arena pelatihan yang telah diikutinya ke dalam praktek di lapangan dalam bentuk permainan peran, misalnya tentang diskusi, persidangan, protokoler, komunikasi dan lain.
Metode Pembelajaran Simulasi
Metode ini digunakan untuk menciptakan suasana tertentu dari kenyataan dalam kehidupan yang sesungguhnya dalam bentuk permainan yang dilakukan peserta, melalui instrumen-instrumen yang telah disiapkan. Permainan ini hendaknya mampu menumbuhkan kesadaran diri, rasa Simpati, perubahan dan kepekaan sikap serta mampu mengembangakan dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilanya dalam aspek-aspek kepemimpinannya, komunikasi, kerjasama, kreativitas, dan tanggung jawab.
Metode Pembelajaran Angket
Adalah pengamatan dalam bentuk pernyataan tertulis.
Metode Pembelajaran Demonstrasi
Adalah mempraktekkan sesuatu yang sudah direncanakan.
Metode Pembelajaran Loka Karya
Adalah diskusi sampai menghasilkan karya nyata.
Metode Pembelajaran Observasi
Adalah pengamatan sesuatu langsung ke lapangan.
Baca Juga :
Cara Mengajar Yang Menyenangkan Dan Tidak Membosankan
3 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.