Macam Macam Rumus Luas Berdiri Datar Beserta Contoh

Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh – Pada pelajaran matematika terdapat kumpulan rumus dalam mencari luas bangkit datar. Bangun datar tersebut ibarat jajar genjang, persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, belah ketupat dan layang layang. Bangun datar tersebut mempunyai rumus yang berbeda dalam mencari luas bangkit tersebut. Adapula bangkit datar yang digabung menjadi satu dan lalu kita disuruh untuk mencari luasnya. Namun akan lebih gampang mengerjakannya apabila kita mengerti rumusnya.

Didalam pengerjaan soal soal bangkit datar ibarat bangkit datar tunggal maupun bangkit datar yang digabung akan lebih gampang apabila kita memahami soal bangkit datar tersebut. Untuk memudahkannya kita juga diberikan rumus serta langkah langkah dalam mengerjakan soal tersebut. Agar kalian semakin paham mengenai bangkit datar tersebut pribadi saja kita simak artikel dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui setiap bangkit datar mempunyai bentuk yang berbeda beda. Dengan kata lain rumus bangkit datar juga akan berbeda antara satu dengan yang lainnya baik itu rumus luas trapesium, rumus luas segitiga (sama sisi, siku siku, sama kaki), belah ketupat, layang layang, persegi, bulat maupun bangkit datar yang lain. Untuk membedakan dan mempelajari Kumpulan rumus luas bangkit datar tersebut maka anda sanggup membaca artikel dibawah ini.

Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh

Sebelum kita mencari tanggapan dari soal luas bangkit datar tersebut, terlebih dahulu kita mengetahui rumus luas bangkit datar. Ada pula soal yang menggabungkan beberapa bangkit datar yang terdiri dari dua bangkit datar atau lebih. Tetapi apabila kita mengetahui kumpula rumus luas tersebut maka kita akan lebih gampang mengerjakannya. Adapun rumus luas bangkit datar tersebut meliputi:
Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh
Rumus Luas Bangun Datar

Setelah mengetahui kumpulan rumus luas bangkit datar diatas, selanjutnya kita akan mengetahui langkah langkah pengerjaan soal luas bangkit datar maupun soal adonan bangkit datar.  Adapun langkah langkahnya sebagai berikut :

  1. Kenali bangkit datar tersebut berbentuk apa, sesudah itu lihat rumus apa yang sempurna untuk bangkit datar tersebut. Untuk soal adonan bangkit datar kita harus melihat terlebih dahulu bangkit datar apa saja yang terdapat dalam soal adonan tersebut. Kemudian rumus yang dipakai dalam soal adonan tersebut bervariasi / adonan dari bangkit datar yang ada.
  2. Jabarkan sisi sisi yang terdapat pada bangkit datar tersebut. Untuk soal adonan bangkit datar pisahkan bangkit bangun datar yang digabung tadi semoga lebih gampang mencari luas masing masing bangkit tersebut.
  3. Cari masing masing ukuran bangkit datar tersebut (sisi sejajar, jari jari, panjang, lebar, alas, dan sebagainya). Ukuran ukuran bangkit  datar tersebut terdapat salah satu ukuran yang disembunyikan. Hal tersebut terjadi semoga kita mencari ukuran tersebut memakai ukuran yang sudah ada. Biasanya ukuran yang tersembunyi tersebut memakai tanda (//, /, =, || ) yang mengambarkan bahwa ukuran tersebut sama panjang.
  4. Setelah melakukan langkah langkah tadi selanjutnya tinggal memakai rumus untuk mencari luas bangkit datar tersebut sesuai dengan soal yang diminta. Untuk soal adonan bangkit datar kita tinggal menjumlahkan atau mengurangi bangkit datar tersebut sesuai soal.

Baca juga : Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar

Contoh Soal Luas Bangun Datar

Setelah memahami rumus bangkit datar serta langkah langkah dalam mengerjakan soal soal bangkit datar tersebut, pribadi saja saya akan memberi beberapa referensi soalnya. Soal tersebut akan lebih gampang apabila kita memahami setiap langkah serta rumus diatas. Adapun referensi soalnya:
1.

Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta ContohPada bangkit jajargenjang ABCD tersebut berapakah luasnya? Dapat kita ketahui AB yakni bantalan jajar genjang dan garis tegak pada jajar genjang yakni tingginya. 
Makara Alas = 3 cm + 6 cm = 9 cm, tinggi = 4 cm.
Luas jajargenjang = bantalan x tinggi = 9 cm x 4 cm = 36 cm²
2. 
Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh
Pada bangkit diatas terdiri dari bangkit datar persegi panjang dan segitiga sama kaki.
Unsur unsur dari persegi panjang :
  1. panjang = 20 cm
  2. lebar = 10 cm
  3. Luas persegi panjang = panjang x lebar = 20 cm x 10 cm = 200 cm²

Unsur Unsur dari segitiga sama kaki
  1. alas = 10 cm + 10 cm = 20 cm
  2. tinggi = 20 cm
  3. Luas segitiga = 1/2 x a x t = 1/2 x 20 x 20 = 200 cm²
Maka Luas adonan bangkit datar tersebut:
Luas persegi panjang + luas segitiga = 200 cm² + 200 cm² = 400 cm²
3.

Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh Macam Macam Rumus Luas Bangun
Datar Beserta Contoh

Pada gambar bulat disamping sanggup diketahui:
Jari jari bulat = 7 cm
π = 3,14 atau 22/7
Luas bulat = πr² = 22/7 x 7²
= 154 cm²

4.

Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh

Pada gambar bangkit adonan diatas terdiri dari persegi panjang dan trapesium.
Unsur unsur dari persegi panjang

  1. panjang = 12 cm (sama dengan sisi pada trapesium)
  2. lebar = 6 cm (sama dengan setengah dari sisi trapesium)
  3. Luas persegi panjang = 12 cm x 6 cm = 72 cm²
Unsur pada trapesium
  1. a1 = 12 cm, a2 = 6 cm (a1 dan a2 merupakan sisi sejajar pada trapesium)
  2. tinggi = 8 cm
  3. Luas trapesium =1/2 (a1+a2) x tinggi = 1/2 (12 + 6) x 8 = 72 cm²
Maka Luas adonan bangkit datar diatas :

Luas persegi panjang + Luas trapesium = 72 cm² + 72 cm² = 144 cm²
5.

Kumpulan Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh

Dari gambar disamping  terdapat bangkit datar ibarat layang layang dan dua buah setengah lingkaran.
Pada layang layang
a. d1 = 4 cm + 2 cm = 6 cm
b. d2 = 3 cm + 3 cm = 6 cm
Luas layang layang
= 1/2x d1 x d2 = 1/2 x 6 cm x 6 cm
= 18 cm²

Pada dua buah setengah bulat (apabila digabung bangkit tersebut menjadi sebuah bulat utuh)
a. jari jari bulat = 1/2 x 5 cm = 2,5 cm
b. π = 3,14 atau 22/7
Luas bulat = πr² =3.14 x (2,5)² = 19,625 cm²

Luas adonan bangkit datar tersebut
= Luas layang layang + luas bulat = 18 cm² + 19,625 cm² = 37,625 cm²

Inilah artikel mengenai kumpulan rumus luas bangkit datar beserta contohnya. Bangun datar memang mempunyai rumus yang berbeda. Namun di dalam mengerjakan soal bangkit datar tunggal maupun adonan akan lebih gampang apabila kita paham dan mengerti rumus serta langkah langkah pengerjaannya. Semoga artikel ini sanggup membantu menegrjakan soal soal bangkit datar tersebut. Terima kasih.