Macam-Macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan

macam virus dan penyakit yang ditimbulkan Macam-macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan
Macam-macam Virus Dan Penyakit Yang Ditimbulkan – Yang Mahakuasa membuat Makhluk-Nya dengan bermacam-macam bentuk, ada yang tepat dan ada juga yang tidak sempurna, ada yang kasat mata, ada pula yang tidak bisa dilihat hanya dengan memakai mata telanjang, ada yang susunannya compleks ada pula yang susunan pembentuk tubuhnya sangat sederhana, itu semua mempunyai arti dan fungsi masing-masing.


Kita beranggapan serangga yaitu makhluk penghuni bumi yang paling banyak, namun bersama-sama ada lagi makhluk yang mempunyai jumlah lebih banyak dari pada serangga, yaitu Virus dan Bakteri. Bicara perihal virus dan kuman mungkin kita membayangkan bagaimana sih bersama-sama bentuk kedua makhluk tersebut, virus dan kuman merupakan makhluk terkecil yang diciptakan oleh Sang Pencipta, dengan susunan badan yang sangat sederhana, badan mereka di bentuk dari protein dan enzim sederhana pula, namun mereka ada yang menguntungkan dan banyak juga yang menimbulkan kerugian bagi manusia.

Berbicara perihal virus dan bakteri, maka kali ini kita akan berbicara mengenai apa itu virus dan macam-macamnya.

Virus yaitu Parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis, Virus bersifat benalu obligat, hal tersebut disebabkan lantaran virus hanya sanggup bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup lantaran virus tidak mempunyai perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam materi pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang dipakai untuk memuat materi genetik maupun protein yang diharapkan dalam daur hidupnya. 

Secara garis besar, virus dibagi menjadi dua bagian, yaitu virus DNA dan virus RNA.

A. VIRUS DNA

Virus DNA yaitu virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai ganda berpilin. Di dalam sel inangnya, DNA pada virus akan mengalamireplikasi menjadi beberapa DNA dan juga akan mengalami transkripsi menjadi mRNA.mRNA akan mengalami translasi untuk menghasilkan protein selubung virus. Masih didalam sel inang, DNA dan protein virus mengkonstruksikan diri menjadi virus – virus baru. mRNA juga akan membentuk enzim penghancur (Lisozim) sehingga sel inang lisis(hancur) dan virus – virus keluar untuk menginfeksi sel inang lainnya. Contoh Virus ini :

1. Papiloma

Menyerang kulit, sanggup menimbulkan kutil, benjolan kulit dan benjol organ dalam serta kanker.


2. Poliloma

Menyerang Kulit dengan timbulnya bercak kemerahan, seringkali menyerang anak-anak.


3. Parvovirus B19

Infeksi parvovirus B19 yaitu penyakit ruam ringan yang disebabkan oleh Parvovirus B19. Penyakit ini juga disebut eritema infectiosum. Hal ini lebih sering terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa. Seseorang biasanya sakit dalam 4 hingga 14 hari kadang kala hingga 20 hari sehabis terinfeksi Parvovirus B19. Sekitar 20% belum dewasa dan orang cukup umur yang terinfeksi virus ini tidak akan mempunyai gejala.


4.Andenovirus

Adenovirus pada insan sanggup menimbulkan benjol terusan pernapasan yang ibarat dengan influenza. Meskipun demikian adenovirus insan yang di inokulasi pada bayi hamster, tikus atau mencit ternyata sanggup menimbulkan kanker. juga sel-sel rodent secara in vitro sanggup dipengaruhi olah virus ini sehingga bersifat ganas.


5. Herpes simpleks I (luka di sekeliling mulut)

Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) yaitu penyebab umum untuk luka-luka demam (cold sore) di sekeliling ekspresi yang sanggup menginfeksikan kawasan ekspresi melalui kekerabatan seks.


6. Herpes simpleks II (perlukaan genital)

Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) biasanya menimbulkan herpes kelamin yang sanggup menimbulkan benjol pada kelamin


7. Varicella zoster

Merupakan Virus penyebab penyakit cacar air


8. Virus Epstein-Barr

Menyebabkan Mononukleusis


9. Cytomegalovirus

Suatu virus yang tergolong keluarga virus herpes yang sanggup menyebar dengan gampang melalui cairan tubuh, ibarat darah, air liur, urin, mani, dan air susu ibu. Hampir semua orang akan terinfeksi oleh virus ini tetapi kondisi ini jarang menimbulkan tanda-tanda lantaran sistem kekebalan badan bisa melawan virus ini. Namun, pada orang-orang yang sistem kekebalan badan yang melemah, ibarat orang yang telah melaksanakan transplantasi organ atau sedang dalam pengobatan kemoterapi, mereka sanggup mengalami gejala, ibarat demam, diare, gangguan penglihatan dan bahkan kejang. Tidak ada pengobatan untuk kondisi ini


10. Vaccinia
11. Roseola
12. Cacar sapi
13. Cacar
14. Bakteriofag
15. Hepatitis B virus
16. Smallpox virus
17. Transfusion Transmitted Virus
18. JC virus (progressive multifocal leukoencephalopathy)
19. Anellovirus
20. Salterprovirus

B. VIRUS RNA

Virus RNA yaitu virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai tunggal atau ganda tidak berpilin. Di dalam sel inangnya, RNA padavirus akan mengalami transkripsi balik menjadi Hibrid RNA-DNA dan akhirnyamembentuk DNA. Selanjutnya DNA virus akan masuk ke inti sel inangnya, menyisip kedalam DNA inangnya. DNA virus akan merusak DNA inangnya dan membentuk mRNA.mRNA akan mengalami translasi untuk menghasilkan protein selubung virus untuk menbentuk virus – virus baru. Contoh Virus ini :

1. HIV AIDS
2. Influenza
3. Virus Hepatitis E
4. Poliovirus
5. Paramyxovirus Paramyxovirus
6. Virus enterik
7. Virus rubella
8. Virus demam kuning
9. Virus ensefalitis
10. Virus tumor RNA
11. DHF (demam berdarah)
12. Rabies
13. Campak
14. Rhinovirus (demam dan pilek)
15. Reovirus (diare)
16. Gondong
17. Rotavirus
18. Enterovirus
19. Hepatovirus
20. Virus ebola

Nah, itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh Virus-virus tersebut, tidak sama dengan Bakteri sekitar 90% jenis virus merugikan pada manusia, jadi jagalah kesehatan, lantaran dengan sistem kekebalan badan yang berpengaruh sanggup mencegah benjol yang disebabkan oleh virus tersebut.