Inilah Manfaat Luar Biasa Siwak Secara Medis

Manfaat Siwak Secara Medis, PintarBaca.Com – Gigi dan Mulut merupakan bagian tubuh yang mendapat perhatian ekstra dari Rasululloh SAW.  Karena Gigi dan Mulut merupakan salah satu modal penting manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya, tidak heran jika gigi beliau diibaratkan oleh para sahabat mulia laksana deretan mutiara yang bersih putih dan rapi.

Manfaat Siwak Secara Medis

Sangat mencengangkan Ahli gigi dari Universitas of north Carolina telah melakukan studi untuk mengetahui hubungan antara kesehatan mulut dan gigi dengan daya ingat. Hasilnya, mereka yang rendah daya ingatnya ternyata mereka mempunyai kesehatan mulut yang buruk.
Penelitian menyatakan bahwa mulut yang tidak sehat bisa mempengaruhi kesehatan jantung,   stroke, diabetes, dan juga penyakit pikun.
Sudah semakin jelas dan dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan kesehatan yang utuh, seseorang harus mempunyai kesehatan mulut yang baik, kata dokter ahli kesehatan mulut dari West Virginia University School of dentistry, mulut dan Gigi ternyata erat kaitanya dengan penyakit yang menyerang organ, jantung ke otak, paru-paru, kulit, tulang dan radang sendi, dan jaringan lunak,
Pantaskah jika Rasulullah Wasallam sangat memperhatikan kebersihan mulut dan Gigi. Beliau membersihkan gigi dan mulut dengan siwak dari bahan sejenis kayu pohon ara.
Dimulai dari permukaan gigi keatas dan kebawah, termasuk bagian belakang,gusi dan rongga mulut serta permukaan lidah,   sesudah itu boleh berkumur kumur.
Hadits Keutamaan Siwak
Rasulullah Shalallahu Bersabda : “Siwak pembersih mulut dan sebab ridhonya Tuhan” – Hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Majah.
Kayu Siwak mengandung bahan-bahan yang sekarang banyak digunakan untuk pasta gigi, karena fungsinya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, contohnya bikarbonat sodium, serabut syliluz, sulfat, kloraid Potassium, kalsium,silikon,garam sulfat dan lain-lain.

Manfaat Siwak Secara Medis untuk Gigi dan Kesehatan

Hasil penelitian ilmiah lembaga penelitian bakteri Universitas Rostok, Jerman Timur tahun 1961 menyatakan ” Bahwa Siwak yang memiliki nama Latin Saludora Persica mengandung zat-zat yang sangat ampuh untuk melawan pembusukan dan efektif membunuh kuman-kuman, memutihkan dan melindungi gigi dari kerapuhan, dapat merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat, pelindung dari penyakit mulut dan mencegah kanker. Selain itu, manfaat siwak juga dapat membuat orang yang memakainya terhindar dari bau mulut.
Cara memakai siwak untuk gosok gigi, sebaiknya jangan terlalu cepat paling tidak selama dua menit.   Bersiwak untuk menggosok gigi, dan membersihkan mulut secara umum ketika bangun tidur berarti kita telah melakukan pencegahan dari serangan penyakit mulut gigi dan gusi.
Ada satu juta bakteri per mili liter keroan yang diambil dari permukaan gigi dan gusi yang siap menyerang mulut kita. Bisa dibayangkan, Berapa banyak bakteri yang bersemayam di dalam mulut kita !
24 Manfaat Siwak
Tangan adalah organ tubuh manusia yang sering kontak dengan banyak hal,   menjaga kebersihannya berarti melindungi diri dari kemungkinan terkena berbagai penyakit, Sedangkan membersihkan gigi dan mulut bermanfaat untuk :

  1. Melindungi mulut dan gigi bau tak sedap,
  2. Mencegah plak dan karang gigi,
  3. Mencegah sariawan dan sakit tenggorokan,
  4. Mencegah gigi berlubang dan radang gusi,
  5. Mencegah gangguan penglihatan,
  6. Mencegah pikun, diabetes stroke dan sakit jantung,
  7. Melipat gandakan pahala
  8. Sholat dua rakaat dengan bersiwak lebih utama dari pada 70 rakaat tanpa siwak.
  9. Karakter Postiif akan terbentuk,
  10. Menjadikan tambah fasih,
  11. Penglihatan menjadi Tambah Tajam
  12. Menjadikan Awet Muda
  13. Gigi Menjadi Putih, tidak begudal
  14. Gusi menjadi lebih kuat
  15. Pencernaan menjadi lebih baik, Dll
  16. Sangat ampuh untuk melawan pembusukan
  17. Efektif membunuh kuman-kuman,
  18. Memutihkan dan melindungi gigi dari kerapuhan,
  19. Dapat merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat,
  20. Mencegah kanker
  21. Menjaga kesehatan jantung,
  22. Terhindar dari stroke,
  23. Terhindar dari diabetes,
  24. Terhindar dari Pikun

Baca Pula : 11 Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Nabi

One thought on “Inilah Manfaat Luar Biasa Siwak Secara Medis

Leave a Reply

Your email address will not be published.