11 Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Nabi

Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Nabi, Pintarbaca.Com Berbaring ke sebelah kanan dan menjadikan tangan kanan sebagai bantal ketika tidur sangat di anjurkan dalam Islam. Jadi,posisi tidur yang paling ideal adalah ke kanan sesuai anjuran nabi, dan ternyata menurut penelitian mutakhir hal itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Nabi

1. Menyelamatkan Otak Sebelah Kiri Dari Bahaya
Otak manusia secara anatomis terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian kanan dan bagian kiri, yang masing-masing darinya berfungsi secara terbalik.
Otak kanan mempersarafi organ tubuh bagian kiri. Sebaliknya otak kiri mempersarafi organ tubuh bagian kanan. Dan sebagian besar manusia beraktivitas dengan menggunakan organ tubuh bagian kanan kecuali yang kidal.
Posisi tidur miring ke kanan membuat otak kiri terhindar dari bahaya akibat sirkulasi yang melambat saat tidur,yaitu meliputi pengendapan bekuan darah, asam sisa oksidasi dan peningkatan kecepatan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah.
Jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang terkena adalah otak bagian kanan dengan akibat kelumpuhan pada organ tubuh sebelah kiri yang peranannya tidak sebanyak organ sebelah kanan.
2. Jantung Tidak Tertindih
Paru-paru sebelah kanan yang lebih besar posisi nya, tidur miring kekanan memungkinkan darah distribusikan secara merata dan berkonsentrasi di bagian dalam tubuh. Hal ini menyebabkan beban aliran darah yang keluar masuk jantung menjadi lebih rendah. Akibatnya denyut jantung menjadi lebih lambat, selain itu tekanan darah juga akan menurun. Dan kualitas tidur menjadi lebih baik.
Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ tubuh lainnya. Hal inilah disebabkan karena posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri.
3. Himpitan Paru-Paru Sebelah Kiri Yang Lebih Kecil Relatif Aman Bagi Hati
Paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil dari sebelah kanan membuat hati tidak tertindih beban berat, sehingga fungsinya tidak terganggu selama seseorang tidur miring ke kanan.
4.  Aman Bagi Jantung
Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak menjadi masalah, karena paru-paru kanan lebih besar. Berbeda halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil. Tentu hal ini sangat tidak baik bagi paru-paru sebelah kiri. Posisi ini juga aman bagi jantung karena pasokan darah dari paru-paru yang masuk ke jantung tidak berlebihan.
5. Mempercepat Jarak Tempuh Makanan Yang Khusus
Tidur dengan posisi miring kanan terbukti membuat jarak tempuh makanan dari perut ke usus lebih cepat, yaitu antara 2,5 sampai 4,5 jam. Sedangkan tidur dengan miring kekiri bisa memakan waktu 5 sampai 8 jam.
6.  Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Nabi Selanjutnya Dapat Melindungi Lambung
Jika diperhatikan lampung manusia seperti tabung yang berbentuk koma, dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap ke sebelah kanan bawah. Jika kita tidur miring ke kiri akan mengganggu proses pengeluaran cimol atau makanan yang telah dicerna oleh lambung, dan bercampur asam lambung yang akibatnya proses pengosongan lambung menjadi lambat. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan akumulasi asam yang efeknya menyebabkan erosi dinding lambung.
Tidur dengan posisi miring ke kanan mencegah cairan usus yang bersifat basa masuk kembali menuju lambung yang kalau itu terjadi bisa mengakibatkan erosi dinding lambung dekat pylorus.
7. Meningkatkan Pengosongan Kandung Empedu Dan Pankreas
Dengan posisi tidur sesuai anjuran rasulullah shallallahu alaihi wasallam yakni tidur miring ke kanan akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Karena aliran cimo yang lancar akan membuat pengeluaran cairan dari kandungan empedu meningkat. Begitu juga pengeluaran getah pankreas akan meningkat yang akhirnya membuat jahatnya saluran pengeluaran.
8. Merangsang Dan Memudahkan Buang Air Besar
Tidur miring ke kanan membuat proses pengisian usus besar sigmoid atau sebelum anus lebih cepat penuh. Dan jika wadah ini sudah penuh, maka akan merangsang gerak usus besar yang diikuti relaksasi oleh otot anus, sehingga buang air besar menjadi lebih mudah dan benar lancar .
9. Mengistirahatkan Kaki Kiri
Kaki kiri cenderung dijadikan tumpuan beban oleh mereka yang bergerak dengan organ tubuh kanan. Akibatnya beban kaki kiri lebih besar dari pada kaki kanan.
Tidur dengan posisi kaki kiri atas miring ke kanan membuat pengosongan vena di kaki kiri lebih cepat, sehingga rasa pegal-pegal yang dirasakannya juga akan cepat hilang.

10. Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Nabi Selanjutnya…

Energi yang dikeluarkan tubuh lebih sedikit untuk proses pencernaan makanan. Karena jarak tempuh yang diperlukan makanan dari perut sampai ke usus relatif lebih cepat, maka secara otomatis energi yang dikeluarkan lebih cepat lebih sedikit untuk mengantarkan makanan itu sampai ke usus.
11. Bangun Lebih Segar Esok Harinya
Sedikitnya energi yang digunakan tubuh ketika kita tidur miring kekanan membuat cadangan energi di dalam tubuh relatif besar, sehingga ketika bangun esok harinya, kita akan merasa lebih segar tidak terasa lelah.
Sedangkan tidur dengan posisi selain miring kekanan tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.
Tidur miring ke kiri membuat jantung dan hati terhimpit paru-paru sebelah kanan yang lebih besar dari sebelah kiri. Kemudian tidur dengan posisi tengkurap bisa membuat sesak nafas, karena tidak terhimpit punggung yang mengakibatkan dada tidak bisa mengembang dan mengempis secara sempurna. Akibatnya ikutannya suplai oksigen dan darah ke seluruh tubuh tidak bisa lancar.
Hal itu bisa memaksa jantung dan otak bekerja ekstra keras. Begitu juga tidur dengan posisi terlentang dapat mengakibatkan terjadinya pernapasan melalui mulut.
Pada mulut tidak didesain untuk bernafas secara baik sebagaimana pernafasan di hidung. Dalam hidung terdapat rambut halus dan cairan mucus atau ingus yang berfungsi sebagai penyaring udara.
Tidur terlentang bisa menyebabkan udara yang masuk melalui mulut menjadi lebih berlebihan. Hal ini disebabkan pembengkakan gusi radang tenggorokan dengkuran. Bernafas melalui mulut menyebabkan lidah tertutup lapisan putih yang menimbulkan bau tidak sedap.
Keterangan di atas merupakan hasil penelitian posisi tidur oleh dokter zakir yang dilaporkan dalam jurnal dibuka tahun 1968 referensi : sehat holistik ala rasulullah oleh Dr. Haji baliantono dan kawan-kawan
Baca Juga : Akhlak Rasulullah dalam menyikapi Kemenangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.