Negara Bahari Dan Agraris

 Indonesia merupakan sebuah negara yang unik Negara Maritim Dan Agraris

Negara Maritim Dan Agraris – Indonesia merupakan sebuah negara yang unik, banyak hal yang mengakibatkan Indonesia menjadi ibarat itu, antara lain, Indonesia merupakan negara Kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia mempunyai budaya yang beragam, Indonesia dianugerahi alam yang subur dan kaya, Indonesia dilintasi oleh garis Khatulistiwa dan Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia.



Indonesia dikenal dengan negara Maritim dan yang dimaksud dengan negara Maritim yaitu Negara yang kawasan teritorial lautnya lebih luas daripada kawasan teritorial daratnya dengan kata lain Negara Maritim yaitu negara yang menyandang predikat Negara Kepulauan. Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim hal ini dikarenakan Negara Indonesia merupakan negara Kepualauan dan 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan dan 1/3 -nya merupakan kawasan daratan.

Konsekuwensi menyandang predikat sebagai negara maritim yaitu Indonesia harus berbagi aktifitas pelayarannya, hal ini lantaran salah satu penunjang perekonomian Indonesia yaitu sektor pelayaran, ini juga didukung oleh letak strategis Negara Indonesia yang berada di kawasan persilangan dunia yang juga menciptakan indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam berbagi laut.

Dalam mengolah dan membangun sumberdaya maritim tersebut diharapkan adanya kearifan lokal. Kata kearifan berasal dari kata pintar yang berarti bijaksana, cerdik, pandai, berilmu, paham, serta mengerti. Kata kearifan juga berarti kebijaksanaan, kecendekiaan. Berdasarkan pengertian tersebut, di sini kearifan lokal diartikan sebagai kecerdikan atau pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat dalam rangka mengelola lingkungan, yaitu pengetahuan yang melahirkan sikap hasil penyesuaian mereka terhadap lingkungan, yang implikasinya yaitu kelestarian dan kelangsungan lingkungan untuk jangka panjang.

Dalam kearifan lokal terkandung pula kebudayaan lokal, hal ini mengakibatkan pembangunan pada daerah-daerah dilarang menghilangkan unsur budaya dari kawasan tersebut. Seharusnya pembangunan di suatu kawasan harus melihat terlebih dahulu kondisi sosial-budayanya, sehingga sanggup mengolah sumber daya dengan baik tanpa merugikan penduduk yang pada kesudahannya akan memajukan perekonomian kawasan dan nasional.

Indonesia ibarat yang telah dijelaskan merupakan negara kemaritiman, dimana kondisi Indonesia yang lebih banyak kawasan perairan dari pada kawasan daratan. Kondisi inilah yang membentuk budaya indonesia menjadi budaya yang lebih merujuk pada budaya kemaritiman, yang masyarakat lebih banyak berprofesi sebagai nelayan pada kawasan pesisir.

Budaya Indonesia sebagai budaya kemaritiman, maka pembangunan yang dilaksanakan di indonesia haruslah berparadigma kemaritiman, dimana maritim menjadi sentra pembangunan bangsa. Hal ini sanggup diwujudkan melalui pembangunan berkelanjutan kemaritiman yang dirancang oleh pemerintahan seperti; penangkapan ikan alami; pelestarian kawasan pesisir, pengolahan energi alam di bawah laut memakai AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), dan penangkaran/ pelestarian biota laut yang dianggap punah, dan membangun pariwisata bahari.

Namun pada kenyataannya banyak penelitian yang mengungkapkan sikap penangkapan ikan pada zaman modern lebih bahagia menangkap ikan memakai peralatan yang sanggup mengakibatkan kerusakan pada kelestarian biota laut, ibarat misalnya Bom yang dipakai oleh para nelayan mempunyai efek destruktif pada kehidupan bawah laut, hal ini disebabkan bom tersebut mengandung zat kimia yang sanggup melumpuhkan biota-biota laut.


B. Negara Agraris

Selain merupakan negara Maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris, yang artinya Negara yang salah satu penunjang perekonomiannya yaitu sektor pertanian, Indonesia merupakan Negara agraris dengan luas lahan yang sangat luas dan keaneka ragaman hayati yang sangat beragam. Hal ini sangat memungkinkan mengakibatkan Negara Indonesia sebagai Negara agraris terbesar di Dunia. Di Negara agraris ibarat Indonesia, pertanian mempunyai bantuan penting baik terhadap perekonomian maupun terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk yang berarti bahwa kebutuhan akan pangan juga semakin meningkat. Selain itu ada tugas pelengkap dari sektor pertanian yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan. sebagian besar penduduknya hidup dari hasil bercocok tanam atau bertani, sehingga pertanian merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam kesejahteraan kehidupan penduduk Indonesia.

Indonesia yaitu negara agraris yang mempunyai keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang tinggi. Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) yaitu segala sesuatu yang muncul secara alami yang sanggup dipakai untuk pemenuhan kebutuhan insan pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, ibarat hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, ibarat minyak bumi, gas alam, banyak sekali jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa insan pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu periode belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diharapkan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara. 

Begitu banyak keunggulan yang dimiliki oleh Negara Indonesia, namun hal tersebut belum mengakibatkan negara Indonesia menjadi negara yang maju
dan besar, masih banyak kemiskinan pada warganya, dan masih banyak sumberdaya alam yang kurang dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintahnya dan masyarakatnya.