Pendidikan Karakter di Indonesia

Pintarbaca.com Pendidikan Karakter adalah keperibadian seseorang yang mulia ditinjau dari sisi moralitas,contohnya kejujuran,dan hal-hal baik dari seseorang yang bersifat tetap. (Pengertian karakter,inti dari kamus psikologi).
Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli
Sebagian Ahli Pendidikan ada yang mengatakan bahwa pendidikan karakter adalah karakteristik yang dimiliki oleh individu tertentu. karakteristik tersebut merupakan sesuatu yang tidak dibuat-buat yang sudah mengakar dalam kepribadian individu tersebut,dan juga merupakan mesin yang menggerakkan dan alat yang mendorong pada perbuatan tindakan,sikap,ucapan serta respon individu tersebut pada sesuatu.
Jadi,Pendidikan karakter adalah usaha/ikhtiar yang sadar dan direncanakan untuk menciptakan keadaan serta proses pemberdayaan kemampuan dan pembudayaan terhadap peserta didik Yang berguna membangun karakter pribadi perorangan atau sebuah komunitas yang unik baik sebagai warga negara.
Pendidikan Karakter Bangsa
Bapak Presiden Pertama Bangsa Indonesia, yaitu Bapak Soekarno beliau menyatakan :
“Bangsa Indonesia ini harus dibangun dg mendahulukan pembangunan karakter ,karena karakter yang terbangun itulah yang akan mewujudkan bangsa Indonesia berkembang menjadi bangsa yang besar, bangsa yang maju,bangsa yang jaya, serta bangsa yang bermartabat. Jika pembangunan karakter ini tidak dilakukan, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuli”

Pendidikan Karakter di Indonesia

Bagi Bangsa dan Negara Indonesia sebetulnya tradisi pendidikan Karakter tidaklah sesuatu yang baru.
Sebab Banyak pendidik di Indonesia sejak awal kemerdekaan, seperti halnya bapak Presiden Soekarno sudah menerpakan pendidikan karakter di indonesia dengan penuh semangat seperti pernyataannya diatas,yang bertujuan untuk membentuk kepribadian bangsa indonesia bersama identitasnya mewujudkannya sebagai bangsa yg berkarakter.
Indonesia saa ini harus sungguh-sungguh didalam melaksanakan program Pendidikan karakter meuju pembangunan karakter,mengingat pembangunan karakter merupakan cita-cita para pendidik indonesia sejak dulu dan untuk membentuk generasi bangsa indonesia yg tangguh, kompetitif, ber-ahlak yang mulia, bermoral, toleran, gotong royong, mimiliki jiwa patriot, berkembang dengan dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan & teknologi yang semua itu di dasari dengan ke iman an dan ke takwa an kepada Allah Yang Maha Esa berlandaskan pancasila.
Karakter yang Hendak di bangun pada anak didik dan bangsa indonesia,antara lain : Agamis Relegius,Kejujuran,Toleran,Kedisiplinan,Kekreatifan,Semangat Kerja,Mandiri,Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi,Cinta Tanah Air Indonesia,Gemar Membaca Buku,Peduli Pada Lingkungan,Bersahabat,Cinta Kedamaian, Menghargai Dan Mencintai Ilmu,Bertanggung Jawab.

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Berkenaan dengan Pendidikan Karakter anak usia dini,Para Pakar Ilmu pendidikan menyepakati bahwa pendidikan karakter itu harus dibentuk sejak usia dini,dimana di masa inilah manusia disebut masa kemasan didalam penanaman ilmu dan karakter.
Menurut ahli penelitian dalam pendidikan,kecerdasan orang dewasa terjadi 50 persennya semenjak masih menjadi anak berumur 4 tahunan,dan selanjutnya meningkat 30 persen pada umur anak 8 tahunan,dan 20 persennya diusia selanjutnya.
Sehingga sangat di anjurkan pendidikan karakter pada anak hendaknya dibentuk mulai dari keluarganya sendiri yg merupakan sebagai lingkungan awal pertumbuhan anak. Dan keluarga adalah lingkungan utama bagi perkembangan dan pendidikan anak-anak. Bahkan Sebenarnya pendidikan seorang anak dimulai dari seorang anak masih di dalam kandungan.karakter ayah dan ibunya sangat dimungkinkan mempengaruhi anak-anaknya.
Catatan Penting : Mendidik karakter anak membutuhkan orang tua dan seorang guru yang berkarakter pula,dalam arti Pendidik mendidik karakter harus dengan pribadi yang berkarakter.
Jadi, kita sebagai pendidik harus bisa menjadi panutan atau istilahnya role model bagi anak-anak ayang merupakan peserta didik.

Pendidikan Karakter di Sekolah

Pendidikan Karakter anak sekolah dan Keberhasilan dalam Implementasi Pendidikan Karakter disekolah dasar,SLTP dan SLTA.
Kesuksesan ide pada pendidikan karakter atau watak mampu dipahami lewat pencapaian penunjukan oleh para siswa/siswi di sekolah yg antara lainnya sebagai berikut :
• Mau beribadah dan Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan siswa siswi; • Memahami kekurangan dan mensyukuri kelebihan yang ada pada dirinya sendiri; • Memiliki sikap percaya diri dalam kebaikan; • Patuh pada norma-norma sosial pada area yang lebih luas; • Memahami dan toleransi pada divertivikasi agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dlm cakupan nasional; • Menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif; • Menunjukkan kemampuan berpikir yang logis, kritis, kreatif, dan inovatif; • Memperlihatkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dg potensi yg dimilikinya; • Menunjukkan kemampuan dalam meneliti dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari; • Mendeskripsikan gejala social dan alam; • Memanfaatkan lingkungan scra tanggung jawab; • Mengaplikasikan nilai-nilai kebersamaan dlm kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, demi mewujudkan persatuan dlm negara kesatuan Republik Indonesia; • Menghargai karya seni budaya Indonesia;
• Menghargai tugas pekerjaan dan mempunyai kemampuan untuk berkarya; • Mengaplikasikan pandangan hidup steril, sehat, sembuh, aman, dan memanfaatkan waktu luang dg baik; • Berkomunikasi dan berinteraksi cara yang efektif dan santun; • Memahami kewajiban dan hak diri sendiri dan orang lain dalam bermasyarakat; • Menghargai perbedaan pendapat; • Menunjukkan kecintaan membaca dan menulis; • Menunjukkan keterampilan dalam berbicara,membaca, dan menulis bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik • Menguasai pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengikuti pendidikan menengah; • Mempunyai vitalitas kewirausahaan.
Dalam lingkungan sekolah, Kriteria keberhasilan dalam mencapai target pendidikan karakter adalah perilaku, tradisi, dan kebiasaan keseharian dipraktikkan oleh semua warga sekolah, dan masyarakat di sekitar sekolah harus berlandaskan nilai-nilai pendidikan karakter diantara keterangan di atas.
Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.