Pendidikan Moral Dan Pendidikan Karakter, Apa Perbedaannya ?

Perbedaan pendidikan moral dengan pendidikan karakter, PintarBaca.Com – Pada dasarnya Pendidikan moral itu digunakan untuk mengajarkan etika,dan yangcenderung pada penyampaian nilai benar atau salah pada suatu tindakan.
Mengingat basis nilai moral  pada umumnya mengacu pada moral agama,masalah mendasar dari pendidikan moral adalah karena ajaran agama bersifat subjektif mengikat kepada pemeluk yang meyakininya, secara substansi,nilai-nilai itu sering dipersempit pada perilaku itu sendiri. karenanya,nilai moral sering sangat artisisial. BACA JUGA ; Pendidikan Karakter di Indonesia

Pendidikan Moral dan Pendidikan Karakter

Penerapan nilai-nilai itu kedalam kehidupan pribadi,keluarga,dan masyarakat tidak mendapat porsi memadai. bahkan pendidikan moral cenderung sangat normatif dan kurang bersinggungan dengan ranah efektif dan psikomotorik anak didik.
Namun demikian,terminologi ini bisa dikatakan sebagai terminiologi tertua dalam menyebut pendidikan yang bertujuan mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan manusia.
Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pada pendidikan moral,karena pendidikan karakter bukan hanya sekedar mengajarkan mana perkara yang benar dan mana perkara yang salah, melainkan menanamkan kebiasaan tentang yang baik.
Sehingga  anak didik jadi memahami,dapat merasakan,dan mau menjalankan tindakan yang baik, perbedaan ini karena moral dan karakter adalah dua hal yang berbeda.
Pendidikan karakter mempunyai arti yang lebih unggul dibanding pendidikan moral,karena bukan sekedar mengatakan mana yang suatu kebenaran dan mana yang merupakan ketidak benaran,melainkan menumbuh kembangkan kebiasaan tentang yang baik, sehingga anak didik jadi memahami,dapat merasakan,dan mau menjalankan yang baik.
Perbedaan ini karena moral dan karakter adalah dua hal yang berbeda. Moral adalah pengetahuan seseorang terhadap hal baik atau buruk. Sedangkan karakter adalah tabiat seseorang yang langsung dirangsang otak.
Dari sudut pandang lain bisa dikatakan bahwa tawaran istilah pendidikan karakter datang sebagai kritik terhadap pendidikan moral selama ini.
Itulah karenanya,terminologi yang ramai dibicarakan saat ini ialah pendidikan karakter dan tidak pendidikan moral.
Walaupun secara substansial, keduanya tidak memiliki perbedaan yang prinsipil. Itulah Pentingnya dari nilai-nilai pendidikan karakter.
Baca : Pentingnya Pendidikan Agama Islam untuk Anak Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published.