Pengertian Dan Referensi Konjungsi Korelatif

Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif Sebelumnya saya telah membahas mengenai pengertian konjungsi berserta jenis jenisnya. Jenis jenis konjungsi tersebut meliputi konjungsi temporal, konjungsi korelatif dan masih banyak lagi. Setiap jenis mempunyai pengertian dan rujukan masing masing. Salah satunya yakni pengertian konjungsi korelatif dan rujukan konjungsi korelatif. Tentunya anda sudah mengenal kata hubung ini bukan? Kata hubung korelatif sudah dipelajari dikala kita dibangku sekolah. Secara garis besar konjungsi atau kata hubung yakni kata yang berkhasiat untuk menghubungkan dua frasa atau lebih. Anda juga harus lebih memahami lebih dalam ihwal konjungsi sebelum menciptakan karya sastra ataupun kalimat kalimat yang mempergunakan konjungsi.

Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif
Contoh konjungsi korelatif

Mungkin anda sudah mengenal apa itu konjungsi. Namun tidak lengkap apabila anda tidak memahami pengertian dan rujukan kata hubungnya masing masing. Seperti pengertian konjungsi korelatif dan rujukan konjungsi korelatif. Konjungsi juga sanggup diartikan sebagai penghubung antara pola pola dalam sebuah kalimat. Konjungsi tersebut sanggup dibagi menjadi tiga bentuk yaitu konjungsi antar kalimat, konjungsi antar paragraf, dan konjungsi antar frasa. Kemudian setiap bentuk tersebut sanggup dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya yakni konjungsi korelatif ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian konjungsi korelatif dan rujukan konjungsi korelatif. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif

Konjungsi korelatif termasuk kedalam jenis konjungsi antar kalimat. Kata hubung tersebut menggabungkan dua frasa atau lebih dengan kedudukan kalimat yang sama. Kalimat yang dihubungkan oleh konjungsi korelatif yakni kalimat kalimat majemuk. Dibawah ini terdapat klarifikasi lengkap dan rinci mengenai pengertian konjungsi korelatif dan rujukan konjungsi korelatif.

Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis, dan Contoh Konjungsi

Pengertian Konjungsi Korelatif

Hal pertama yang akan saya bahas yakni pengertian konjungsi korelatif. Konjungsi korelatif yakni salah satu jenis konjungsi yang menggabungkan dua unsur yang setara, baik berupa kalimat, kata ataupun frasa. Dua unsur yang harus dihubungkan tadi mempunyai sifat bangun sendiri. Konjungsi korelatif sering disamakan dengan konjungsi koordinatif berdasarkan beberapa sumber. Namun adapula perbedaannya yaitu untuk konjungsi korelatif tersusun oleh beberapa adonan kata. Sedangkan untuk konjungsi koordinatif tersusun oleh satu kata saja. Berikut beberapa kata hubung yang tergolong kedalam konjungsi korelatif.
  1. Bukan hanya… melainkan…
  2. Sedemikian rupa… sehingga…
  3. Baik…. maupun…
  4. Tidak hanya… tetapi (juga)…
  5. Jangankan… pun…
  6. Entah… entah…
Dalam pengertian konjungsi korelatif juga meliputi ciri ciri korelatifnya. Dibawah ini terdapat ciri ciri konjungsi korelatif.

  • Konjungsi korelatif tersusun oleh sepasang mata ataupun adonan kata.
  • Konjungsi korelatif bertugas sebagai penghubung antara dua unsur yang setara, baik dalam kalimat, frasa, klausa maupun kata.

Baca juga : 8 Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon

Contoh Konjungsi Korelatif

Setelah membahas mengenai pengertian konjungsi korelatif, selanjutnya saya akan membagikan beberapa rujukan konjungsi korelatif. Berikut rujukan konjungsi korelatif :
  • Baik pagi maupun siang, program ekspo komputer tetap ramai pengunjungnya.
  • Jangankan danau, bahari pun juga sanggup saya sebrangi.
  • Bukan hanya para musisi lokal saja yang mengisi program HUT Malang, melainkan beberapa musisi dari manca negara juga turut serta dalam HUT tersebut.
  • Entah baik entah jelek, saya belum menemukan sumber pedomannya.
  • Pernikahan itu dihias sedemikian rupa, sehingga terkesan lebih sakral dan hitmat.
  • Tidak hanya pihak penuntut yang tiba ke pengadilan, tetapi pihak terdakwa juga datang.
  • Tidak hanya hingga disitu acaranya, masih banyak juga program jadwal selanjutnya yang lebih menarik.
  • Sebuah karya hendaknya bukan hanya dinikmati sendiri tetapi alangkah baiknya orang lain sanggup menikmatinya juga.
  • Jangankan membeli baju, membeli sembako pun saya tidak bisa.
  • Entah siapa yang membuang kuncing itu, entah siapa juga yang tega menelantarkannya.
  • Baik disekolah maupun diluar sekolah, anak anak harus tetap mencar ilmu dengan sungguh sungguh.
  • Pah Hasan memperbaiki rumahnya sedemikian rupa sehingga terlihat semakin megah kolam istana.

Baca juga : Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

  • Tidak hanya prestasi akademiknya yang bagus, prestasi non akademiknya juga bagus.
  • Baik siang maupun malam, lebih nyaman untuk tetap dirumah.
  • Entah siapa yang bersalah, entah siapa juga yang benar pada kasus ukiran tadi.
  • Jangankan hari ini, besuk pun saya mau menemanimu. 
  • Kini, bukan hanya orang remaja yang mengenal gadget, melainkan anak anak juga telah mengenalnya.
Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian konjungsi korelatif dan rujukan konjungsi korelatif. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.