Pengertian Efektivitas dan Efesiensi Pendidikan

Pintarbaca.com, Masalah efektivitas dan efisiensi pendidikan merupakan suatu masalah yang memiliki cakupan yang sangat luas.
Bagaimana proses pendidikan pada umumnya, tujuan dari suatu proses pendidikan itu telah ditetapkan sebelumnya, maka pengukuran efektivitas merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan pengukuran efisien.
Suatu proses pendidikan dinyatakan sangat efektif,karena menghasilkan produk yang optimal dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, tetapi belum tentu efisien apabila di dalam mencapai atau menghasilkan produk yang demikian harus mengerahkan sekian besar input yang tidak seimbang dengan nilai produk yang telah dihasilkan.

Pengertian,masalah efisiensi pendidikan dan solusinya

Istilah efisiensi menggambarkan hubungan antara input dan output, atau juga antara masukan & keluaran. suatu sistem yang efisien ditujukan oleh keluaran yang lebih untuk sumber masukan.
Efisiensi pendidikan artinya mempunyai pertalian antara pemeliharaan sumber-sumber pendidikan yg terbatas maka menjangkau optimalisasi yg tinggi. Dekat anggaran pendidikan, efissiensi cuma bakal ditentukan oleh ketepatan di dalam mendayagunakan budget pendidikan bersama menurunkan prioritas buat faktor-faktor input pendidikan yg bisa memacu pencapaian prestasi menggali ilmu peserta didik.

Pengertian Efektifitas Pendidikan

Menurut arif rahman, Bahwa yang dimaksud dengan efektivitas dalam pendidikan adalah tercapainya maksimalisasi dari tujuan pendidikan dengan pengorbanan yang minimal. Atau tercapainya tujuan pendidikan tanpa ada suatu pemborosan. Sedangkan yang dimaksud dengan efisiensi dalam dunia pendidikan adalah tercapainya tujuan sebuah pendidikan secara memadai dan juga baik. Dengan demikian apabila suatu pendidikan dapat berlangsung secara efektif dan efisien,Berarti tujuan pendidikan yang bisa tercapai dg bagus dan terlaksana tanpa adanya pengorbanan.
Adapun made pidarta menyatakan, bahwa yang dimaksud dengan efektivitasdalam pendidikan adalah upaya untuk mengetahui apakah pekerjaan yang telah dilakukan dapat memberikan hasil pendidikan yang sudah ditentukan. Menurut carpenter bahwa ada prinsip umum dalam menilai efektivitas pendidikan,Yaitu menilai efektivitas adalah berkaitan dengan problem tujuan dan alat proses input untuk menjadi output tujuan atau output harus tepat dengan kriteria. Sistem yang dibandingkan harus sama, kecuali alat pemrosesannya misalnya yang harus sama atau heterogen adalah tingkat pendidikan, kemampuan siswa, sosial ekonomi, dan sebagainya.
Mempertimbangkan semua output utama. Dalam pendidikan yang dikatakan output utama adalah jumlah siswa yang lulus, kualitas lulusan, yang dinilai ketika meluluskan menjaga agar di, kognisi, dan psikomotorik, serta penilaian bersifat kontinu.
Korelasi diharapkan bersifat kausalitas, yaitu korelasi antara cara memproses dengan output harus bersifat kausalitas.Sedangkan yang dimaksud dengan efisiensi dalam pendidikan adalah tercapainya tujuan pendidikan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Masalah Efisiensi Pendidikan dan Solusinya

Ada cara untuk melihat dalam menentukan tingkatan efisiensi dalam pendidikan adalah :
1 Proses pada kegiatan.
Hal ini bisa dilihat langsung dalam bidang pendidikan dan pengajaran dan bisa juga diperiksa dan hasil laporannya seperti pada bidang peneliti penelitian
2 Hasil masing-masing kegiatan
Di dalam dunia pendidikan efektivitas itu merupakan suatu tingkat pencapaian tujuan yakni lulusan pelayanan yang keduanya ada yang bersifat berwujud dapat diukur langsung dan bersifat tidak berwujud tidak biasa diukur langsung.
Efektivitas dicapai melalui upaya meminimasi output dengan target outcome tertentu atau dengan output tertentu dengan target maksimasi, outcome meminimasi output dengan target max image olx com. Sedangkan efisiensi merujuk kepada sejumlah usaha yang telah diperlukan untuk menghasilkan suatu produk sebagaimana yang telah ditetapkan dalam tujuan.
Baca Juga :
Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia ?
Pengertian,Fungsi,Ruang Lingkup dan Urgensi Manajemen Pendidikan
5 Upaya untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Indonesia
Metode Pendidikan Akhlak dalam Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published.