Pengertian Pendidikan, Macam-Macam dan Tujuan Pendidikan

Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu tentang pengertian pendidikan,macam-macam Pendidikan dan Tujuan dari Pendidikan. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari pendidikan. Namun, secara teoritis mungkin kita harus perlu mengetahuinya berdasarkan pengertian dari para filosof dan pakar pendidikan – pintarbaca.com

Pengertian Pendidikan

Pengertian pendidikan, para filsafat dan pakar pendidikan mendefinisikan istilah pendidikan dengan makna yang beragam di antara:
Pendidikan adalah proses dari upaya mempersiapkan manusia untuk mampu menjalani kehidupannya yg sempurna.
Pendidikan adalah upaya mempersiapkan anak manusia untuk melaksanakan berbagai kewajiban-kewajibannya.
Pendidikan adalah peningkatan dari seluruh sendi kesempurnaan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan pada diri manusia.
Sedangkan tujuan utama daripada pendidikan adalah untuk membuat manusia sebagai subjek bagi dirinya sendiri guna meraih kebahagiaan dirinya dan orang lain. Tujuan lain daripada pendidikan Iyalah mencurahkan semua keindahan dan segala kesempurnaan kepada jiwa dan raga manusia. Pendidikan adalah menumbuhkembangkan segala daya upaya manusia, baik secara jasmani, maupun secara rohani akal dan akhlak, dengan kokoh dan seimbang.
Pendidikan adalah ilmu sekaligus seni yang menga mengarahkan anak yang sedang tumbuh kembang menuju kemampuan mencapai 3 tujuan manusia, yaitu tujuan agama, Tujuan sosial serta tujuan bangsa dan negara, dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teladan yang baik.
Macam-Macam Pendidikan
Macam-Macam Pendidikan ada 4 Macam Pendidikan :
1 Pendidikan Akal
2 Pendidikan Akhlak
3 Pendidikan Rasa
4 Pendidikan Jasmani

Pengertian Pendidikan dan Tujuan Pendidikan

Pendidikan Akal
Pendidikan Akal bertujuan utama mencari kebenaran dan mengaplikasikannya. Pendidikan ini terwujud sempurna dengan mempelajari ilmu pengetahuan yang bekerja membentuk dan mengembangkan daya Nalar. Yang mana itu semua bisa diperoleh dengan cara melatih panca indra anak dan memperkuat daya konsentrasi, imajinasi, pikir dan memori tanpa harus memberatkannya.
pengertian dan tujuan pendidikan akhlak
Pendidikan Akhlak
Adapun pengertian dari pendidikan akhlak adalah upaya untuk mengarahkan hasrat yang bebas menuju arah kehormatan dan kebajikan melalui pembiasaan.
Pendidikan akhlak memiliki tujuan utama untuk meraih kebahagiaan dan mengikutinya. Temannya adalah mendidik insting, menumbuhkembangkan emosi yang mulia, memperkuat keinginan yang baik, serta membiasakan tradisi bermanfaat yang menjadikan anak sebagai manusia Luhur. Dan pendidikan akhlak itu lebih merupakan aktivitas rasa daripada aktivitas pikir.
Pendidikan Akhlak itu tidak hanya bertujuan menjadikan manusia berpengetahuan saja, namun juga harus memiliki keinginan dan kepribadian yang kuat. Sehingga bisa dikatakan pendidik pendidikan akhlak lebih merupakan aktivitas rasa daripada aktivitas pikir. Pendidikan ini lebih memerlukan pembaharuan Akhlak , mengulang-ulang nya dan menjadikannya sebagai kebiasaan Sepanjang Hidup.
Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani adalah pendidikan yang memiliki tujuan untuk menumbuh kembangkan badan secara alamiah dan leluasa agar manusia mampu menunaikan kewajibannya terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain. Baca Juga : Pengertian e-Education, Manfaat dan Kelebihan-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.