Pengertian, Manfaat, Dan Cara Berpikir Kritis

Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis – Berpikir kritis kerap dikaitkan dengan analitis dan reflektif. Pada dasarnya pengertian berpikir kritis yakni sebuah proses berpikir dengan tujuan untuk menciptakan keputusan secara rasional untuk tetapkan suatu kasus atau masalah. Di jaman kini ini contoh berpikir kritis sangatlah penting dalam kehipan kita sehari-hari. Cara berpikir kritis ini sanggup membantu insan menuntaskan masalah, kemampuan dalam mengambil keputusan secara selektif dan lain sebagainya.

Pengertian berpikir berdasarkan para jago yakni, berdasarkan Gunawan (2003:177-178) berpikir kritis yakni kemampuan untuk berpikir secara kompleks yang memakai proses diantaranya analisis dan evaluasi. Berpikir kritis juga melibatkan keahlian berpikir induktif (mengenali permasalahan yang bersifat terbuka, mengenali hubungan, bisa menemukan lantaran dan akibat, menciptakan kesimpulan dengan data yang relevan. Selain kealian berpikir induktif juga terdapat keahlian berpikir deduktif yakni kemampuan memecahkan problem spasial, bisa membedakan antara fakta dan opini.

Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis

 Berpikir kritis kerap dikaitkan dengan analitis dan reflektif Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis

Dari pernyataan diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa pengertian berpikir kritis merupakan sebuah contoh pikir yang memungkinkan insan menganalisa problem berdasarkan data yang relevan sehingga sanggup mencari kemungkinan pemecahan problem dan pengambilang keputusan yang terbaik.

Jelas manfaat berpikir kritis sanggup kita rasakan dikala kita sedang dilanda permasalahan yakni:

  1. Berpikir kritis bisa menuntaskan masalah.
  2. Berpikir kritis sanggup membantu dalam pengambilan keputusan.
  3. Berpikir kritis sanggup membedakan antara fakta dan opini.
  4. Berpikir kritis membantu kita untuk tetap hening sekalipun dalam problem yang sulit.

Cara berpikir kritis intinya tiba dari dalam diri seseorang. Mengembangka cara berpikir kritis sanggup membantu seseorang untuk menjadi langsung yang tidak gegabah dala mengambil keputusan maupun mencari penyelesaian suatu masalah. Berikut yakni cara berpikir kritis adalah:

  1. Selalu berpikir dengan kepala dingin.
  2. Tidak mendahulukan emosi dibandingkan logika.
  3. Selalu berpikir wacana segala kemungkinan yang terjadi.
  4. Selalu siap dengan apa yang harus dihadapi dan menanggung resikonya.
  5. Mengambil keputusan berdasarkan data yang faktual dan bersifat fakta.