Pengertian, Rumus, Fungsi Dan Pola Simple Present Tense

Pengertian simple present tense – Selamat bertemu lagi bersama Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli yang termasuk kedalam kategori Teknologi dan Informasi. Pada kesempatan kali ini, mari kita berguru bahasa internasional yang paling banyak dan umum digunakan, yaitu Bahasa Inggris. Dan bahan mata pelajaran Bahasa Inggris yang akan kita bahas pada artikel kali ini ialah wacana simple present tense.

Bagi sebagian siswa, bahasa Inggris ialah salah satu mata pelajaran yang sulit dan cukup untuk menciptakan kepala merasa pusing. Padahal, itu hanya sugesti dari otak kita saja yang menciptakan kita malas mempelajarinya sehingga kitapun sulit untuk sanggup memahami bahasa Inggris. Jadi, sebaiknya mulai dari kini gemarilah bahasa Inggris atau mata pelajaran yang lain yang berdasarkan kau sulit maka kau akan lebih gampang untuk mempelajarinya.
Langsung saja mari kita mulai pembelajaran hari ini, dari mulai pengertian, rumus, fungsi sampai contoh simple present tense.

Pengertian Simple Present Tense

Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Simple Present Tense
Kalimat Simple Present Tense

Simple Present Tense ialah tense yang paling umum dan banyak dipakai baik dalam bentuk goresan pena maupun percakapan dalam bahasa Inggris. Mengapa dikatakan simple? Karena bentuk kalimatnya ialah kalimat yang menyatakan kebiasaan, fakta, maupun kehidupan sehari-hari dan bukan menyatakan sebuah pekerjaan yang sedang dilakukan (continuous tense) atau yang telah dilakukan (perfect & past tense) dan Present berarti kalimatnya merupakan sebuah kebiasaan yang terjadi secara terus menerus atau berulang-ulang. Walaupun dari segi bentuknya yang mudah dan sederhana, masih banyak siswa yang belum paham wacana Simple Present Tense, dan perlu diketahui bahwa mempelajari Simple Present Tense merupakan sebuah hal yang wajib jikalau kau ingin melanjutkan ke tingkat tense berikutnya.

Baca Juga

Rumus Simple Present Tense

Untuk rumusnya, kau hanya perlu menggunakna Verb 1 dimana jikalau dipakai pada orang ketiga (he, she, it) memerlukan pelengkap “S” atau “ES“. Dan rumus untuk kalimat verbalnya adalah

Subject + Verb 1 + Object
Lalu, bagaimana bila bentuk verbnya ialah “be”? Biasanya, jikalau verbnya ialah “be” maka pola kalimatnya sering disebut Nonverbal atau Nominal. Dan rumusnya juga hampr sama walaupun sedikit berbeda, berikut rumus kalimatnya.

Subject + To Be + Object

Nah, sementara berikut dibawah ini ialah rumus keseluruhan simple present tense yang mempunyai kata kerja verbal.

Bentuk Rumus Contoh Kalimat
Positive (+) S + Verb 1 (+S/ES) + O They visit 
Negative (-) S + Don’t/Doesn’t + O She doesn’t love you
Interogative (?) Do/Does + S + O Do you know where is my book?
Sementara dibawah ini ialah rumus kelesuruhan simple present tense apabila bentuk verbnya ialah “be” atau yang biasa disebut nominal

Bentuk Rumus Contoh Kalimat
Positive (+) S + To be + Complement I am here
Negative (-) S + To be not + Complement They are not clever
Interogative (?) To be + S + Complement Is it my book?

Catatan :

  • Dalam penggunaan Simple Present Tense untuk orang ketiga tunggal (he, she it) maka memakai karakter “S” atau “ES” dibelakang verb 1 nya dan untuk kata kerja orang ketiga (do) maka menjadi “DOES” atau “DOESN’T
  • Complement ialah kata sifat (adjective), kata benda (noun) atau kata keterangan (adverb).

Fungsi Simple Present Tense

Setelah mempelajari dan sudah paham bagaimana cara menciptakan Simple Present Tense memakai rumus dari , maka kini saatnya bagi kau untuk mengetahui fungsi dari Simple Present Tense. Berikut dibawah ini ialah beberapa fungsi Simple Present Tense.
1. Untuk menyatakan pendapat, perasaan. dan kepemilikan
Contoh :
  • The books is mine
  • I think this is your pen
2. Untuk memperlihatkan kebenaran yang mutlak

Contoh :
  • The rains fall from the sky
  • A farmer works in the field
3. Untuk memperlihatkan sebuah kebiasaan

Contoh :
  • My father go to his office every morning
  • From Sunday to Saturday is my day to go to school

Contoh Simple Present Tense

Dan pada bab terakhir dari bahan Simple Present Tense pada artikel kali ini, saya akan menawarkan 10 pola kalimat Simple Present Tense beserta artinya yang saya dapatkan dari web Inggris Online.
  1. Working whole day makes my body so tired, I need to take a rest. (Bekerja seharian menciptakan badan saya capek, saya perlu istirahat).
  2. Titanic is one of the biggest movie I ever watch for whole of my life. (Titanic ialah salah satu film terbesar yang pernah saya tonton sepanjang hidupku).
  3. I get scholarship from PT. Djarum, unless I can’t study abroad since I don’t have enough money. (Aku sanggup beasiswa dari PT. Djarum, jikalau tidak saya tidak sanggup kuliah keluar negeri alasannya saya tidak punya uang yang cukup).
  4. He tells me that he will never leave me alone. (Dia memberitahuku bahwa beliau tidak akan meninggalkanku sendiri).
  5. I seldom visit my grand mother in the village. (aku jarang mengunjungi nenekku di kampung)
  6. If the Mr. President doesn’t retire, people will make a bigger demonstration. (Jika president tidak mau mengundurkan diri, masyarakat akan menciptakan demonstrasi yang lebih besar).
  7. Does the swimming pool open at 9 a.m and close at 6 p.m everyday? (Apakah bak renang itu buka jam 9 pagi dan tutup pada pukul 6 sore setiap hari?)
  8. Do your parents usually read newspaper in the morning? (Apakah orang tuamu biasa membaca koran di pagi hari?)
  9. A car will not run if we don’t turn on its machine. (Sebuah kendaraan beroda empat tidak akan jalan jikalau kita tidak menyalakan mesinnya).
  10. Since the battery is empty, the radio doesn’t work well. (Karena baterainya habis, radionya tidak menyala dengan baik)

Latihan Soal Simple Present Tense

Mungkin kau butuh beberapa latihan soal mengenai bahan simple present tense ini semoga kau lebih jago dan menguasainya lagi. Oleh alasannya itu, artikel ini saya update dan kini saya sediakan 5 latihan soal wacana simple present tense.
Silahkan terjemahkan kalimat bahasa Indonesia dibawah ini ke bentuk simple present tense bahasa Inggris
  1. Anas sedang membaca buku wacana pemrograman di perpustakaan.
  2. Fikri biasanya memberi makan kucingnya dua hari sekali
  3. Setiap hari minggu, Raffi selalu mencuci motornya.
  4. Setelah mengerjakan pekerjaan rumah tadi, Andika sangat kecapean dan diapun tidur dengan pulas
  5. Adit sangat lapar sesudah berolahraga, dan kini beliau sedang makan di kantin.
Silahkan kau isi latihan soal diatas dan beritahu balasan kau dikolom komentar ya. Jika ada yang ditanyakan silahkan tanyakan juga dikolom komentar.

Baiklah, saya rasa cukup sudah materi Simple Present Tense kali ini, Semoga sesudah mempelajari dari artikel  ini, kau sudah sanggup mengerjakan soal-soal wacana Simple Present Tense di sekolah dan sanggup menciptakan kalimatnya sendiri.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Inggris hanya di blog . Mohon dikoreksi jikalau ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.