Pengertian, Rumus, Fungsi Dan Tumpuan Simple Past Tense

Pengertian simple past tense – Beberapa waktu yang lalu, blog sudah memberitahu kau bagaimana caranya mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang anti mainstream dan dijamin seru. Selain itu, kau niscaya sudah tahu bahwa sudah mempublikasikan artikel mengenai pengertian dan teladan kalimat simple present tense. Maka sekarang, kita juga akan berguru perihal tense, lebih tepatnya pengertian Simple Past Tense.

 blog  sudah memberitahu kau bagaimana caranya mempelajari bahasa Inggris d Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Simple Past Tense
Materi simple past tense pada mata pelajaran bahasa Inggris saya rasa sudah kau temui pada ketika bersekolah ditingkat SMP (SMP). Bagi kau yang masih belum berguru past tense di sekolah, maka ini ketika yang sempurna biar ketika kau menemui bahan ini kau sudah bisa lebih dulu. Dan bagi kau yang sudah mempelajarinya, tidak salah kan untuk mengulangnya kembali biar semakin ingat.

Pengertian Simple Past Tense

Simple past tense yaitu salah satu tenses dasar yang gampang dipahami. Past tense sendiri merupakan tense yang dipakai untuk memperlihatkan sebuah insiden atau kegiatan yang sudah terjadi dimasa kemudian (lampau) baik insiden tersebut yaitu insiden pendek maupun panjang.

Selain itu, past tense juga bisa dipakai untuk kembali menceritakan insiden satu per satu. Jadi, cocok sekali ketiga dipakai untuk menceritakan masa kemudian baik secara mulut maupun tulisan.

Bagaimana? sudah paham kan apa itu kalimat simple past tense dan kapan waktu yang sempurna untuk menggunakannya? Jika iya, kini mari kita beralih ke rumusnya.

Rumus Simple Past Tense

Rumus simple past tense sendiri tidak jauh berbeda dengan rumus kalimat simple present tense. Jadi, saya rasa bagi kau yang sudah paham betul perihal simple present tense maka tidak akan mendapat kesulitan dalam mempelajari simple past tense.
Langsung saja, berikut ini rumus dari kalimat simple past tense.
S + Verb 2 + Object
Bedanya hanya terletak pada jenis verb yang digunakan. Pada kalimat simple present tense verb yang dipakai yaitu verb 1, sementara pada kalimat simple past tense yaitu verb 2 alasannya yaitu guna memperlihatkan kata kerja yang sudah terjadi pada masa lampau
Perlu kau ketahui juga bahwa ada beberapa perbedaan pada jenis kalimat positif, negatif dan interogatif pada simple past tense.

Verbal

Perhatikan teladan verbal kalimat simple past tense dibawah ini.

Bentuk Contoh Kalimat
Positive (+) I called Fikri
Negative (-) Fikri did not call me
Interogative (?) Did you call me?
Bisa dilihat pada teladan verbal untuk simple past tense diatas bahwa pada kalimat positif, saya memakai verb 2. Namun, kenapa pada kalimat negatif dan interogatifnya masih memakai verb 1 dan memakai kata “Did”?
Karena itu memang sudah hukum English grammarnya. Dimana jikalau pada kalimat negatif dan interogatif sebuah simple past tense, maka memakai verb 1 dan ditambah kata “Did”.
Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan tabel rumus verbal untuk masing-masing kalimat simple past tense dibawah ini.

Bentuk Rumus Contoh Kalimat
Positive (+) S + Verb 2 + O They visited 
Negative (-) S + Didn’t + Verb 1 + O She didn’t come to my house yesterday
Interogative (?) Did + S + Verb 1 + O Did you come to my house yesterday?

Nominal

Sementara untuk bentuk nonverbal atau nominalnya, rumusnya memakai was dan were. Berikut rumus lengkap nominal simple past tensenya.
Bentuk Rumus Contoh Kalimat
Positive (+) S + Was/Were + Complement I was disappointed
Negative (-) S + Was/Were Not + Complement They were not your brother and sister
Interogative (?) Was/Were + S + Complement? Was he in his house?

Tapi, apa perbedaan was dan were? Singkatnya, was hanya dipakai untuk subject I, He, dan She. Sementara were dipakai untuk subject You, We, dan They.

Catatan :
Complement yaitu kata sifat (adjective), kata benda (noun) atau kata keterangan (adverb).

Time Signal Simple Past Tense

Oh ya, coba kau perhatikan pada teladan kalimat interogatif pada tabel diatas. Disitu saya memakai kata “yesterday” Mengapa begitu? Karena sifat kalimatnya yang dipakai untuk meneceritakan masa lalu, maka time signal atau penunjuk waktu juga bisa dipakai pada kalimat simple past tense.

Adapun beberapa time signal yang bisa kau gunakan, berikut contoh-contohnya.

  • Yesterday (kemarin)
  • Last week (minggu lalu)
  • Last year (tahun lalu)
  • A month ago (satu bulan yang lalu)
  • This morning (pagi tadi)
  • Yesterday morning (kemarin pagi)
  • Last night (kemarin malam)
  • An hour ago (1 jam yang lalu)
  • A few minutes ago (beberapa menit yang lalu)
  • In 2002 (pada tahun 2002)
  • The day before yesterday (kemarin lusa)
  • Few days ago (beberapa hari yang lalu)
  • When I was a kid (saat saya masih kecil)
Itu beliau beberapa penunjuk waktu atau time signal yang bisa kau gunakan.

Fungsi Simple Past Tense

Kamu sudah pahamkan bagaimana cara menciptakan kalimat simple past tense dan bisa membedakannya dengan kalimat simple present tense? Saya rasa sudah alasannya yaitu klarifikasi diatas sudah cukup lengkap untuk memahaminya.

Baca Juga

Maka kini saatnya kau harus mengetahui apa fungsi dari kalimat simple past tense ini? Untuk apa ia digunakan? Simak klarifikasi lengkapnya dibawah ini.

1. Untuk menyatakan insiden yang terjadi di masa lalu. Ini yaitu fungsi utama dari kalimat simple past tense mengingat namanya juga mengandung kata “past” yang berarti lampau.

Contoh :

  • I saw a stranger in front of my house yesterday (saya melihat seseorang yang tidak dikenal di depan rumahku kemarin)
  • He did not wash his pet last week (dia tidak memandikan peliharannya ahad lalu)
  • Did you have your breakfast this morning? (apakah kau sudah memakan sarapanmu pagi tadi?)

2. Untuk menyatakan beberapa kegiatan atau acara sekaligus yang terjadi di masa lalu. Selain bisa dipakai untuk menyatakan 1 insiden yang terjadi di masa lampau saja, simple past tense juga bisa dipakai untuk menyatakan bahkan beberapa insiden sekaligus.

Contoh :

  • She arrived from the airport at 07.00 Am, checked into the hotel at 08.00 Am, and met the others at 09.00 Am. (dia datang di bandara jam 7 pagi, kemudian mengecek hotel jam 8 dan menemui temannya pada jam 9)
  • I finished work, walked to the park, and found a nice place to have a cup of coffee. (aku sudah menuntaskan tugasku, berjalan menuju taman dan menemukan daerah yang nyaman untuk menikmati segelas kopi)
  • Did you add flour, pour in the milk, and then eggs? (apakah kau sudah menambahkan tepung, kemudian menuangkan susu, dan memasukkan telur?)

3. Menceritakan acara yang sudah terjadi semenjak beberapa waktu yang lama, biasanya tahunan.

Contoh :

  • I lived in Karawang for two years. (aku sudah tinggal di Karawang semenjak dua tahun yang lalu)
  • Fikri studied English for three years. (Fikri mempelajari bahasa Inggris semenjak tiga tahun yang lalu)

4. Menyatakan sebuah kegiatan yang menjadi kebiasaan dan sudah berakhir di masa lampau. Fungsi ini seakan-akan sekali dengan “Used to”. Untuk memakai fungsi ini, biasanya ditambahkan keterangan waktu.

Contoh :

  • She loved me when I was a kid. (dia mengasihi saya ketika saya masih kecil)
  • When I was in anabawang high school, I worked at a shop. (pada ketika sekolah di SMP, saya bekerja di sebuah toko)

5. Untuk menyatakan sebuah kebiasaan yang terjadi pada masa lampau, namun sudah tidak terjadi lagi sekarang.

Contoh :

  • She did not like me before. (dia tidak menyukaiku sebelumnya)
  • He was shy as a child, but now he is easy going (dia aib bersosialisasi ketika masih anak-anak, tetapi kini beliau yaitu orang yang gampang berbaur)

Demikian semua fungsi dari sebuah kalimat simple past tense. Kamu bisa mempraktekan salah satunya.

Latihan Soal Simple Past Tense

Saya rasa kini kau sudah paham dengan kalimat simple past tense secara keseluruhan alasannya yaitu kita sudah berhasil mempelajari mulai dari pengertian, rumus, sampai fungsinya. Maka kini saatnya saya menawarkan latihan soal.

Berikut 5 soal simple past tense yang harus kau translate atau kau ubah ke bahasa Inggris.

  1. Saya sudah tinggal disini semenjak saya masih berumur 5 tahun
  2. Apakah kau sudah mengerjakan tugasmu kemarin?
  3. Dia kehilangan pacarnya ahad lalu
  4. Kamu seharusnya menawarkan makan kepada peliharaanmu tadi malam
  5. Aku telah mengirim pesan teks kepada Fikri

Silahkan kau jawab kelima soal diatas di kolom komentar ya.

Demikianlah klarifikasi lengkap perihal bahan simple past tense, mulai dari pengertian simple past tense, dan bonus 5 teladan soal simple past tense untuk mengasah kemampuan kamu.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Inggris hanya di blog . Mohon dikoreksi jikalau ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.