Pengertian,Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pendidikan

Evaluasi Pendidikan pada dasarnya merupakan pengamatan dan penilaian yang dilakukan secara sadar dan terencana terhadap proses pelatihan sebagai usaha perbaikan pelatihan itu sendiri titik evaluasi pendidikan dan pelatihan dimaksudkan sebagai upaya dan usaha untuk memperolwh gambaran yang mendekati kebenaran dari hasil pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan dengan menggunakan pengukuran dan perkembangan titik evaluasi itu perlu dilakukan oleh dan terhadap setiap orang yang ada hubungannya dengan proses pendidikan.
Penilaian terhadap peserta merupakan hal yang paling penting dalam proses pelatihan, karena selain mempunyai hubungan dan pengaruh atau perbaikan kualitas peserta koma evaluasi erat hubungannya dengan keberhasilan pendidikan, peranan pelatihan dan metode yang digunakan atau peralatan yang tersedia serta pelaksanaan kegiatan pendidikan dan latihan.

Bentuk evaluasi

Bentuk-bentuk evaluasi yang dilakukan dalam proses pendidikan dan latihan adalah sebagai berikut “

Formatif

yaitu evaluasi yang dikembangkan pada setiap bentuk dan jenjang pendidikan dan latihan terhadap setiap aspek pendidikan dan latihan terhadap setiap aspek kehidupan untuk mengetahui penyimpangan penyimpangan yang telah terjadi, sehingga dimungkinkan bisa diperbaiki sesuai dengan tujuan setiap bentuk dan jenjang pendidikan.

Sumatif

Merupakan evaluasi yang dikembangkan setelah jenjang waktu tertentu terhadap keseluruhan sistem pendidikan dan latihan kader untuk mengetahui hatinya pada setiap kader maupun pengaruhnya terhadap mekanisme organisasi. Dalam setiap bentuk dan jenjang pendidikan melakukan evaluasi untuk memperoleh Janjang pendidikan dilakukan evaluasi untuk memperoleh gambaran Setiap proses belajar terhadap komponen yang terlibat dalam sistem pendidikan dan latihan,yang terdiri dari evaluasi dari segi objek berupa evaluasi individu, evaluasi kelompok, evaluasi kelas dan evaluasi dari  waktu.

Instrumen evaluasi, instrumen atau alat evaluasi dalam pelatihan adalah sebagai berikut :

Lembar evaluasi, 

yaitu kertas yang berupa isian evaluasi mengenai setiap komponen pelatihan yang dinilai secara kuantitatif, dengan memberikan angka pada setiap komponen pelatihan tersebut.

Quisioner

Yaitu instrumen evaluasi dengan daftar pertanyaan baik terbuka maupun tertutup mengenai seluruh komponen pelatihan yang bersifat kualitatif.

Wawancara

Yaitu instrumen evaluasi yang menggunakan daftar pertanyaan dan dilakukan secara lisan terhadap peserta yang bersifat Individual, untuk mengetahui respon peserta tentang segala hal yang berkaitan dengan pelatihan.

Observasi

Yaitu instrumen evaluasi yang berbentuk pengamatan yang bersifat kualitatif, dilakukan oleh pelatih pada setiap saat dan meliputi aspek segala yang berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan.

Survey

Yaitu instrumen evaluasi yang berbentuk pengamatan yang bersifat kuantitatif ataupun tanpa menyebarkan daftar pertanyaan kepada peserta menga berbagai aspek pelatihan.

LANJUTAN EVALUASI PENDIDIKAN………

Latihan adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan setelah kegiatan pelatihan berakhir, untuk mencapai dan mengetahui lebih lanjut perkembangan peserta pasca pelatihan sebagai bagian dari sistem latihan yang menentukan keberhasilan. Baca Juga pengertian pendidikan,macam-macamnya dan Tujuan dari Pendidikan