Perkembangan Belanda Pada Kala Ke-17

SITI HARTINI/ PE
BELANDA, kerajaan konstion al di Eropa barat, di sebelah utara berbatasan dengan L.utara,di sebelah selatan dengan belgia, di sebelah barat dengan L.utara dan di sebelah timur dengan jerman.FISIOGRAFI, lebih dari separuh belanda berada dibawah permukaan bahari pasang atau permukaan air S. Rijn, S.maas, dan S.Schelde. semoga negeri ini tidak tergenang, di aneka macam  tempat di bangkit instalasi pompa dan tanggul. Orang belanda telah membentuk daratan dari bahari selama lebih dari 1.000 tahun. Tanggul-tanggultelah di bangkit pada masa ke-7 atau ke-8 dengan menghubungkan terpen(tanah tinggi) atau menyangga bukit” pasir pantai, sehingga menjadi pelindung terhadap air laut.pintu air sederhana telah di bangkit pada abad
ke-11, dan pada masa ke-16 telah di bangkit sistem pembuangan air yang rumit dengan tanggul-tanggulnya. Kincr angin pertama kali di gunakan untuk memompa air ke bahari pada masa ke-15. Pada masa ke-17 kincir angin sudah sanggup di pergunaka di mana-mana lantaran masa itu merupakan masa kemakmuran bagi blanda.
Pada bulan januari 1953,terjadi banjir air bahari yang menybabkan 1.835 mati karam dan merusak 166.000 ha tanah . oleh lantaran itu di buat lagi sebuah pembangunan yang lebih besar Delta plan. Untuk menghubungkan amsterdam dengan L.utara, di gali noorzeekanaa. Kanaal mempunyai pintu air  terbesar di dunia dan sanggup dilayari kapal-kapal. Merwede kanaal menghubungkan amsterdam dengan S. Waal. Amsterdam rijn kanaal menghubungkan Utrecht dengan Tiel. Kanal-kanal gres sebagian kecil dari seluruh saluran air yang mlang-melntang di seluruh blanda. Sejak tahun 1200 blanda elah mereklamasi 800.000 hatanah di laut, tetapi sekitar 500.000 ha telah rusak terendam air kembali. Sebagian orang blanda bimbang untuk mereklamsi tanah lebih jauh. Pada tahun 1973, penyelesaian reklamasi markerwaar polder di Ijsselmeer dipertannyakan,dan pada demam isu semi tahun 1974, pennyelesaian tingkat simpulan dari delta plan, yaitu penutupan Teluk Schelde timur.
Iklim, blanda mempunyai iklim bahari yang lunak pada demam isu dan cukup hangat pada demam isu panas. Suhu rata-rata 10 C setiap tahun, dengan suhu rata-rata 0-1 C pada bulan januari dan sekitar 19 C pada bulan juli. Flora dan fauna hanya sedikit yang tersisa dari tanah gambut, rawa-rawa, dan hutan orisinil di blanda. Rawa gmbut yang luas hanya trdapa di tengah Drenthe dan daerah raw peel.fauna di belanda sangatbnyak di pengaruhi oleh perjuangan manusi , luak, burung elang, udang sungai, dan kura-kura rawa telah punah. Penduduk blanda di perkirakan berjumlah 15.163.000 pada wilayah seluas 41.863 km. Ini berarti pada setiap km dihuni rata-rata 362 jiwa. Dengan demikian blanda termasuk dalam negara terpadat di negara.lebih dari 46% penduduk penghuni daerah amsterdam, haarlem, s-Gravenhage, rotterdam, dan utrecht.
Orang belanda terdiri atas tiga suku bangsa, fries di penggalan barta laut, saksis di penggalan utara dan timur laut, dan frankis di penggalan selatan. Selain orang blanda (96%), di negeri ini hidup sejumlah orang turki,maroko,jerman, dan lain-lain. Bahasa blanda merupkan bahasa german merupakan klompok dari bahasa indo eropa. Agama mempunyai peranan penting dalam kehidupan bangsa blanda dan berkaitan bersahabat dalam partai-partai politik, pendidikan, buruh, dan kesehatan. Umat beragama di negeri ini terdiri atas katolik roma, gereja reformasi, dan dogma lain.
Pemerintah belanda di bagi menjadi dua provinsi. Bentuk negara dalam bentu monarkikonstitusional, dengan ratu dari dinasti oranje sebagian dari kepala negara. Kekuasaan direktur diselenggarakan oleh kabinet. Ekonomi belanda memilki banyak sember materi mentah bagi keperluan industri. Industri di negeri ini yaitu industri pemrosesan lantaran itu materi mentah harus di impor. Sumberdaya alam di Limburg terdapat sejumlah tambang kerikil bara yang mempunyai peralatan yang paling muktahir. Ladang-ladang minyak bumi telah di usahakan, khususnya di penggalan timur laut. Rotterdam mempunyai kilang miyak dan proyek petrokimia. Pertanian budidaya belanda hanya sekitar 28% dari seluruh daerah blanda. Pertanian di negeri ini menghasilkan padi-padian syayur-mayur, bunga, bit gula, kentang, rami, biji-bijian penghasil minyak nabati,rempah-rempah dan lain-lain. Industri pabrik baja di Velsen-IJ muiden tergolong yang paling produktif baja kasar. Selain itu di produksi juga baja pelat, pipa besi cor, dan lain-lain. Perdagangan, komoditas ekspor utama dari Belanda yaitu barang-barang listrik dan logam, hasil pertanian dan bahan-bahan pangan lainnya, materi kimia,mesin dan alat-alat transportasi,serta minyak mentah. Mitra utama dagang utama negara
Belanda yaitu negara-negara ME dan Amerika Serikat. Transportasi lokasi yang strategis, Belanda memainankan peranan penting dalam transportasi internasional, khususnya bagi negara-negara ME yang mengadakan perdagangan lewat Rotterdam dan pelabuhan lainnya di blanda. Sejarah Belanda mula-mula di masuki suku-suku Germania, lalu negeri ini ditaklukan oleh bangsa Romawi, Prancis pada massa Charlemagne atau karel Agung , Habsburg, dan Spanyol . tanggapan penindasan yang di lakukan raja Spanyol, Philip II, suatu pemberontakan meletus di bawah pimpinanan William van Orange.
Daftar Pustaka
Ensiklopedi indonesia geografi drs. Rachmat bratamidjaja. Ahli geografi, drs. Dutjipto. Ahli geografi.