Sejarah Perkembangan Kurikulum dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia dari dulu Sampai Sekarang dinilai belum memenuhi standar mutu yang jelas dan mantap, sehingga berulang kali kurikulum di rubah untuk mendapatkan mutu pendidikan yang sesuai diharapkan dan berikut : pintarbaca.com, mencoba menceritakan sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia dari dulu Sampai Sekarang secara singkat.
Kurikulum pendidikan di tanah air sejak masa kemerdekaan sampai sekarang dalam perjalanan sejarah.
Mulai dari tahun 1945 Masehi, kurikulum pendidikan di indonesia telah mengalami perubahan sebanyak 10 kali. Perubahan tersebut termasuk konsekuensi yaang logis dari sebab adanya perubahan pada sistem politik, sosial budaya ekonomi, serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat.
Kedudukan Kurikulum hanya sebagai perangkat dalam rencana pendidikan yang perlu berkembang dan berubah secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi.

Perkembangan Kurikulum di Indonesia dari Masa ke Masa

Tercatat kurikulum pendidikan di Indonesia sudah mengalami perubahan sejak tahun 1947 perubahan itu terus terjadi hingga saat ini, kurikulum sebagai standar kompetensi lulusan dirancang berdasarkan landasan yang sama yaitu Pancasila dan undang-undang Dasar 1945.
Perbedaannya adalah pada penekanan pokok dari tujuan pendidikan, serta pendekatan dalam merealisasikannya. Awal kurikulum terbentuk pada tahun 1947 diberi nama rencana pembelajaran 1947. Kurikulum ini pada saat itu meneruskan kurikulum yang sudah digunakan oleh Belanda, karena pada saat itu masih dalam proses perjuangan merebut kemerdekaan, yang menjadi ciri utama kurikulum ini adalah lebih menekankan pada pembentukan karakter manusia yang berdaulat dan sejajar dengan bangsa lain . Kurikulum ini kemudian disempurnakan kembali di tahun 1952 dengan lebih merinci setiap mata pelajaran yang disebut rencana pelajaran terurai 1952.  Baca Juga Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD]

Perubahan kurikulum dari tahun ke tahun sampai 2013

Di penghujung era Presiden Soekarno muncul rencana pendidikan 1964 atau kurikulum 1964 kurikulum ini fokus pada pengembangan daya cipta, rasa, Karsa karya dan moral atau yang lebih dikenal dengan istilah pancawardhana .
Kurikulum ini kemudian diperbaharui kembali Dengan hadirnya kurikulum 1968 yang memiliki perubahan struktur kurikulum pendidikan dari pancawardhana menjadi pembinaan jiwa Pancasila, pengetahuan dasar dan kecakapan khusus di tahun 1984 . Kurikulum pendidikan nasional beralih ke sistem cbsa atau cara belajar siswa aktif .
Konsep-konsep yang dipelajari siswa harus didasarkan pada pengertian baru kemudian diberikan latihan setelah siswa mengerti tahun 1994 terjadi perubahan kurikulum yang menonjol dalam kurikulum ini ada pembagian tahapan pelajaran di sekolah dengan sistem Catur wulan, sistem ini menekankan materi pelajaran yang cukup padat dan berorientasi kepada materi pelajaran.
Kurikulum Pendidikan 1994
Kurikulum 1994 bersifat populis dengan memberlakukan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia di tahun 2004 pemerintah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi atau KBK. Kurikulum ini menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal, penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi.
Kurikulum Pendidikan 2004
Kurikulum 2004 selanjutnya berkembang menjadi kurikulum 2006 yang disebut KTSP atau kurikulum tingkat satuan pendidikan. Secara substansial KTSP lebih mengimplementasikan regulasi yang ada yaitu PP nomor 19 tahun 2005, akan tetapi SMP isi dan arah pengembangan pembelajaran tetap masih bercirikan tercapainya paket-paket kompetensi.
Kurikulum Pendidikan 2013
Dan yang terbaru adalah kurikulum tahun 2013, Namun kurikulum ini masih dalam pembahasan lebih lanjut agar bisa diterapkan pada akhir tahun 2015 dengan perubahan yang telah disesuaikan. Kini pendidikan Indonesia menggunakan kurikulum ganda yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013, diharapkan kondisi ini tidak berlangsung lama sehingga pendidikan di Indonesia bisa menggunakan kurikulum yang baru yang bisa meningkatkan mutu pendidikan nasional. Itulah Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sampai Kurikulum 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.