Rahasia Kekuatan Pikiran Menuju Indonesia Maju

Kekuatan pikiranSecara nalar kita ditambah dengan catatan sejarah yang ada, Bahwa orang berilmu itu selalu mendapatkan kedudukan sosial yang lebih tinggi dan penting. Makin tinggi Ilmu yang disandang dan dimiliki seseorang, maka makin tinggi dan penting pula kedudukan sosialnya di masyarakat atau lingkungan hidupnya. Sebaliknya, jika makin maju dan modern suatu masyarakat, maka makin memberi peluang bagi warganya untuk meraih ilmu dan kedudukan yang lebih tinggi juga.
Sebagai suatu sistem, selain berpeluang mendatangkan hal-hal yang positif bagi kehidupan bersama, Ilmu juga berpeluang mendatangkan hal-hal yang negatif, merusak dan memperbudak manusia, yang semula menjadi penemu dan pemiliknya. Kekuatan dan kemampuan ilmu bisa lebih cepat dan lebih dahsyat daripada perkembangan pemikiran penciptaannya. Tidak jarang manusia yang menciptakannya terkejut dan terheran-heran menyaksikan dampak atau implikasi dari temuannya.
Salah seorang tokoh yang menyusun buku kerajaan pikiran atau Empires of Mind, mengatakan bahwa sesungguhnya

Pengetahuan adalah sama dengan Kekuasaan.

Persoalan dan pertanyaannya dalam hal ini :

Sistem pendidikan yang bagaimanakah yang mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang ilmuwan, cendekiawan, dan produktif dalam penemuan baru yang banyak manfaatnya, tetapi tetap menjadikan ilmunya sebagai suatu sistem yang mengabdi kepada kehidupan bersama dan kepada nilai-nilai kemanusiaan serta ketulusan dalam menebarkan kebaikan dan kemanfaatan terhadap sesama  ?  
Wawasan akademik yang bagaimana yang harus kita kembangkan dalam sistem pendidikan kita,agar menjadikan negara maju dan bermartabat di kancah dunia ?
 

KEKUATAN PIKIRAN

Pertanyaan-pertanyaan diatas sangat penting untuk diperhatikan dan dijadikan sebagai cita-cita bagi semua elemen bangsa yang nantinya bisa terealisasikan menuju indonesia jaya dan sejahtera.
Jagan sampai bangsa ini berhenti perkembangannya,sumber daya manusianya makin haris semakin terbelakang saja,harusnya pendidikan di indonesia mampu menggerakan laju kemajauan bangsa yang kaya sumber daya alamnya ini,dari segi wawasan,keterampilan,kecakapan bekerja dan banyaknya lapangan pekerjaan dengan penemuan-penemuan baru yang dibutuhkan oeleh banyak manusia di dunia,sehingga pada akhirnya menjadi bangsa dan negara yang benar-benar bermoral,berdedikasi,pandai mengelola sumber daya alamnya sendiri dan mampu bersaing di pasar global dan pada kahirnya menjadi negara yang martabat dan disegani seluruh negara di dunia.