Realitas Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Realitas pendidikan agama islam pada saat ini, telah banyak mengalami perubahan pengembangan pada institusi pendidikan islam.

pendidikan agama, meskipun dalam pelaksanaan kurikulum di dalam sekolah hanya menyangkut satu aspek mata pelajaran pendidikan agama, namun memiliki fungsi yang sangat bernilai jikat dihubungkan dengan fungsi pendidikan sebagai usaha untuk menanam nilai-nilai pembentukan karakter dan kepribadian anak didik.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Setidaknya ada tiga hal sebagai pilar utama dan penting pada kurikulum pendidikan agama yaitu keimanan, ibadah, dan akhlak.

Disadari atau tidak pendidikan agama melalui berbagai institusi baik formal maupun nonformal belum maksimal dalam mewujudkan hasil sesuai yang diharapkan, pendidikan agama secara formal sering menjadi sasaran atas gagalnya tujuan pendidikan agama tersebut detik karena posisi pendidikan agama di sekolah atau perguruan tinggi dianggap paling berpengaruh dalam mendidik peserta didik .

keberadaan globalisasi tentunya memiliki dampak negatf yang serius ,sehingga pendidikan mempunyai tugas yang cukup berat,selain menyiapkan anak-anak didik untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmuteknologi dan ilmu pengetahuan,diharapkan pendidikan juga mampu meningkatkan iman dan ketakwaan kepada tuhan yang maha pencipta,sebagai cara untuk mengantisipasi efek negatif dari pada kemajuan dan perkembangan ilmu teknologi dan pengetahuan.

sejak manusia menuntut kemajuan dan kehidupan, maka sejak saat itu timbul gagasan untuk melakukan pengalihan, pelestarian, dan pengembangan kebudayaan melalui tarian dan melalui pendidikan pula kebudayaan dikembangkan. Maka dari itu dalam sejarah pertumbuhan masyarakat, pendidikan senantiasa menjadi perhatian yang paling utama dalam memajukan kehidupan generasi demi generasi sejalan dengan tuntutan kemajuan masyarakat. Oleh karena itu reformasi pendidikan agama islam adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi.