Sejarah Filipina Dari Pendudukan Spanyol Hingga Rezim Marcos

SRI OKTAVIANI / SAT

Wilayah Filipina terletak di asia tenggara yang terdiri atas 7.107 pulau besar maupun kecil. Namun sedikit pulau yang sudah dihuni. Dua pulau besar yaitu luzon di sebelah utar dan mindanao di sebelah selatan. Sebenarnya pulau-pulau ini yaitu serpihan dari pegunungan vulkanik yang sebagian puncaknya berada di bawah permukaan laut. Gunung Apo setinggi 2.954  M di pulau Mindanao yaitu puncak tertinggi di negara ini. Filipina menempati wilayah tropis dengan iklim yang panas dan berair sepanjang tahun. Satu tahun rata-rata mencapai 27derajat celcius, sedangkan curah hujan tahun rata-rata 2.030 MM.  Luas wilayah Filipina meliputi 300.000 km2. kawasan ini pertama kali ditemukan oleh seorang spanyol berjulukan Ferdinand Magelan yang berlabuh di pulau Homonhon di tenggara Samar pada tanggal 16 Maret tahun 1521.



Penduduk filipina terdiri atas lebih dari 100 kelompok etnik yang bermacam-macam bahasa dan dialek. Bahasa resmi negara filipina yaitu (Tagalog). Sementara bahasa Inggris dipakai secara luas dalam komunikasi bisnis dan pemerintahan.{1}
Lebih dari 80% penduduk filipina beragama katolik Roma. Dan agama Kristen Roma menjadi agama dominan di Filipina. Di Filipina juga tersebar agama Islam, jumlah orang Islam di filipina 9% dari seluruh penduduk yang berjumlah sekitar 50 juta jiwa. Masyarakat Muslin ini terdiri dari banyak sekali kelompok etnolonguistik ibarat Maranao, Maguindanao, Tausug, Samal, Yakan, Jamamapun, Badjo, Kalibugan, Kalagan, dan Sangil. Secara tolong-menolong orang muslim di Filipina itu disebut Moro (berkulit hitam).
Sebagian orang-orang Moro yaitu nelayan dan petani. Namun ada juga orang-orang islam yang bekerja di sektor pemerintahan sebagai guru, administratur, personil angkatan bersenjata,pegawai kantor dan adapula yang menjadi Gubernur. Orang Muslim yang berpendidikan sekular gampang menyatu dengan negara filipina, sedangkan yang berpendidikan agama menghendaki negara sendiri.kebijakan pemerintah untuk membangun Mindanao mengakibatkan kecurigaan orang islam di pulau itu. Karena itu mereka kemudian memdirikan MNLF (Moro National Liberation Front) lantaran mereka merasa dieksploitasi secara ekonomi.langkah-langkah yang dilakukan pemerintah, ibarat otonomi khusus, kesejahteraan kaum muslim dan pelaksanaan aturan keluarga bagi kaum Muslim, lambat laun mengubah kehidupan di filipina selatan menuju perbaikan. Berembusnya demokrasi di Filipina juga memunculkan perilaku konkret terhadap penduduk Muslim, sehingga terjadi simbiosis yang mutualistis.
Secara geografis filipina terletak pada serpihan api pasifik (pasific’s Ring Of Fire) yang merupakan serpihan pailing aktif pada kerak bumi.{2}
Spanyol di Filipina
Bangsa Spanyol mulai mengausai Filipina sejak Ferdinand Magelan menemukan pulau Filipina pada tahun 1521. Yang mana bangsa Spanyol melanggar perjanjian Saragosa dan mulai melaksanakan perluasan ke daerah indo-cina pada tahun 1564. Setelah itu bangsa Spanyol memperluas kekuasaannya ke pulau-pulau di filipina ibarat Luzon, Mindanao, dan  Visayas. Bangsa Spanyol memberi nama negeri ini dengan Filipina sebagai penghormatan atas Raja Spanyol yaitu Raja Philip II yang berkuasa pada masa itu.
Pada tahun 1571 Spanyol berhasil menguasai daerah Manila sebagai sentra ibukota negara Filipina. Dengan penguasaan ibukota ini, Filipina menjadi daerah jajahan Spanyol secara paksa .
Ada 3 hal yang diinginkan oleh Spanyol dengan menguasai filipina yaitu:
1.      Ingin ikut serta dalam perdagangan rempah-rempah
2.      Untuk mengadakan korelasi dengan Cina dan Jepang
3.      Untuk membuatkan agama kristen
Sasaran utama untuk memajukan Filipina yaitu membebaskan sebebas mungkin orang cina dalam perdagangan di Manila dan sekaligus untuk menyaingi Belanda dalam kongsi dagangnya yang dikenal dengan VOC sebagai nirwana perdagangan rempah-rempah.
Untuk memperkuat perdagangannya, bangsa Spanyol menyerang Maluku lantaran Maluku yaitu sentra rempah-rempah Belanda(VOC) tapi serangan itu gagal dan mengakibatkan ekonomi perdagangan Spanyol memburuk atau menurun.
Untuk  memulihkan kembali ekonominya, bangsa Spanyol menerapkan sistem Monopoli yang mana orang-orang Pribumi Filipina wajib menjual hasil pertaniannya kepada pihak Spanyol dan dibayar dengan surat hutang. Bangsa Spanyol juga menerapkan sistem kerja paksa terhadap semua orang Pribumi Filipina kecuali Pejabat dan anak pria pertama dalam sebuah keluarga.
Karena letak Filipina yang strategis yaitu diantara asia dan dunia gres Amerika, Filipina tumbuh  menjadi jalur penghubung perdagangan dan transportasi kedua daerah itu.
Perang Spanyol dengan Amerika
Perang Amerika dengan Spanyol terjadi pada tanggal 25 April – 12 Agustus 1898 bertempat di Kuba, Puerto Riko, Filipina dan Guam. Perang ini terjadi lantaran Amerika Serikat melaksanakan campur tangan atas gosip politik luar negeri di Koloni Spanyol.
Isu politik di Kuba berkembang menjadi konflik global sehabis armada Amerika berusaha mengusir Spanyol dari koloninya di Karibia dan Pasifik Selatan. Kemudian Amerika Serikat mendirikan pemerintahan sementara di Kuba dan mengambil kendali atas koloni Spanyol di Puerto Riko, Guam dan Filipina melalui Traktat Paris 10 Desember 1898.  Bagi Spanyol, konflik ini disebut sebagai “Bencana” yang melemahkan Pemerintahan Restorasi. Sehingga kekuasaaan Spanyol berakhir di Filipina dan kemudian Filipina diambil alih oleh Amerika.
Perang Filipina dengan Amerika
Perang Filipina dengan Amerika terjadi lantaran usaha politik Filipina yang menentang kedudukan Amerika atas Filipina. Perang Filipina dengan Amerika yaitu konflik militer antara Republik Filipina pertama dengan Amerika serikat yang terjadi pada tahun 1899- tahun 1902.
Setelah pendudukan Jepang selama perang dunia II, Filipina menjadi negara merdeka pada tahun 1946. Dan kemudian dimulailah diktator Filipina  oleh Ferdinand Marcos.{3}
Ferdinand Marcos
Ferdinand Edralin Marcoslahir pada tanggal 11 September 1917di Sarrat,ilocos Norte,Filipina .ia yaitu Presiden ke sepuluh Filipina. Ia menjabat dari tanggal 30 Desember 1965-25 february 1986. Sebelum ia menjabat sebagai Presiden ia dulunya yaitu seorang pengacara. Ia pernah masuk penjara  lantaran dituduh melaksanakan pembunuhan lawan politik ayahnya pada tahun 1939.
Ia juga turut berperang melawan Jepang dalam perang dunia II dan memperoleh penghargaan atas jasa-jasanya selama perang.
Ferdinand marcos yaitu presiden Filipina pertama yang terpilih untuk menjabat selama dua periode. Anggota keluarga Marcos banyak yang diberi jabatan penting dan menguntungkan di pemerintahan. Ia juga mengganti sebuah konstitusi, dikala Marcos menjabat sebagai presiden filipina. Berdasarkan  konstitusi 1973, beberapa forum yang memegang peranan dalam struktur pemerintahan negara yaitu :
1.      Presiden
2.      Kabinet atau dewan menteri
3.      Majelis national
4.      Mahkamah agung
Banyak produk politik Marcos dalam menjalankan kekuasaannya yang bertentangan dengan konstitusi. Pada tahun 1972 Marcos mendirikan rezim adikara yang memperbolrhkannya tetap berkuasa di filipina hingga rezim tersebut dihapuskan pada tahun 1981.dengan memakai aturan darurat militer sebagai alat untuk menekan oposisi.
Ferdinand marcos kemudian dilantik kembali pada tahun yang sama untuk menjabat dalam waktu 6 tahun. Dan dalam waktu itu juga diwarnai dengan,
1.      Pengaturan politik yang tidak baik
2.      Masalah kesehatan yang buruk
3.      Serta pelanggaran HAM oleh pihak militer
4.      Korrupsi yang merajalela dalam sistem pemerintahan
Dan pada waktu itu terjadilah masalah pembunuhan pemimpin oposisi Benigno Aquino Jr yang terjadi pada tahun 1983. Hal ini mulai memicu ketidakpuasan publik terhadap pemerintahan Marcos.
Pada tahun 1986 Marcos terpilih untuk keempat kalinya dalam sebuah pemilu yang diduga banyak diwarnai kecurangan. Ferdinand Marcos karenanya diturunkan dari jabatannya sebagai Presiden dalam Revolusi EDSA pada tahun yang sama.Revolusi EDSA yaitu sebuah revolusi yang hening di bawah pimpinan Corazon Aquino yang mana Corazon Aquino yaitu janda dari Benigno Aquino.
Ferdinand marcos bersama istrinya Imelda marcos melarikan diri ke Hawaii. Disana ia dituduh menggelapkan uang tunjangan dari luar negeri untuk kepentingannya dan kroni-kroninya terutama tunjangan dari Amerika Serikat yang merupakan sekutu terdekat Filipina.
Ferdinand Marcos meninggal dunia pada tahun 1989 di Honolulu,Hawaii jawaban penyakit ginjal, Jantung, dan paru-paru dan ia dimakamkan di Hawaii.{4}
DAFTAR PUSTAKA
{1} Ensiklopedia Geografi Dunia untuk pelajar dan umum asia timur dan afrika, penerbit: PT     
   lentera Abadi, Jakarta.
{2} Widyasusanto,sejarah Filipina,Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma,1982
{4} www.wikipedia.Ferdinand Marcos.co.id