Sejarah Pendidikan Bulgaria (Abad Ke-8)

Ria Gustina/ 014 B/ Sejarah Pendidikan
            Sekolah – sekolah pertama di Bulgaria dibuka di masa ke-8 oleh Tzar Boris l dan Tzar Simeon The Great. Dua universitas populer juga didirikan pada periode itu di Ohrid dan Preslav. Sekolah modern mulai dibuka pada awal masa ke-19 (selama Revival Nasional), sekolah pertama yang dibuka hanya untuk anak pria dan gres lalu untuk anak perempuan. Sekolah – sekolah hanya mengatakan pendidikan dasar seperti; membaca, menulis, dan aritmatika dasar. Siswa yang ingin melanjutkan pendidikan, mereka harus pergi studi diluar negeri. Setelah Bulgaria menggulingkan Turki pada tahun 1878, ia mulai meletakkan dasar –

dasar sistem pendidikan. Pada tahun 1878 pemerintah mengeluarkan UU Sementara di sekolah nasional. Undang – Undang ini mendorong pendirian sekolah di desa – desa. Namun, banyak petani tidak membiarkan anak – anak mereka bersekolah alasannya ialah mereka pikir pendidikan itu tidak relevan dengan kehidupan petani. Selain itu beberapa perguruan tinggi didirikan pada periode 1878 – 1918. Proses pendidikan di Bulgaria sempat terganggu selama Perang Balkan (1912 -1913) dan Perang Dunia 1. Pada pertengahan tahun 1920-an sekolah telah berfungsi normal kembali.

            Selama era-komunis, Uni Soviet mempunyai efek yang besar pada sistem pendidikan di Bulgaria. Sebuah bentuk gres pendidikan dibawa masuk ke Bulgaria. Perhatian pada seni liberal digantikan oleh peningkatan training teknis. Pada tahun 1979 Zhivkov menciptakan Sekolah Menengah Politeknik, yang merupakan aktivitas dua belas kelas yang berfokus terutama pada mata pelajaran teknis. Setelah simpulan era Zhivkov, sistem pendidikan Bulgaria benar – benar direkonstruksi. Pemerintah berusaha untuk sistem dopolitisize dan mengambil pendapat orang lain menjadi pertimbangan.
Sistem Pendidikan di Bulgaria
Pendidikan di Bulgaria didukung dan diawasi oleh Departemen Pendidikan dan Sains. Pendidikan sekolah ialah wajib untuk anak – anak usia antara 7 – 16 tahun. Pendidikan di sekolah – sekolah milik negara gratis, kecuali untuk sekolah – sekolah pendidikan tinggi, perguruan tinggi dan universitas. Kurikulum sistem pendidikan di Bulgaria befokus pada delapan mata pelajaran utama : Bahasa Bulgaria dan Sastra, bahasa asing, matematika, teknologi informasi, ilmu sosial dan kewarganegaraan, ilmu alam dan ekologi, musik dan seni, pendidikan jasmani dan olahraga.
Tahun aliran pendidikan di Bulgaria dimulai pada tanggal 15 September dan berakhir pada bulan Mei atau Juni, tergantung pada tingkat kelas siswa. Kelas bertemu lima hari dalam seminggu dan biasanya kelas diadakan dua shift (pagi dan sore). Tahun aliran dibagi menjadi dua istilah pada Natal, Paskah dan hari libur demam isu panas. Sistem evaluasi didasarkan pada angka, dimana 6 ialah yang tertinggi dan 2 ialah nilai terendah.
Pada tahun 2003 Pemerintah Bulgaria memperkirakan angka melek karakter sebesar 98,6%, hampir sama untuk kedua jenis kelamin. Itu memperlihatkan bahwa pendidikan di Bulgaria telah mempunyai standar pendidikan yang tinggi. Dalam era pasca-komunis, dana untuk pendidikan rendah, dan moral guru yang rendah telah merusak sistem hingga batas tertentu, khususnya dalam training kejuruan. Kepatuhan terhadap metode pengajaran klasik telah menghalangi perkembangan di beberapa bidang teknis. Sistem pendidikan dasar dan menengah ketika ini diperkenalkan pada tahun 1998 yang pada ketika itu mempunyai 12 kelas, dimana kehadiran ialah wajib dari usia 7 tahun hingga usia 16 tahun.
Pada tahun 1998 registrasi di kelas primer/dasar ialah 93% siswa yang memenuhi syarat dan registrasi di kelas – kelas menengah ialah 81% siswa yang memenuhi syarat. Rasio wanita terhadap laki – laki disekolah dasar ialah 0,97 dan rasio di sekolah menegah ialah 0,98. Karena angka kelahiran di Bulgaria rendah, total pendaftar sekolah primer dan sekunder menurun di era pasca-komunis, mengakibatkan penurunan staf pengajar dan fasilitas. Pada ketika yang sama, jumlah sekolah swasta meningkat sebesar 10 kali selama tahun 1990-an. Sistem pendidikan tinggi Bulgaria sepenuhnya direorganisasi pada pertengahan 1990-an. Antara tahun 1995 dan 2002, jumlah lulusan universitas meningkat dari 33.000 menjadi 50.000. Pada tahun 2002 sekitar 42 institusi pendidikan tinggi yang beroperasi dan 215.700 siswa yang terdaftar. Pada tahun 2003 sekitar 4,9% dari anggaran nasional Bulgaria dikhususkan untuk pendidikan.
            Sumbangsih pemerintah terhadap pendidikan negara ini sangat besar dengan mengalokasikan hampir 30% APBDnya untuk keperluan pendidikan dinegara tersebut. Bulgaria secara bebuyutan mempunyai standar pendidikan yang tinggi, dan para siswanya menduduki peringkat tertinggi kedua di dunia dalam hal skor rerata Uji Nalar SAT dan skor uji I.Q. berdasarkan MENSA International.
Struktur sistem pendidikan di Bulgaria ada empat tingkatan yaitu:
–          Pra pendidikan dasar, meliputi belum dewasa antara 3 hingga 6/7 tahun. Namun,    sebelum sekolah mulai, anak harus menghadiri satu tahun pra-program sekolah.
–          Pendidikan Dasar, kelas 1-8 tahun meliputi sekolah dasar (kelas 1 – 4)
dan Sekolah Menengah Pertama (kelas 5 – 8).
–          Pendidikan menengah, terdiri sekolah menengah komprehensif, khusus dan SMK.
–          Pendidikan tinggi, jenis-jenis forum pendidikan tinggi sperti Universitas , Kampus dan Sekolah Tinggi Khusus. Universitas, ibarat di sebagian besar negara di seluruh dunia, mempunyai tiga tahap: (sarjana) Sarjana, Master (sarjana), dan Doktor derajat.
A) Pendidikan Pra – Sekolah
            Pendidikan pra – sekolah atau pendidikan anak usia dini meliputi anak – anak yang berusia anatara 3 hingga 6/7 tahun.  Untuk pendidikan Taman Kanak-kanak ialah opsional. Orang renta berhak tetapkan apakah anaknya mau dimasukkan Taman Kanak-kanak atau tidak. Disamping Taman Kanak-kanak yang dikelola negara yang jumlahnya lebih dari 95%, ada juga Taman Kanak-kanak yang dikelola oleh orang langsung atau yang sering disebut swasta, dan jumlah sekolah Taman Kanak-kanak Swasta juga terus bertambah.  Meskipun  pendidikan Taman Kanak-kanak opsional namun sebelum mulai sekolah, anak – anak harus mengikuti aktivitas pra – sekolah satu tahun.
B) Pendidikan Dasar
Departemen Pendidikan dan Sains Bulgaria meletakkan dan menerapkan kebijakan pendidikan nasional, rencana dan mengatur pengembangan pendidikan dengan menyusun aktivitas jangka panjang dan proyek operasi. Di Bulgaria, Pendidikan ialah wajib antara usia 7 hingga 16 tahun dari kelas 1-8.  Pendidikan dasar dibagi menjadi 2, Primary school (grades 1 – 4) dan Pre – secondary school (grades 5 – 8 ). Kementerian pendidikan telah memilih kurikulum akademik yang dipakai oleh seluruh sekolah di Bulgaria yang terdiri dari : Bahasa Bulgaria dan Sastra, bahasa asing, matematika, teknologi informasi, ilmu sosial dan kewarganegaraan, ilmu alam dan ekologi, musik dan seni, pendidikan jasmani dan olahraga.
Pembelajaran sanggup bersumber dari buku teks, dan sekolah mengatakan kebebasan apa saja sebagai sumber belajar. Setelah siswa bisa menuntaskan hingga grade 4, akta Primary Education dikeluarkan. Ketika siswa bisa menuntaskan hingga pada grade 8, akta Basic Education dikeluarkan.
C) Pendidikan Menengah
            Sekolah menengah di Bulgaria sanggup dibagi menjadi
1. Sekolah Menengah Umum, meliputi : tingkat sekolah dasar – kelas 1-4; pra sekolah menengah kelas 5-8 dan tingkat sekolah menengah kelas 9-12.
2. Sekolah Khusus dengan pengutamaan bahasa abnormal (sekolah bahasa). Meliputi : masuk sehabis kelas 8 dan sehabis mengikuti ujian masuk. Tingkatan 9-13.
3. Sekolah Menengah Khusus : masuk sehabis selesainya kelas 8 (dengan pengutamaan pada IPA dan Matematika, Humaniora, Olahraga, Seni) Tinkatan 9-12.
4. Pendidikan Menengah Kejuruan : Tersedia sekolah kejuruan teknik dan Politeknik, mengatakan 3 tahun pelatihan. Sekolah-sekolah ini mengatakan juga bentuk lain dari pelatihan, ibarat kursus malam, eksternal atau di kawasan pelatihan, dalam rangka untuk memungkinkan siswa pada usia 16 dan di atas untuk memperoleh kualifikasi. Kehadiran di kursus malam ialah wajib, sedangkan organisasi bentuk lain dari training ialah tanggung jawab siswa.
            Ujian Sekolah Menengah
1. Ujian Sekolah Menengah Umum : Bahasa Bulgaria dan Sastra serta satu mata pelajaran pilihan.
2. Ujian Sekolah Menengah Khusus : Bhasa Bulgaria dan Sastra serta satu mata pelajaran pilihan
D) Pendidikan Tinggi
            Fasilitas pendidikan yang lebih tinggi termasuk sekolah khusus yang lebih tinggi, perguruan tinggi dan universitas. Di universitas, aktivitas sarjana mengambil setidaknya 4 tahun untuk menyelesaikan, dan sanggup dilengkapi dengan gelar master dan bahkan doktor. Universitas tertua didirikan pada tahun 1888 dan dikenal sepenuhnya sebagai Saint Clement dari Ohrid Universitas Sofia.   Penilaian :
6 (A) Luar Biasa (91,5-100)
5 (B) Sangat Bgus (80,5-91,4)
4 (C) Bagus (70,5-80,4)
3 (D) Cukup(59,5-70,4)
2 (F) Buruk (0-59,4)
DAFTAR PUSTAKA
Djaja Wahjudi,2012,Sejarah Eropa dari Era Kuno Hingga Era Modren,Yogyakarta:Penerbit Ombak.
Grolier International INC. 2002. Negara dan Bangsa. Jakarta : PT. Ikrar sanggup bangun diatas kaki sendiri abadi, PT WIDYADARA
Edhie Wurjantoro,1996, Sejarah Nasional dan Umum I, Jakarta:Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan
H.J Van Den Berg, H. Kroeskamp dan I.P Simandjoentek,1953.Dari Panggung Peristiwa Sejarah Dunia, Djakarta:J.B. Wolters
Dwi Susanto dan Zainudin Djafar (peny.),1990,Perubahan Politik di Negara-negara Timur, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.