Sekilas Pengenalan Pendidikan Di Swiss

Titin Sumarni/SP B 014

Pendidikan di Swiss sangat bermacam-macam alasannya yaitu konstitusi Swiss delegasi otoritas untuk sistem sekolah kanton.baik sekolah negeri dan swasta, termasuk sekolah internasional swasta. Usia minimum untuk sekolah dasar yaitu sekitar enam tahun di semua kanton, tetapi kanton yang paling menyediakan “sekolah anak-anak” bebas mulai empat atau lima tahun dari  kelas empat atau lima, tergantung pada sekolahyang bersangkutan. Secara tradisional, Bahasa Inggris diperkenalkan pertama dalam beberapa kanton.Pada final sekolah dasar (atau pada awal sekolah menengah), siswa dipisahkan sesuai dengan kapasitas mereka dalam beberapa  bagian. Para penerima didik yang dianggab jenius atau berilmu harus siap untuk studi lebih lanjut dan Matura, sementara siswa yang mengasimilasi sedikit lebih lambat mendapatkan pendidikan yang lebih diadaptasi dengan kebutuhan mereka

.Sistem Pendidikan di Swiss sangat beragam, alasannya yaitu konstitusi Swiss delegasi kewenangan untuk sistem sekolah terutama ke kanton . Konstitusi Swiss tetapkan yayasan, yaitu sekolah dasar wajib bagi setiap anak dan bebas di sekolah-sekolah publik dan konfederasi sanggup menjalankan atau proteksi universitas.Usia minimum untuk sekolah dasar sekitar enam tahun di semua kanton namun untuk kanton Obwalden , di mana rentang usianya yaitu lima tahun  tiga bulan.
 Seperti yang telah dijelaskan di atas untuk sekolah dasar, murid-murid dibagi berdasarkan kemampuan dan niat dari jalur karir. Sekitar 20% dari semua siswa menduduki  sekolah menengah terkemuka, biasanya sesudah 12 tahun sekolah dan matura yang mengatakan jalan masuk ke semua universitas. Para siswa lainnya terbagi dua atau lebih sekolah-jenis (tergantung pada kanton) berbeda dalam keseimbangan pendidikan teoritis dan praktis. Ini yaitu wajib untuk semua anak untuk mengunjungi sekolah minimal 9 tahun.
Secara harfiah pendidikan di Swiss di bedakan menjadi beberapa bab diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. Tingkat dasar
Sistem sekolah wajib biasanya meliputi pendidikan dasar (Primarschule dalam Bahasa Jerman, École primaire dalam Bahasa Prancis dan reguler milik Pemerintah Primaria / elementare di Italia) dan juga pendidikan sekunder (Sekundarstufe dalam bahasa Jerman, secondaire dalam bahasa Perancis dan reguler milik pemerintah secondaria / media di Italia). Sebelum itu, bawah umur biasanya pergi ke taman kanak-kanak, tetapi tidak diharuskan. Kelas dibagi berdasarkan bahasa yang mereka gunakan (Perancis, Jerman atau Italia).
2. Tingkat menengah
Pada final sekolah dasar (atau di awal sekolah menengah), siswa dipisahkan sesuai dengan kemampuan dan minat karir mereka di beberapa area (seringnya tiga). Siswa yang bercita-cita ke arah karir akademik akan masuk ke sekolah tinggi (bernama Gymnasium atau Kantonsschule) dan harus siap untuk studi lebih lanjut dan matura (biasanya diperoleh sesudah 12 atau 13 tahun dari sekolah pada usia 18/19). Siswa yang berniat untuk mengejar profesi di perdagangan atau segera terjun ke dunia kerja, hanya perlu melengkapi tiga (3) tahun komplemen sebelum memasuki pendidikan kejuruan. Hukum Federal di Swiss mengatur sistem kerjasama antara bisnis milik swasta yang memperlihatkan pekerjaan-posisi pendidikan dan sekolah umum yang memperlihatkan pelajaran sekolah wajib gratis kepada pendidikan kerja. “Sistem Ganda” ini membagi antara training akademis dan kejuruan dalam lanjutan sistem pendidikan tinggi kedalam beberpa model
1.Model terpisah
Siswa dialokasikan untuk jenis sekolah kelembagaan terpisah, sesuai dengan tingkat kinerja mereka. Umumnya, setiap jenis sekolah mempunyai kurikulum sendiri yang diadaptasi dari materi mengajar, guru hingga mata pelajaran. Secara umum, ada dua  sampai tiga jenis sekolah (4 dalam minoritas canton). Dalam struktur dengan dua jenis sekolah, pembedaan dibentuk antara kelompok berbasis kinerja di tingkat dasar (dengan persyaratan ketat), dan berbasis kinerja kelompok di tingkat lanjutan. Dalam struktur dengan tiga jenis sekolah, ada kelompok berbasis kinerja pada tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat lanjutan. Persyaratan dari kelompok berbasis kinerja pada tingkat lanjutan yang paling menuntut dan jenis sekolah umumnya mempersiapkan siswa untuk transfer ke sekolah matura.
2.Model kooperatif
Model kooperatif berdasarkan kelas inti dengan persyaratan kinerja yang berbeda. Setiap murid ditugaskan untuk masuk ke kelas inti sesuai dengan tingkat kinerjanya. Murid menghadiri pelajaran dalam mata pelajaran tertentu dalam kebutuhan yang dibedakan berbasis kelompok (dimana core class dicampur).
3.Model terpadu
Model terpadu tidak memakai jenis sekolah yang berbeda atau kelas inti. Murid dengan tingkat kinerja yang berbeda menghadiri kelas yang sama dan pencampuran yang dipertahankan. Dalam mata pelajaran tertentu, acara berguru mengajar terjadi pada persyaratan berbasis tingkatan.
3. Tingkat tersier
Pendidikan tersier tergantung pada pendidikan yang dipilih di tingkat menengah. Untuk siswa matura, universitas menjadi pilihan paling umum. Murid-murid yang berguru di sekolah menengah kejuruan akan sering menambahkan Fachhochschule atau Fachschule Höhere di kurikulum mereka.
Swiss mempunyai jumlah siswa ajaib terbanyak kedua di perguruan tinggi, sesudah Australia. A
da 14 universitas negeri dan generik di Swiss, 10 yang dipertahankan pada tingkat kewilayahan dan biasanya memperlihatkan banyak sekali mata pelajaran non-teknis. Dari empat (4) forum yang tersisa, 2 forum dijalankan oleh Konfederasi Swiss dan dikenal sebagai “Institut Teknologi Federal Swiss“. Swiss populer alasannya yaitu kualitas sistem pendidikan swasta.Selain itu Swiss juga mempunyai 12 universitas, sepuluh yang diselenggarakan pada tingkat kewilayahan dan biasanya memperlihatkan banyak sekali mata pelajaran non-teknis. Universitas pertama di Swiss didirikan pada tahun 1460 di Basel (dengan fakultas kedokteran) dan mempunyai tradisi kimia dan penelitian medis di Swiss.
Universitas terbesar di Swiss yaitu University of Zurich dengan hampir 25.000 siswa. Kedua forum yang disponsori oleh pemerintah federal yaitu ETHZ di Zurich (didirikan 1855) dan EPFL di Lausanne (didirikan tahun 1969 sebagai demikian, forum sebelumnya suatu yang terkait dengan University of Lausanne) yang keduanya mempunyai reputasi internasional yang sangat baik.
Kemudian ada juga Universitas Ilmu Terapan. Dalam studi bisnis dan manajemen, University of St Gallen, (HSG) dan Institut Internasional untuk Pengembangan Manajemen (IMD) yaitu pemimpin. Swiss mempunyai tingkat tertinggi kedua mahasiswa ajaib dalam pendidikan tersier, sesudah Australia.
Daftar Rujukan
Grolier International INC.2002.Negara dan Bangsa.Jakarta:PT.WIDYADARA
Ngalim Purwanto. (1993).  Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CVRemaja Karya.
Sutarjo Adisusilo,1982,Sejarah Eropa.Yogyakarta: Universitas Sanata Darma