Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap

PintarBaca.ComSholat Dhuha adalah Sholat sunah yang dikerjakan pada waktu Matahari sedang naik. Waktunya mulai kira-kira Matahari sedang naik setinggi 1 hasta atau 7 tombak sampai masuk waktu dzuhur, namun sholat dhuha lebih utama dikerjakan pada waktu seperempat waktu siang, atau kira-kira pukul 09.00 pagi.
Bilangan Rakaat Sholat Dhuha ini minimal dikerjakan 2 rakaat dan yang paling banyak adalah 12 rokaat, Tetapi yang paling utama adalah 8 rakaat.
Sedangkan surat yang lebih utama dibaca setelah Al Fatihah adalah Surat As Syams pada rakaat pertama dan Surat Ad-Dhuha pada rakaat kedua.
Apabila lebih dari 2 rokaat, maka pada rokaat pertama membaca surat al-kafirun dan al-ikhlas pada rakaat yang kedua.

Tata Cara Sholat Dhuha

Adapun niat Sholat Dhuha adalah  :

  1. Beniat dalam hati melakukan shalat dhuha, atau dengan ucapan berikut ini  :

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحى رَكْعَتَيْنِ لِله تَعَالى.الله اَكْبَرُ

Artinya: “Aku berniat megerjakan shalat sunah dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Mulai dengan Takbiratul Ikhram, disertai dengan niat sholat dhuha dalam hati. Kemudian

Membaca Fatihah dan surat-surt pendek, rukuk disertai dengan tumakninah, i’tidal disertai dengan tumakninah, sujud disertai dengan tumakninah, duduk diantara dua sujud disertai dengan tumakninah, sujud disertai dengan tumakninah, tahiyyaat akhir, membaca tahiyyat akhir, membaca sholawat, membaca salam.

  1. Shalat dengan dua rakaat sebagaimana menjalankan shalat-shalat pada umumnya.
  2. Setelah Salam, kemudian membaca Do’a Sholat Dhuha Khusus berikut ini :
Doa sholat Dhuha Arab dan artinya
Doa sholat Dhuha Arab dan Artinya via tugaskurtilas.blogspot.co.id

Keutamaan Sholat Dhuha

Diantara Keutamaan Sholat Dhuha adalah sebagai berikut :
Sholat dhuha dapat membuat orang yang melaksanakannya meraih keuntungan atau “ghanimah” secara cepat dan tanpa susah payah dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Rasulullah Shallallahu alaihi wasalam membandingkan orang-orang mukmin yang menjalankan Sholat dhuha dengan para pejuang di jalan Allah yang berangkat bertempur di medan perang yang berjarak dekat dengan tempat tinggal mereka, kemudian kembali lagi dengan cepat ke kampung halaman mereka Seraya membawa rampasan perang atau “ghanimah”  yang banyak dan meraih kemenangan yang gemilang.
Bahkan, menurut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam keuntungan yang akan diperoleh oleh mereka yang menjalankan sholat dhuha akan berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh oleh para Mujahid tersebut.
Adapun sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tentang hal ini sebagai motivasi bagi para sahabat agar mereka tidak malas-malasan mengerjakan sholat dhuha
Besarnya keuntungan yang bisa diraih seorang mukmin dari melaksanakan Sholat duha dibandingkan yang meraih rampasan perang barangkali karena keuntungan yang pertama tidak hanya keuntungan lahiriyah, tetapi juga keuntungan batiniah, yakni tidak hanya keuntungan material saja namun juga keuntungan non-material.
Orang yang mau meluangkan waktunya untuk menjalankan sholat dhuha 8 sampai 12 rokaat, maka Allah akan memberikan pahala kepadanya sebuah rumah indah yang terbuat dari emas nanti di akhirat.
Dari Anas bin sabda Nabi Muhammad dari Anas bin Malik berkata :
Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda Siapa saja yang Sholat duha 12 rokaat, Allah akan membuatkan untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.”
Baca Juga : Keajaiban Sholat Dhuha Untuk Jodoh

Leave a Reply

Your email address will not be published.