Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot – Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas materi mengenai teks anekdot. Adapun hal-hal yang akan kita bahas mencakup pengertian, ciri-ciri, struktur,tujuan,serta kaidah kebahasaan dari teks anekdot. Hal-hal tersebut akan disajikan dalam bentuk bagian-bagian sebagai berikut: Pada bab pertama akan dibahas mengenai pengertian dari teks anekdot, bab ini berkhasiat semoga pembaca terlebih dahulu mengetahui serta mengenal apa itu teks anekdot sebelum dilanjutkan ke bab selanjutnya yaitu ciri-ciri teks anekdot, struktur teks anekdot, tujuan dan terakhir yakni kaidah kebahasaan dari teks anekdot itu sendiri.

 Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas materi mengenai teks anekdot Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot


Baca juga : Teks Ulasan, Pengertian, Struktur, Beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot


Jika anda gres saja mempelajari teks anekdot maka anda harus memahami secara rinci apa itu teks anekdot, dan berikut yakni Pengertian, Ciri-ciri, Struktur Tujuan, Dan Kaidah dari teks anekdot itu sedindiri.

Pengertian Teks Anekdot

Teks anekdot merupakan sebuah karangan kisah atau kisah yang sanggup jadi menurut  pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu ihwal aneka macam topik mirip pendidkan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan kisah-kisah kisah lucu semata melainkan terdapat juga amanat, pesan moral, serta ungkapan ihwal suatu kebenaran secara umum.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Setelah kita mengetahui pengertian dari teks anekdot, teks anekdot juga mempunyai ciri-ciri yang sanggup berkhasiat sebagai pembeda dari teks-teks lainya. Ciri-ciri tersebut sanggup kalian lihat sebagai berikut:

  1. Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan.
  2. Bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan menciptakan pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks.
  3. Bersifat menyindir
  4. Bisa jadi mengenai orang penting
  5. Memiliki tujuan tertentu
  6. Kisah kisah yang disajikan hampir mirip dongeng
  7. Menceritakan ihwal abjad binatang dan insan sering terhubung secara umum dan realistis

Artikel Terkait : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Struktur Teks Anekdot

Teks anekdot juga mempunyai struktur-struktur dalam pembentukannya. Struktur teks anekdot antara lain Abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan Re-orientasi. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tiap bagain struktur kalian sanggup simak yang di bawah ini:

  • Abstraksi, bab ini terletak pada bab awal paragraf, pada bab ini berisikan gamabaran awal ihwal isi dari teks anekdot.
  • Orientasi, pada bab ini berisikan awal mula, latar belakang terjadinya suatu insiden atau insiden yang terjadi dalam teks.
  • Event, berisikan rangkaian insiden yang terjadi dalam teks.
  • Krisis, bab ini berisikan ihwal pemunculan permasalahan yang terjadi dalam teks anekdot.
  • Reaksi, bab ini berisikan langkah penyelesaian persoalan yang timbul dalam bab krisis.
  • Koda, pada bab ini akan muncul perubahan yang terjadi pada tokoh dalam teks.
  • Re-orientasi, bab ini merupakan bab selesai dari teks sekaligus sebagai epilog dari teks itu sendiri.

Tujuan Teks Anekdot

Seperti kita ketahui teks anekdot juga mempunyai tujuan yang di tujukan untuk pembaca dalam setiap kisah kisah yang ditulis. Tujuan-tujuan tersebut merupakan latar belakang bagi pengarang atau penulis  untuk menulis sebuah teks anekdot. Berikut di bawah ini merupakan beberapa tujuan dari penulisan teks anekdot.

  1. Untuk membangkitkan tawa bagi pembacanya.
  2. Sebagai saran penghibur.
  3. Sebagai saran pengkritik.

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Teks anekdot juga mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri berbeda dari teks lainnya. Kaidah kebahasaan itu sanggup kalian lihat di bawah ini.

  • Menggunakan kata keterangan waktu lampau
  • Menggunakan kata penghubung
  • Terdapat penggunaan kata kerja
  • Urutan insiden menurut waktu
  • Menggunakan jenis pertanyaan retorik, yaitu kalimat pertanyaan yang tidak mengharuskan untuk dijawab.

Sekian posting kali ini mengenai Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks . Semoga dengan pembahasan dalam posting ini sanggup membantu kalian dalam pendalaman materi tersebut.

Baca Juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru