Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, Dan Kaidah Kebahasaan

Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan – Materi yang kita bahas kali ini yaitu bahan perihal iklan, pastinya kalian sudah familiar dengan yang namanya iklan entah itu iklan di tv, internet, majalah, koran, banner, selebaran, baliho dan sebagainya. Dalam pelajaran di sekolah pun iklan juga merupakan salah satu bahan yang dipelajari,oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai teks iklan. Hal-hal yang kita akan bahas dalam posting ini mencakup Pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan, serta pola dari teks iklan.Untuk itu simak baik-baik yang dibawah ini.

Pengertian teks iklan berdasarkan para andal pada dasarnya mengarah pada pengertian umum yakni teks iklan yaitu jenis teks yang bertujuan untuk mempromosikan suatu hal kepada orang lain. Teks iklan sendiri mempunyai ciri-ciri yakni menggunakan bahasa yang terkesan membujuk dan bersifat persuasi. Contoh teks iklan sanggup kita temukan dalam aneka macam media cetak ibarat koran, majalah, dan sebagainya.

Struktur teks iklan umumnya terdiri dari tiga bab yakni judul yang umumnya terletak di bab atas teks iklan, nama produk yang tengah dipromosikan dan deskripsi produk itu sendiri yang pada dasarnya menjadi inti dari teks iklan ini. Sedangkan ciri ciri teks iklan dan kaidah kebahasaan teks iklan sanggup dibagi menjadi 4 yakni slogan, bahasa yang persuasif, kata ganti atau sudut pandang orang pertama dan gambar yang menarik.

Tanpa saya jelaskan tentunya anda telah mengetahui fungsi teks iklan bukan? yap, teks iklan berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk berupa barang maupun jasa tertentu menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan yang terkesan menarik dan bersifat membujuk. Maka dari itu teks iklan biasanya menggunakan kata seperti, ayo gunakan, belilah, dan sebagainya.

Pada dasarnya pola teks iklan telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh produsen masakan maupun minuman. Tidak hanya berbentuk teks saja, namun iklan juga sanggup berbentuk gambar maupun bunyi yang disampaikan secara lisan oleh seseorang, ibarat pola iklan di televisi dan radio.

Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Tidak hanya dalam bentuk cetak dan media saja. Namun penggunaan pola teks iklan juga sanggup kita temui dalam media periklanan online ibarat iklan google. Karena perkembangan jaman semakin maju dan kebutuhan akan isu semakin meningkat balasannya teks iklan online menjadi terkenal penggunaannya.

Untuk sanggup memahami apa itu teks iklan, maka anda harus mempelajari pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan dan melihat pola teks iklan terlebih dahulu.

Pengertian Teks Iklan
Teks iklan yaitu suatu teks yang dibentuk semenarik mungkin sebagai media promosi untuk mempromosikan suatu barang atau jasa guna menarik minat dari pembaca semoga menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan.

Dalam iklan pembuat akan berusaha menciptakan iklan tersebut semenarik mungkin semoga pembacanya merasa tertarik dengan produk yang dipromosikan serta mengatakan informasi-informasi mengenai keunggulan suatu produk atau jasa yang ditawarkan semoga calon pembeli merasa yakin dengan produk atau jasa tersebut serta tertarik untuk membelinya.

Baca Juga : Contoh Iklan Bahasa Inggris Singkat

Media yang digunakan untuk beriklan pun juga majemuk dari menggunakan media elektronik ibarat tv, radio, internet atau menggunakan media cetak ibarat Koran, majalah, banner dan lain-lain.Namun perbedaan media tersebut semuanya tidak lepas dari tujuan utama beriklan yaitu untuk menarik minat konsumen semoga membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Struktur Teks Iklan
Teks iklan terdiri dari 3 struktur, yang pertama yaitu judul, yang kedua Nama produk, dan yang terakhir yaitu klarifikasi perihal produk. Untuk mengetahui lebih dalam setiap bab dari struktur teks iklan di atas kalian sanggup simak baik-baik di bawah ini.

Judul
Judul biasa nya terletak di bab atas ,tapi dalam teks iklan tak jarang kita tidak menemui judul melainkan nama produk yang ada di bab atas teks iklan.

Nama produk
Bagian ini berisikan mengenai nama dari suatu produk barang atau jasa yang akan ditawarkan dalam iklan tersebut.

Penjelasan Tentang Produk
Bagian ini berisi perihal deskripsi dari produk yang ditawarkan mencakup keunggulan, spesifikasi, cara mendapat produk, lokasi penjualan, nomer telpon dan sebagainya yang pada dasarnya berkaitan dengan hal-hal pokok mengenai produk yang ditawarkan.

Ciri-ciri Kebahasaan Teks Iklan
Setelah membahas pengertian dan struktur sebelumnya, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri teks iklan sebagai berikut.

Menggunakan Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif merupan kalimat yang berisi permintaan atau tawaran dengan tujuan membujuk pembaca semoga mau menjalankan atau merima apa yang penulis katakan. Dalam teks iklan terdapat beberapa beberapa pola kaliamt persuasif ibarat “Murah, Berkualitas, Handal, Cepat dan sebagainya”.

Menggunakan Kalimat Slogan
Untuk menciptakan teks iklan yang menarik dan mencolok sehingga gampang diingat oleh pembaca kita perlu menggunakan kalimat slogan. Slogan sendiri biasanya terdiri dari 4 hingga 5 kata  yang mudah dan kreatif  sehingga gampang diingat serta harus mempunyai daya tarik semoga sanggup menarik minat pembaca.Slogan yang baik akan gampang dingat oleh pembaca sehingga akan menjadi ciri khas tersendiri untuk produk yang ditawarkan dengan begitu  mendengar slogan tersebut pembaca sanggup eksklusif mengetahui produk yang memperlihatkan menggunakan slogan tersebut.

Menggunakan Subjek Orang Pertama
Pada Teks iklan untuk menggantikan pihak atau pelaku pemasang iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama jamak atau tunggal  menjadi kami, saya, atupun saya sebagai pengganti pihak atau pelaku yang memasang iklan.

Menggunakan Gambar yang Menarik
Selain menggunakan kalimat slogan serta persuasif untuk menarik minat pembeli biasanya pada iklan akan disertai gambar dari produk yang ditawarkan .

Contoh Teks Iklan
Berikut di bawah ini terdapat beberapa pola dari teks iklan.Tentunya masih banyak lagi pola lain yang ada tetapi pastinya saya tidak sanggup mengatakan semua nya disini.

 Materi yang kita bahas kali ini yaitu bahan perihal iklan Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

 Materi yang kita bahas kali ini yaitu bahan perihal iklan Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Selain teks iklan gambar di atas, saya juga akan mengatakan teks iklan berupa goresan pena yang umumnya terdapat pada pamflet, brosur, dan banner.

Baca Juga: Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks iklan perihal makanan
Crispy crackers yaitu masakan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat kress dikala dimasukkan kemulut, Belilah cryspy cracker di supermarket terdekat.

Contoh iklan dialog
Resepsionis : Ada yang sanggup saya bantu pak?
Tamu : ya, tolong saya mau cek aba-aba booking.
Resepsionis : Baik, atas nama bapak siapa?
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: Maaf aba-aba booking untuk bapak Rudy tidak ada.
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: maaf aba-aba boking atas nama bapak Yadi tidak ada.
Tamu: Hmmm pakai sumbangan traveloka aja deh.

Contoh teks iklan perihal jasa
Tambal ban kilat, anda telfon kami datang. Tidak hingga 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 08123908982.

Sekian artikel kali ini tentang Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah KebahasaanPerlu diingat kembali bahwa teks iklan mempunyai contoh, pengertian, struktur, ciri-ciri dan kaidah kebahasaan yang sanggup kita pelajari.