TIPS CARA MENGAJAR YANG MENYENANGKAN DAN TIDAK MEMBOSANKAN

Terkadang sebagai seorang pendidik sudah mulai capek menerangkan pelajaraan pada para anak didik yang begitu lama,dan mengaharapkan semua anak didik yang diajarnya memahami pelajaran yang disampaikannya, namun terkadang ada beberapa anak didik malah nampak tidak tertarik atau bahkan tidak memperhatikan sama sekali dan acap kali meremehkan pelajaran.

Sebagai seorang Pendidik tentu harus mempunyai trik dan cara supaya anak-anak didik yang diajarnya bisa menikmati proses pembelajaran dikelas dan fokus serius memperhatikan pelajaran yang sedang di ajarkannya.

Tips mengajar Menyenangkan

Disini setidaknya ada 7 cara menyenangkan,sebagai tips bagi para pendidik yang hendakanya di lakukan ketika mengajar agar anak didik memperhatikan dan memahami dengan sungguh pelajaran yang sedang diterangkan :


Menentukan Kecepatan dalam Mengajar

Sebuah penelitian pembelajaran mengungkapkan,bahwa mengajar dengan waktu yang sesuai bisa membuat para anak didik memahami pelajaran yang telah disampaikan.

Gunakan Metode Gerak dalam mengajar

Sebaiknya pembelajaran dikelas tidak terus menerus duduk dibangku kelas saja,menatap terus papan tulis didepan atau membolak-balik buku saja.namun pembelajaran dikelas dapat juga dilakukan dengan membuat permainan atau aktifitas gerak badan yang menarik dan menyenangkan bagi anak didik di kelas.bahkan cara ini cukup efektif sebagai sesuatu yang mengenang di pikiran anak-anak didik.


Pakailah Metode Sepuluh banding Dua

Artinya Pendidik memberi waktu kepada anak-anak didik 2 menit sebagai waktu merespon meteri dan memproses pelajaran yang disampaikan pendidik untuk setiap sepuluh menitnya.

Gunakan umpan balik

Ternyata cara umpan balik itu sangat penting bagai para anak didik supa mereka mersa diperhatikan oleh pendidiknya,kemudia para anak didik didorong bersama arahan dan dikomentari kritiksaran yang bersifat membangun.

Berikan Jeda waktu Untuk Berfikir

Disaat sesi pertanyaan,pendidik mengajukan pertanyaan kepada anak-anak dan berikan kesempatan kepad anak-anak jeda waktu setidaknya lima menit untuk berfikir dan memikirkan,mencari jawaban pertanyaan tersebut.

Membuat jeda pada tengah-tengah kalimat yang di terangkan

Cara ini dilakukan agar supaya anak didik bisa mengisi kata-kata tengan yang tidak disebutkan pendidik pada kalimat yang bicarakan.

Mintalah Anak didik Merangkum dengan metode 1,2 dan 3

Artinya pada jam terakhir pengajaran,mintalah anak didik supaya merangkum pelajaran yang disampaikan dengan :

3 hal yang mereka sedang dan telah mempelajarinya,

2 perkara apa yang paling menarik dan mengesankan bagi mereka,dan

1 kalimat pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang dipelajari.

Dan berilah anak-anak didik waktu supaya dapat berbagi dan bertukar pikiran dengan kawan-kawannya di kelas.