Karyawan PTPN XII Kebun Renteng Aktif Donor Darah

Pekerja kebun dan karyawan yang sedang bekerja di PTPN XII Kebun Renteng Kabupaten Jember makin aktif ikut kegiatan donor darah yang berkerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Sedikitnya, 53 pekerja kebun dan karyawan PTPN XII Kebun Renteng ikut kegiatan sosial sedekah darah di kantornya Rabu (2/2/2022). 

Dari jumlah itu, hanya 38 pekerja kebun dan karyawan PTPN XII Kebun Renteng yang bisa mendonasikan darahnya untuk pasien rumah sakit. Sedangkan 15 pekerja dan karyawan PTPN XII lainnya tidak bisa lolos saat screening yang dilakukan petugas UDD PMI. Sebagian karena tensi darahnya terlalu tinggi atau terlalu rendah, ada juga yang HB-nya tidak memenuhi standar.
 
Meski demikian, hal itu tak menyurutkan semangat para pekerja kebun dan karayawan PTPN XII Kebun Rentang. “saya tidak lolos hari ini tetapi kegiatan donor darah selanjutnya akan ikut. Kata petugas yang memeriksa sebelum ikut donor darah harus istirahat yang cukup pada malam harinya, tadi malam saya begadang sampai tengah malam,” kata salah seorang pekerja kebun PTPN XII Kebun Renteng. 

Pria yang tidak mau disebutkan namanya tersebut merasa lebih sehat setelah beberapa kali ikut donor darah. “Saya merasa tambah enakan setelah donor darah, saya juga bisa cek darah secara berkala saat diperiksa petugas PMI,” imbuhnya. PTPN XII Kebun Renteng kini rutin dua atau tiga bulan sekali kerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Jember untuk kegiatan donor darah. 

Manajer PTPN XII Kebun Renteng Danang Joko Prasetyo menuturkan bahwa para pekerja  kebun dan karyawannya memang antusias setiap ada kegiatan donor darah. “Para pekerja kebun antusias, setiap ada kegiatan donor darah lebih dari 50 orang yang daftar meski tidak semuanya lolos,” kata Manajer PTPN XII Kebun Renteng Danang Joko Prasetyo. 


Dia menjelaskan, yang daftar pada kegiatan donor darah kali ini tidak sebanyak sebelumnya. “Kali ini tidak sebanyak kegiatan donor darah sebelumnya karena banyak pakerja kebun yang puasa rajab,” imbuhnya. Karena puasa, para pekerja kebun yang sebelumnya aktif donor sementara menunda dulu. 

Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengucapkan banyak terima kasih kepada para pekerja kebun. “Meski mereka berada di pelosok, ternyata mereka antusias untuk ikut sedekah darah. Mereka faham setetes darah bisa menyelamatkan nyawa sesama,” ujarnya.
Health
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.