Resep Membuat Es Pisang Ijo Khas Makasar Segar

 
Es Pisang Ijo Khas Makasar Segar
Resep Membuat Es Pisang Ijo Khas Makasar Segar - Es pisang ijo adalah makanan khas dari kota makasar sulawesi selatan yang akhir akhir ini mulai banyak dijajakan di pinggir jalan.

Apalagi sebentar lagi akan datang bulan ramadhan,biasanya makanan yang satu ini menjadi sangat popular untuk menu berbuka puasa karena rasanya yang manis,legit dan enak.

Makanan yang satu ini memiliki warna yang cantik yang bisa membuat siapa saja tergoda ingin mencicipi makanan yang satu ini.

Perpaduan legit,manis dan aroma pandan membuat makanan yang satu ini adalah menu favorit untuk berbuka puasa apalagi ditambah kan dengan es yang dapat menyegarkan. makanan yang satu ini dijamin bisa mengobati rasa dahaga karena seharian menahan lapar dan haus.

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung , air , pewarna atau air daun suji dan air pandan. kombinasi dengan santan dan sirup merah juga semakin membuat cantik tampilan es pisang ijo dan semakin segar.

Es pisang ijo biasa nya di jajakan dengan harga lima ribu rupiah samapi sepuluh ribu rupiah per porsi nya . cukup murah ya bun.

Akan tetapi biarpun harganya murah gak ada salahnya kan kalau bunda mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, selain lebih higiesin pastinya bunda juga akan mendapatkan porsi yang lebih banyak dari pada hanya dengan membelinya di pinggir jalan.

Bunda bisa membuat makanan yang satu ini untuk mengisi waktu ngabuburit dan dengan porsi yang banyak gak ada salah nya bunda berbagi ke tetangga mumpung di bulan ramadhan :)

Dengan membuat sendiri dengan bahan bahan yang pas dan hasil yang enak tentunya bunda akan percaya diri untuk bisa membagikan es pisang ijo buatan bunda ke tetangga..jangan lupa bunda ini bisa menjadi peluang bisnis selama ramadhan. Besoknya jika tetangga menyukai es pisang ijo buatan bunda ,bunda sudah bisa mulai menjualnya,bagaimana cukup menarik bukan?

Jika bunda berpikir pembuatan es pisang ijo ini sulit , berarti bunda salah . karena dalam pembuatan es pisang ijo sendiri dapat dibilang cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam pembuatannya bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapat dan ekonomis , jadi bunda tidak usah berpikir akan mengeluarkan biaya yang super mahal untuk membuatnya.

Nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya yang cukup mudah silahkan simak , catat atau langsung praktek dengan resep es pisang ijo nya dibawah ini .

Bahan-bahan Es Pisang Ijo Segar :

  • Pisang raja yang cukup tua dan enak 5 buah
  • Tepung beras 40 gram
  • Tepung beras 175 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air Daun suji 100 mili liter
  • Pewarna hijau 3 tetes
  • Air bersih 300 mili liter
  • Es serut secukupnya
  • Sirup merah secukupnya
  • Bahan-bahan Saus Es Pisang Ijo Segar :
  • Tepung terigu 50 gram
  • Gula pasir 75 gram
  • Santan 650 mili liter
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar :

  1. Pertama-tama campurkan tepung beras , garam , air bersih , air daun suji , juga pewarna hijau.
  2. Kemudian rebus bahan-bahan sambil diaduk-aduk hingga mendidih , angkat .
  3. Setelah itu tambahkan tepung beras , aduk-aduk hingga kalis .
  4. Kemudian tipiskan adonan pisang ijo , lalu balutkan pada pisang sampai semua bagian tertutup .
  5. Kukus pisang selama kurang lebih selama dua puluh menit , angkat lalu sisihkan .
  6. Terakhir campurkan semua bahan saus yang sudah disiapkan seperti diatas lalu rebus hingga mendidih , angkat lalu dinginkan .

Cara Penyajian Es Pisang Ijo Segar :

  1. Pertama-tama yang anda lakukan adalah ambil gelas atau mangkok saji .
  2. Potong-potong pisang hijau nya dan tuangkan saus disusul dengan es serut.
  3. Lalu tumpahkan sirup merah secukupnya atau menurut selera .
  4. Selesai deh.
Cukup mudah bukan? Bunda pastinya sangat penasaran untuk segera mempraktekan resep es pisang ijo yang enak ini.Dijamin keluarga pasti akan sangat menyukai es pisang ijo buatan bunda. Selamat mencoba.

Tips Memilih Pisang Yang Bagus:

Pilih yang tandannya segar

Ketika hendak membeli buah pisang, perhatikan terlebih dahulu tandannya. Tandan pisang yang masih segar terlihat masih berwarna hijau. Hindari membeli pisang yang bagian tandannya sudah berwarna coklat atau kering karena hal tersebut menandakan pisang sudah dipanen dalam waktu yang lama.

Lihat bagian kulitnya

Kulit pisang memang identik dengan warna kuning tetapi kuning yang dihasilkan pada jenis pisang tentu berbeda satu sama lain. Untuk mendapatkan pisang yang berkualitas bagus sebaiknya pilih yang warnanya kuning cerah dan merata.

Perhatikan juga apakah terdapat bintik-bintik hitam pada kulit pisang, jika terdapat banyak bintik hitam maka pilihlah pisang yang lain. bintik hitam pada kulit pisang menandakan pisang sudah melewati masa matangnya.

Perhatikan teksturnya

Ketika pisang terlihat dalam keadaan bagus maka cobalah untuk memeriksa teksturnya. Pisang yang masih bagus dengan tingkat kematangan yang pas memiliki tekstur yang lembut dan bukan lembek.

Pisang yang telah berwarna kuning tetapi memiliki tekstur yang keras berarti pisang tersebut dimatangkan dengan cara diimbuh. Sebaiknya tekan perlahan bagian daging pisang, jika terasa lembut maka pisang tersebut berkualitas baik.
Resep
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.